PETA JALAN KE GONTOR PUTRI 5


Peta Jalan ke Gontor Putri 5 klik di sini

Banyak wali santri dari Gontor Putri 2, Pondok Pesantren Modern Darussalam, yang membicarakan tentang bagaimana cara termudah menuju ke Gontor Putri 5. Ketika putrinya dipindahkan dari Gontor Putri 2 (GP 2) ke Gontor Putri 5 (GP 5), masalah peta jalan menuju ke sana akan mulai muncul. Karena itulah, tulisan ini dibuat agar dapat dimanfaatkan oleh banyak orang.
Pondok Gontor Putri 5 memang dibanggun di tempat yang “nowhere”, sangat berbeda dengan GP 1, GP 2 dan GP 3, yang dapat dengan mudah dilihat dari jalan utama Surabaya-Solo. GP 5 terletak di Dusun Bobosan, Desa Kemiri, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri (Pare). Nama kabupatennya yang sama dengan nama kota madya Kediri juga membingungkan pihak kantor Pos. Pegawai pos di Mataram menyarankan saya untuk menuliskan alamat “Kandangan, Pare” saja daripada ditulis : “Kandangan, Kediri”, untuk kemudahan pengiriman surat atau barang.
Peta lokasi pondok Gontor Putri 5 dapat diunduh pada web site kami di
https://sites.google.com/site/imambachtiarfamily/home/naila-taslimah-bachtiar atau unduh yang ada (attached) di bagian paling atas tulisan ini.
Jika anda bepergian naik kendaraan umum, maka anda sebaiknya turun di Terminal Bis Jombang. Dari Jombang anda naik bis jurusan Malang, untuk turun di Pasar Kandangan. Bis Puspa Jaya merupakan bis yang paling banyak melayani rute ini dengan frekuensi sekitar 30 menit sekali. Dari Pasar Kandangan anda dapat naik ojek ke lokasi pondok dengan tarif Rp 10 ribu. Semua tukang ojek di Pasar Kandangan mengetahui lokasi pondok GP 5. Jika anda membawa barang agak banyak anda dapat juga menyewa mobil angkutan di pasar.
Alternatif lain, jika anda dari arah Kediri atau Malang anda dapat langsung naik bis jurusan Kediri-Malang dan turun di Pasar Kandangan. Selanjutnya anda dapat meneruskan perjalanan dengan ojek atau mobil sewaan, sebagaimana yang dari jurusan Jombang.
Jika anda berangkat dari Mantingan dan ingin ke GP 5 dengan mobil sewaan, anda dapat menghubungi Pak Wasi (085229058025) di Sambirejo, Mantingan. Saya pernah menyewa mobinya untuk tujuan Surabaya. Mobilnya Suzuki APV yang masih bagus dengan pelayanan yang sangat ramah.
Semoga tulisan ini membawa manfaat bagi anda.

35 Comments

GONTOR Is The Best

I absolutely agree with you.

salam bw nella yaa

Ummi,
Nella sudah membaca pesan anda.
Wassalam,
Imam

kalo bepergian denga kenderaan umum dari surabaya ke jombang atau kediri dulu ya pak?
atau alternatif dari malang seperti apa ya pak?
terima kasih sebelumnya

Pak Ruly,
Dari Surabaya naik bis jurusan Madiun, Solo, Ponorogo, atau Kediri atau bis lain yang lewat Jombang. Di Jombang sebaiknya turun di terminal baru atau di stasiun kereta. Dari kedua tempat itu kida dapat mencari bis jurusan Jombang-Malang, turun di pasar Kandangan, yang disambung naik ojek ke pondok.
Jika dari Malang, harus cari bis jurusan Malang-Jombang, turun di pasar Kandangan. Seterusnya naik ojek seperti di atas.
Salam,
Imam

apakah lulusan KMI gontor bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negri? kalau bisa apakah ada preoritas?

Kholisun,
Pertanyaan Bapak sudah dijawab berkali-kali sebelumnya. Setahu saya tidak ada prioritas bagi lulusan KMI di PTN. Mereka diperlakukan sama.
Salam,
Imam

maaf pak sbelumnya ….. maksudnya jalur undangan seperti sma2 umum beitu pak ….. bukan preoritas…. makasih pak…

Kholisun,.
Mohon maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaan anda, karena tidak tahu. Mohon pembaca lain yang mengetahuinya untuk menjawabnya

Pak Imam, santri yang semester pertama di GP 2, sebenarnya statusnya gimana. Katanya kok masih ada penyesuaian penempatan setelah 6 bulan kedepan. Apa ini betul? Kalo betul, kenapa kok sekarang di GP 2? Wassalam

Pak Dasiran,
Wa alaikum salam wr wb.
Santri yang ditempatkan sementara di GP-2 statusnya sama dengan santri lain yang sudah ditempatkan di pondok Gontor secara permanen (GP1, GP3). Mereka harus belajar dulu di GP2 karena belum ada ruangan yang tersedia di GP3 atau GP5. Semester depan, ketika santri kelas 6 di GP3 dan GP5 mulai berkurang karena mereka pindah belajar ke GP1, maka santri di GP2 akan ditempatkan ke GP3 dan GP5. Jadi penempatan sementara di GP-2 ini hanya masalah pengelolaan ruangan. Jika tidak dilakukan demikian, maka jumlah santri yang dapat diterima di GP akan berkurang dari jumlah yang sekarang.
Salam,
Imam

Assalamu’alaikum…
pak kl sy dr arah bekasi ke kediri naik apa ya?

Ibu Endang,
Wa alaikum salam wr wb.
Mohon maaf saya tidak punya pengalaman Bekasi Kediri. Ada kereta api Jurusan Gambir Malang yang lewat Kediri, baik ekonomi maupun eksekutif. Saya yakin juga ada bis dari Jakartater (Rawamangun atau Lebakbulus) ke Kediri. Sebaiknya ibu telpon dulu perusahaan transportasi yang akan digunakan untuk memastikan tersedia transportasi umum ke Kediri.
Jika mau agak repot, naik bis malam jurusan Jakarta ke Madiun atau kereta api yang lewat Stasiun Madiun. Di terminal bis Madiun ambil bis jurusan Kediri.
Salam,
Imam

Pingback: Peta Jalan Ke Gontor Putri 5 | ceritagontor

Assalamu’alaikum wr.wb.
Saya selalu mengikuti artikel di blog Bapak untuk mengikuti perkembangan informasi tentang Gontor.
Karena di sini lebih mudah mendapatkan informasi daripada di web Gontor.
Dan menariknya lagi, Bapak selalu meluangkan waktu untuk memberi respon pada setiap komentar pembaca.

Begini pak,
putri saya masuk GP5, sekarang kami kebingungan masalah transportasi.
Saya dari Jakarta hendak menuju ke sana,
jika saya menggunakan kendaraan umum, kira2 akses manakah yang lebih mudah?
ke Jombang atau Kediri? Tahukah Bapak Rute perjalanan dari Kediri ke GP5?

Terima kasih, semoga Bapak dan keluarga selalu sehat dan dalam lindungan Allah swt.
dan semoga blog ini membawa lebih banyak manfaat buat kita semua. Amiin

Pak Faiz Akbar,
Wa alaikum salam wr wb.
Dari Jakarta ke Gontor Putri 5 lebih mudah ditempuh dari Jombang (menurut saya, karena tidak punya pengalaman lewat Kediri). Naik bis dari Jakarta turun di terminal baru Jombang. Dari terminal ganti bis jurusan Jombang-Malang turun di pasar Kandangan (ongkos kurang dari 10 ribu). Dari sini naik ojek (ongkos sekitar 10ribu) atau becak bermotor ke kampus GP5 (ongkos 20ribu). Dari Jakarta juga dapat naik kereta Bangunkarta atau Mutiara Selatan atau Gaya Baru turun di stasiun Jombang. Dari stasiun Jombang berjalan kaki sekitar 100 meter menuju ke pemberhentian bis jurusan Malang (ke arah timur).
Ada kereta dari Jakarta ke Kediri. Tetapi saya tidak tahu dari stasiun Kediri terus kemana untuk mencari bis jurusan Kediri-Malang, yang lewat Kandangan.
Mohon maaf saya terlambat membalasnya.
Salam,
Imam

Assalamu’alaikum wr. wb.
Saya bu Dwi dari Medan ,tapi sebetulnya saya kelahiran Kediri .Alhamdulillah putri kami telah lulus masuk gontor putri walaupun digelombang ke dua.Utk sementara putri kami masih ditempatkan di gontor putri 2 dan setelah liburan sehabis ujian putri kami akan ditempatkan di Gontor putri 5 .Alhamdulillah juga karena putri kami memang punya keinginan utk belajar di Gontor putri 5 karena kakek dan neneknya memang tinggal di Kediri.Kami sebagai orang tua hanya ingin anak kami punya semangat belajar jadi kami tdk akan menuntut yg lebih lagi.Trimakasi atas semua informasi yg Bapak berikan selama ini,kami sangat terbantu sekali.Bila bapak sempat jalan2 ke Medan singgahlah ke rumah kami…..dengan senang hati kami akan menyambutnya.

Ibu Dwi,
Wa alaikum salam
Terima kasih atas kunjungannya dannko kmentarnya di blog ini.Ibu Terima kasih juga undangannya mampir ke Medan. GP5 punya keunggulan tersendiri yang sulit ditemukan di GP yang lain. Semgga putri Ihu selalu menikmati tantangan belajar keras di Gontor. Amiin.
Salam,
Imam

pak jika saya mau mendaftar tahun depan apa saja persyaratannya pak? dan berapa biaya perbulannya pak?
trmksh sblumnya

Rina,
Jawabannya sudah ada di blog. Silahkan baca tulisan dan komentarnya.
Salam,
Imam

Alhamdulillah putri kami lulus dan ditempatkan di GP 5. Tolong dijelaskan rute ke sana. Kami dari makassar tiba di bandara juanda surabaya, terus kemana lagi?. Terima kasih pak.

Ibu Siti,
Wa alaikum salam wr wb.
Dari Juanda naik bis Damri ke Terminal Bungurasih (sekitar 15 ribu). Di Terminal Bungurasih naik bis (Jurusan Trenggalek) dan turun di Terminal Jombang (sekitar 15 ribu). Di Terminal Jombang naik Bis Puspa Indah (mudah-mudahan nggak salah nama) jurusan Malang dan turun di Pasar Kandangan (sekitar 10 ribu). Di Pasar Kandangan naik ojek ke GP5 (semua tukang ojek sudah tahu) (sekitar 10 ribu).
Salam,
Imam

Assalamu alaikum warahmatullah….. Mau tanya kalau rute dari bandara malang ke kandangan Gp 5, bagaimana Pak? Terima kasih atas jawabannya. Wassalam

Ibu St Muhabba,
Wa alaikum salam wr wb.
Saya belum begitu paham dengan kota Malang. Dari terminal Landungsari Malang ada bis jurusan Malang-Jombang-Tuban atau jurusan Malang-Kediri, keduanya lewat Kota Kandangan. Ibu naik bis tersebut kemudian turun di Pasar Kandangan, lama perjalanan sekitar 2 jam, dengan ongkos sekitar 15 ribu (semoga tidak salah ingat). Dari pasar naik ojek atau becak-motor ke GP5. Mereka sudah tahu lokasi pondok. Antara bandara Malang dengan teminal Landungsari, saya tidak tahu kendaraan umum, tetapi pasti ada taksi di sana. Malang mempunyai dua terminal bis: Arjosari dan Landungsari. Terminal Landungsari untuk bis jurusan Jombang, Kediri, Tuban.
Salam,
Imam

assalamu alaikum pak, anak bapak di gontor 5 kelas berapa? anak kami yg baru masuk awalnya semangat sekali, bahkan waktu pulang karena sakit baru 2 hari sudah rindu mau balik ke gontor. beberapa hari lalu dia telpon, katanya dia dicurigai mencuri, setelah itu langsung minta pulang katanya tidak betah. macam”lah alasannya, kami sedih. setelah melalui banyak perjuangan tiba” minta pulang. kan sayang. begitu banyaknya orang berharap sekolah di sana tp tidak lulus. kami bingung apakah kami langsung menjemputnya atau membujuknya supaya tinggal. kami takut nanti anaknya stress, depresi kalau dipaksa tetap di sana. kami mohon saran Bapak terima kasih atas responnya.

Bu Siti,
Wa alaikum salam wr wb.
Anak saya sudah tidak lagi di Gontor. Dia pindah sekolah ketika di awal Kelas 3. Di keluar dari pondok karena sering sakit, sedangkan pondok GP5 kurang meyakinkan dalam perawatan santriwati yang sakit. Dia sempat opname di RSUD Jombang selama 2 minggu. Setelah opname diapun langsung bersemangat ingin segera masuk ke pondok. Hingga suatu hari, dia menelpon bahwa dia tidak bisa lagi belajar di pondok karena terlalu sering meninggalkan pelajaran karena sakit. Dia pindah ke Kelas 3 SMP di Mataram. Sekarang dia belajar di sebuah SMAN di Kelas 2. Berkat pernah di Gontor, dia dapat menjuarai lomba pidato bahasa Arab antar SMA/MA di Pulau Lombok.
Untuk kasus anak ibu, saya tidak bisa berkomentar. Setiap keluarga punya pertimbangan sendiri-sendiri. Setiap anak juga mempunyai keistimewaan sendiri. Menyekolahkan anak memang mempunyai seni sendiri antara keinginan ortu dan keinginan anak. Ortu memang lebih tahu mana yang lebih baik untuk anaknya, tetapi anak yang lebih merasakan apa yang sedang dialaminya. Banyak anak yang ingin keluar dari pondok dengan alasan tidak nyaman atau tidak kerasan. Tipe anak yang ini dapat berubah pikiran ketika suasana hatinya berubah. Jika anak ingin pindah sekolah karena alasan kesehatan, kita perlu lebih serius untuk mempertimbangkannya.
Mohon maaf tidak dapat menjawab pertanyaan Ibu.
Salam,
Imam

pak apa istimewa pg5

GP5 secara kurikulum sama persis dengan GP yang lain. Keistimewaannya: 1) Santrinya lebih sedikit sehingga setiap santri saling mengenal dengan lainnya; 2) Sumber airnya jernih dan besar sehingga lebih nyaman untuk mandi maupun keprluan lainnya; 3) Menu makanannya relatif lebih enak dan lebih bervariasi daripada yang lainnya.

Akmal,
GP5 mempunyai menu makanan yang lebih baik dan bervariasi. Air di GP5 juga lebih baik daripada di GP lain di Mantingan dan sekitarnya.
Salam,
Imam

assalamua’alaikum bapak, boleh tanya ya? putri bapak yg di GP5 apa sdh lulus? , trus saat ini di GP5 lagi ada wabah tifus, apakah tahun2 sebelumnya pernah terjadi? ,matur nwun wassalamu’alaikum.

Pak Junaedi,
Wa alaikum salam wr wb.
Ketika anak saya di dalam pondok pernah ada wabah hepatitis di GP1, sehingga ada 3-4 rayon dipulangkan semua. Seingat saya, dalam periode tersebut kami tidak mengalami wabah tifus. Pengalaman saya pelayanan kesehatan di GP5 tidak bagus, sehingga sulit bagi ortu untuk bersikap tenang ketika ada wabah di pondok.
salam,
Imam

Pak Junaedi,
Wa alaikum salam wr wb.
Anak saya tidak sampai lulus di sana. Dia pindah ke SMP luar karena terlalu sering sakit di pondok. Anak saya pernah sakit hepatitis A dan tidak disadarai oleh pondok. Ketika saya berkunjung ke sana, dia sudah sangat lemah dan saya bawa ke dokter. Dokter langsung minta anak saya diopname 2 minggu. Setelah sembuh, anak saya sempat meneruskan pelajaran di pondok. Sekitar 6 bulan berikutnya dia minta pindah karena badannya kurang kuat. Saya tidak tahu apakah pernah terjadi wabah tifus di sana.
Salam,
imam

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته كل عام و انتم بخير

ma’af sebelumnya ,langsung saja ya saya mau tanya umur berapa saja yang bisa di terima di pesantren darusalam gontor?? trima kasih

والسلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Pak Saefullah,
Wa alaikum salam wr wb.
Setahu saya tidak ada persyaratan umur untuk masuk ke pondok Gontor. Ada cerita seorang Bapak (mantan anggota DPRD) dan seorang anaknya mendaftar bersamaan. Tetapi ini jelas kejadian yang sangat langka. Pendaftar KMI bervariasi dari lulusan SD sampai lulusan S1.
Salam,
Imam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: