PENDAFTARAN PONDOK PESANTREN MODERN GONTOR


PENDAFTARAN KE PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM GONTOR

Banyak pengunjung laman saya ini menanyakan tentang pendaftaran dan biaya sekolah di PPMD Gontor. Saya membalasnya sebagian dengan email pribadi atau langsung di komentar berdasarkan data yang pernah saya unduh dari laman resmi PPMD Gontor, yaitu http://gontor.ac.id/pendaftaran. Informasi yang tersedia di sini bukan informasi yang resmi, karena saya bukan pengasuh pondok tersebut. Informasi yang disajikan di sini hanya dapat digunakan sebagai gambaran awal (kasar) tentang kebutuhan pendaftaran ke PPMD Gontor, sekedar untuk membantu perencanaan para calon walisantri.
Pendaftaran ke Gontor ada 2 macam: pendaftaran calon santri dan pendaftaran santri (calon santri yang sudah lulus ujian seleksi). Pendaftaran calon santri dibuka sepanjang tahun, sedangkan pendaftaran santri dibuka di bulan Syawal. Biaya pendaftaran calon santri tergantung pada berapa lama santri tinggal di pondok mengikuti kegiatan persiapan ujian. Jika pendaftaran dilakukan sebulan sebelum ujian, biayanya sekitar 4,55 juta rupiah ditambah dengan uang bulanan (SPP, kamar, makan) 550 ribu rupiah.
Ujian seleksi masuk pondok Gontor biasanya dilakukan 2 kali, bulan Sya’ban dan Syawal. Pada tahun 2013 dan 2014, ujian seleksi insya Allah akan dilaksanakan hanya sekali di bulan Syawal saja (3-14 Syawal). Hal ini disebabkan kalender pendidikan Gontor yang biasanya lebih lambat daripada kalender pendidikan nasional, pada tahun ini kedua kalender tersebut berjalan hampir bersamaan. Agar para calon santri/wati mempunyai waktu untuk mengikuti kegiatan bimbingan persiapan ujian masuk (seleksi), maka ujian seleksi bulan Sya’ban rencananya akan ditiadakan. Calon santri harus sudah masuk ke pondok sebelum ujian seleksi dilaksanakan.
Bimbingan persiapan ujian seleksi dimulai pada saat calon santri mendaftarkan diri. Semakin cepat calon santri mendaftarkan diri, semakin lama dia dapat mengikuti bimbingan persiapan ujian yang dilaksanakan di pondok Gontor 2 atau Gontor Putri 2. Pendaftaran calon santri tidak membutuhkan ijasah, sedangkan pendaftaran santri (yang lulus ujian seleksi) membutuhkan ijasah dan tanda lulus ujian seleksi. Masing-masing pendaftaran tersebut membutuhkan biaya yang terpisah.
Informasi tentang pengalaman pendaftaran calon santri ke Gontor, silahkan baca tulisan Pak Mohwan di blog ini berjudul “PENGALAMAN MENDAFTARKAN ANAK SEBAGAI CALON SANTRI DI PONDOK GONTOR 2″. Pak Mohwan adalah calon walisantri yang mendaftarkan anaknya di bulan Mei 2013.

Mataram, 8 Juli 2014
Wassalam,
Imam Bachtiar

PENDAFTARAN
KULLIYATU-L-MU’ALLIMIN/MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH (KMI)
(8 Juli 2014)
A. Syarat-syarat Pendaftaran
1) Menyerahkan 2 lembar fotokopi STTB terakhir atau Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
2) Berbadan sehat dengan Surat Keterangan dokter dari Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat (BKSM) Pondok Modern Darussalam Gontor.
3) Menyerahkan pasfoto berukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar (putra); dan pasfoto berjilbab putih, berlatar belakang biru, berukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar dan 3 x 4 sebanyak 8 lembar (putri).
4) Memenuhi ketentuan-ketentuan atau iuran-iuran yang telah ditetapkan pada waktu pendaftaran.
5) Menyerahkan 1 lembar fotokopi Akta Kelahiran (putra); dan 3 lembar fotokopi Akta Kelahiran (putri).
6) Menyerahkan 1 lembar fotokopi KTP wali santri/yang mewakilinya (khusus putra).
7) Menyerahkan 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga (khusus putri).
8) Mendaftarkan diri sesuai dengan cara dan waktu yang telah ditentukan

NB: Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan saat mendaftar di Kantor KMI atau Panitia Ujian Masuk KMI.
B. Syarat-syarat Penerimaan
1) Berijazah Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau yang sederajat, untuk masuk kelas biasa dengan masa belajar 6 tahun, dan berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau yang sederajat untuk masuk kelas Intensif dengan masa belajar 4 tahun.
2) Mempunyai dasar agama, yakni:
a) Dapat mengerjakan ibadah sehari-hari dengan baik.
b) Dapat membaca al-Qur’an dengan baik.
c) Dapat membaca dan menulis Arab dengan lancar.
3) Lulus dalam testing/ujian masuk dan psyco-test.
4) Sanggup bertempat tinggal di asrama yang telah disediakan.

C. Waktu dan Cara Pendaftaran
1) Pendaftaran calon pelajar (capel) Pondok Modern Darussalam Gontor dilaksanakan pada:
Tanggal 23-27 Ramadhan 1435 dan 3-10 Syawwal 1435 untuk putra, bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo;
2) Tanggal 23-27 Ramadhan 1435 dan 3-14 Syawwal 1435 untuk putri, bertempat di Pondok Modern Gontor Putri 2, Sambirejo, Mantingan, Ngawi.
3) Pelaksanaan ujian masuk KMI:
a) Ujian Lisan: tanggal 23-27 Ramadhan 1435 dan 3-10 Syawwal 1435 untuk capel putra; tanggal 23-27 Ramadhan 1435 dan 3-14 Syawwal 1435 untuk capel putri.
b) Ujian Tulis: tanggal 11 Syawwal 1435 untuk capel putra, dan tanggal 15 Syawwal 1435 untuk capel putri.
Pendaftaran capel Pondok Modern Darussalam Gontor diadakan secara langsung di kampus (tidak bisa dilaksanakan melalui korespondensi, telepon, atau internet).

D. Pelaksanaan Ujian Masuk KMI dan Materi Ujian

Ujian Masuk KMI meliputi ujian syafahi (ujian lisan) dan ujian tahriri (ujian tulis). Materi ujian syafahi meliputi psyco-test, membaca Al-Qur’an, Tajwid, dan praktik ibadah (ibadah qauliyah dan ibadah ‘amaliyah). Sedangkan materi ujian tahriri mencakup Imla’ (dikte tulisan Arab), Bahasa Indonesia, Berhitung Soal dan Angka (Matematika dasar setara kelas 6 SD).
Tidak ada perbedaan antara materi ujian yang diujikan kepada calon pelajar lulusan SD (sederajat) dengan calon pelajar yang berasal dari lulusan SLTP (sederajat)

NB: Dalam pelaksanaan Ujian Masuk KMI tidak diadakan ujian ulangan/susulan (waktu pelaksanaan ujian bisa berubah sewaktu-waktu).

E. Program Ujian Lanjutan dan Ujian Penempatan Kelas

1) Bagi calon pelajar yang telah lulus Ujian Masuk KMI diberi kesempatan untuk mengikuti Program Ujian Lanjutan, yaitu ujian akselerasi ke kelas yang lebih tinggi jika memenuhi syarat-syarat tertentu, di antaranya memiliki kemampuan dengan bekal keilmuan yang cukup untuk duduk di kelas yang lebih tinggi dari kelas 1 KMI.
2) Secara khusus, bagi calon pelajar putra dari kelas Intensif yang telah lulus Ujian Masuk KMI akan mengikuti Ujian Penempatan Kelas (Placement Test) setelah terdaftar sebagai siswa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Adapun materi yang akan diujikan pada ujian ini meliputi Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.

F. Biaya Administrasi Pendaftaran Calon Siswa/Siswi Baru KMI 2014/1435

1 Uang pangkal masuk KMI Rp. 1.600.000
2 Uang penambahan bangunan baru Rp. 600.000
3 Uang Kepanitiaan Bulan Syawwal Rp. 210.000
4 Uang kertas Rp. 350.000
5 Uang Majalah Gontor 1 tahun Rp. 250.000
6 Uang kesehatan 1 tahun Rp. 290.000
7 Uang Pembangunan Kampus Darussalam University Rp. 600.000
8 Iuran makan (setiap bulan) Rp. 280.000
9 Iuran sekolah (setiap bulan) Rp. 270.000
Jumlah Rp. 4.450.000

Pembayaran setiap bulan:

1 Iuran makan (setiap bulan) Rp. 280.000
2 Iuran sekolah (setiap bulan) Rp. 270.000
Jumlah Rp. 550.000

NB:
Ketentuan biaya dapat berubah sewaktu-waktu.
Pendaftar yang belum lulus Ujian Masuk dapat mengambil kembali semua pembiayaan selain uang makan yang telah dipakai, sumbangan pembangunan, uang kepanitiaan Bulan Syawwal dan organisasi.
Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan ke Kantor KMI melalui nomor telepon: 0352 488920 (putra) dan 0351 673261 (putri).
Telepon tambahan Panitia Penerimaan Capel dan KMI Putra: 085790296345, 085233632526, dan 081335666200

Kampus Putra
1. Pondok Modern Darussalam Gontor 1 di Ds. Gontor Kec. Mlarak Kab. Ponorogo, Jawa Timur
2. Pondok Modern Darussalam Gontor 2 di Ds. Madusari Kec. Siman Kab. Ponorogo, Jawa Timur
3. Pondok Modern Gontor 3 ‘Darul Ma’rifat’ di Ds. Sumbercangkring Kec. Gurah Kab. Kedri, Jawa Timur
4. Pondok Modern Gontor 5 ‘Darul Muttaqin’ di Ds. Kaligung Kec. Rogojampi Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
5. Pondok Modern Gontor 6 ‘Darul Qiyam’ di Ds. Mangunsari Kec. Sawangan Kab. Magelang, Jawa Tengah
Kampus Putri
1. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 di Ds. Sambirejo Kec. Mantingan Kab. Ngawi, Jawa Timur
2. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 di Ds. Sambirejo Kec. Mantingan Kab. Ngawi, Jawa Timur
3. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 di Ds. Karangbanyu Kec. Widodaren Kab. Ngawi, Jawa Timur
4. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 di Ds. Bobosan Kec. Kandangan Kab. Kediri, Jawa Timur

About these ads

859 thoughts on “PENDAFTARAN PONDOK PESANTREN MODERN GONTOR

  1. Assalamu’alaikum
    Saya mau tanya? Bilamana pada saat pendaftaran masuk untuk siswa lulusan SMP belum diikuti Ijazah atau ketentuan lulusan, apakah bisa mendaftar dan ikut bimbingan sebelum ujian masuk gelombang pertama. Karena pemberitauhan untuk itu semua di sekola saya berlangsung pada bulan Juni, sedangkan untuk UN berakhir pada bulan April, jadi banyak liburnya, daripada seperti itu saya menginginkan untuk lebih baik ikut bimbingan di Gontor. Sekian terimakasih.
    Wassalamu’alaikum.

    • Andrea,
      wa alaikum slam wr. wb.
      Ada 2 macam pendaftaran: pendaftaran menjadi calon santri (calon elajar) dan pendaftaran untuk mengikuti Ujian Seleksi santri.
      Pendaftaran untuk menjadi calon santriwati dapat dilakukan kapan saja di GP2. Tidak ada persyaratan ijasah atau surat keterangan lulus. Yang diperlukan hanya Akta Kelahiran, KTP orangtua, Kartu Keluarga, Raport, dan pasfoto. Lebih jelasnya silahkan lihat di bagian lain dari blog ini dan hubungi kantor GP2.
      Pendaftaran Ujian Seleksi santri, adalah pendaftaran santri yang akan mengikuti Ujian seleksi atau sudah lulus Ujian Seleksi. Ujian Seleksi dilaksanakan bulan Sya’ban dan Syawal. Di sini diperlukan ijasah atau surat keterangan lulus.
      Selama menjadi calon pelajar, anak akan mendapatkan bimbingan dari ustadzah GP2 tentang pelajaran yang akan diujikan di dalam Ujian Seleksi. Semakin lama menjadi calon santriwati di GP2, semakin banyak bekal ujian yang diperoleh santriwati. Sebaiknya, Andrea segera mendaftarkan diri ke GP2 begitu ujian nasional sudah selesai, mungkin setelah beristirahat seminggu setelah ujian.
      salam,
      Imam

  2. Assalamualaikum Wr.Wb sy rencana memasukkan anak sy ke Pesantren Gontor setamat sekolah dasar (SD) tapi anak sy kelahiran tahun 2000 artinya umurnya sekitar 11 tahun, apakah sdh bisa ikut mendaftar atau bagaimana solusinya? kapan kami harus ke Gontor karena kami domisili di Makassar,klo misalnya anak sy tdk lulus apakah masih bisa ikut mendaftar atau ada kesempatan lagi?terima kasih.
    Wassa;lamualaikum Wr.Wb

    • Ibu Ayu,
      Wa alaikum salam wr. wb. Semua anak yang lulusan SD/MI boleh mendaftar ke PPMD Gontor, yaitu di Gontor 2 di Ponorogo (putra) dan Gontor Putri 2 di Ngawi(putri). Usia calon santri bukan masalah bagi PPMD Gontor. PPMD Gontor mempunyai kurikulum dan pelajaran yang unik, yang sebagian berbeda dari pondok atau sekolah lainnya. bagi yang jauh (luar Jawa, seperti saya) sebaiknya anak dipersiapkan mentalnya lebih dulu untuk hidup mandiri jauh dari orangtua. Di pondok anak akan bertanggungjawab untuk membersihkan kamar dan kamar mandi, menyapu halaman, serta mencuci pakaian dan peralatan makan sendiri. Di dalam pondok tidak boleh bawa HP, tidak ada tv atau radio. Jika mereka ingin menghubungi orangtuanya tersedia wartel, yang harus antri panjang untuk menggunakannya. Jika anak sudah siap, sebaiknya setelah ujian anak diantar ke pondok. Di sini ada ujian penempatan (placement test). Setelah masuuk ke pondok, anak tidak boleh keluar lagi. Mereka masih dapat bertemu oarngtua di balai penerimaan tamu (Bapenta). Selama menunggu waktu ujian seleksi masuk (Sya’ban dan Syawal), mereka mendapatkan bimbingan pelajaran dan etika tinggal di pondok. Semakin lama anak mendapatkan bekal persiapan ujian, anak akan semakin mudah dalam ujian seleksi nanti. bagi yang belum lulus dalam ujian seleksi pertama (Sya’ban) boleh mengikuti ujian kedua (Syawal). Selama menunggu ujian kedua anak boleh pulang kampung, atau boleh juga tetap tinggal di pondok selama Ramadhan dan Syawal.
      Ringkasnya: 1) sebaiknya anak didaftarkan ke pondok seminggu setelah ujian nasional selesai; 2) anak yang gagal pada ujian pertama (Sya’ban) boleh tiinggal di pondok dan ikut lagi ujian kedua (Syawal).
      Salam,
      Imam

  3. Assalamualaikum. Ust saya mo tanya. untuk santri putri TOTAL BIAYA pendaftaran pertama masuk dan biaya bulanannya berapa y ust Yg harus dikeluarkan ? karena info di atas saya belum faham. syukron

    • Rian,
      Wa alaikum salam wr. wb.
      Saya bukan ustadz di Gontor, melainkan wali santriwati di Gontor Putri 5. Berapa biaya yang harus dibayarkan ketika mendaftar di GP 2, sebaiknya telpon langsung pengasuh GP 2 yang nomornya ada di artikel yang anda baca. Ingat saya biaya yang tertera pada lembaran tersebut tidak seluruhnya harus dibayar pada saat pendaftaran calon pelajar (santri).
      Salam,
      Imam

    • Gita Fitriany,
      Wa alaikum salam wr. wb.
      Saya hanya seorang wali santri, bukan ustadz atau pengasuh pondok. Pengalaman dua kali menemani anak saya di Gontor Putri 2, setiap tahun ada sekitar 1500-1800 calon santriwati di Gontor Putri 2 yang mengikuti Ujian seleksi. Sebagian calon santriwati ada yang sudah 1 tahun atau 3 bulan di pondok, untuk mengikuti kegiatan persiapan (bagi yang mendaftar lebih awal). Sebagian yang lain baru datang 2-3 hari di Pondok Gontor Putri 2. Dari sejumlah calon santriwati tersebut, sekitar 200 calon santriwati tidak lulus ujian seleksi masuk I. Dari yang tidak lulus, ada yang tetap tinggal di pondok dan mengikuti ujian seleksi bulan syawal. Bagi yang tidak lulus ujian seleksi masuk II bulan Syawal, ada juga yang tetap bertahan di pondok GP2 menunggu kesempatan tahun depan.
      Wassalam,
      Imam

  4. Asslm….
    pak saya mau nanya,,,
    Saya ini lulusan SLTA,,,tapi saya tertarik mendaftar ke PM Gontor ini,,,sedangkan di info pendaftaran,,disitu hanya di sebutkan untuk lulusan SLTP dan SLTA….gimana yaaa,,,???

    Syukron
    Wslm….

    • Evant,
      Wa alaikum salam wr wb. Di bawah ini saya kopikan komentar alumni Gontor di blog ini (Rofiqurnia). Di Pondok Gontor ada dua lembaga pendidikan KMI (setara SMP+SMA) dan ISID (setara IAIN). Saya sarankan kamu masuk KMI intensif selama 4 tahun, baru masuk ke ISID jika berminat ke sana. Dari SMA masuk ke ISID memang diperbolehkan, tetapi kamu harus mahir berbahasa Arab dan Inggris (lisan dan tulis). Kemampuan bahasa ini biasanya hanya dimiliki oleh alumni KMI, bukan alumni MAN atau SMA. baca juga info berikut, semoga bermanfaat. Amiin.

      Assalamualaikum
      Saya alumni Gontor 2009
      Tambahan saja untuk jawaban pertanyaan dari saudara Nurul, Gontor bisa menerima lulusan dari SMA dengan masa belajar 4 tahun sama dengan lulusan SMP/MTs dan ijazahnya juga setara dengan SMA, tapi dengan pendidikan, pengajaran dan pengalaman yang berbeda tentunya.
      Sekedar info saja, banyak teman-teman saya dulu yang baru masuk Gontor setelah lulus SMA, bahkan ada yang sudah S1.
      Dan juga untuk Perguruan tinggi Gontor (Institud Studi Islam Darussalam) tidak hanya untuk alumni Gontor saja, terbuka untuk siapa saja, namun dengan syarat harus menguasai bahasa Arab dan Inggris dengan baik, hal tersebut menjadi pertimbangan utama untuk penerimaan mahasiswa dari luar gontor, karena pada tugas akhir/skripsi hanya boleh menggunakan bahasa Arab atau Inggris.
      Terima kasih kepada semua pihak yang memberikan kepercayaan kepada Pondok milik umat ini, dan bagi yang ingin masuk ke Gontor semoga diberikan kemudahan dan kekuatan oleh Allah SWT.
      Terima kasih juga kepada bapak Imam Bachtiar yang telah memberikan pengalamannya terkait Gontor, semoga senantiasa di dalam lindunganNYA. Amien.
      Semoga bermanfaat.
      Wassalam.

  5. Aslmlkm Wr. Wb.
    Allahu yubaariku piik…
    InsyaAllah ana mw masukin akhii sogir ke pondok gontor, dan yang saya ingin pertanyakan :
    1. Apakah biaya pendaftaran bisa dicicil?
    2. Adakah fasilitas penginapan bagi orang tua wali yg berdomisili jauh?
    3. Waktu test gelombang pertama kapan akan dilaksanakan?

    • Dede,
      Wa alaikum salam wr. wb.
      Saya seorang wali santri, sehingga tidak dapat menjawab pertanyaan pertama tentang biaya. Sebaiknya hubungi langsung pengasuh pondok lewat telepon.
      Saya belum pernah ke pondok Gontro 2 (putra), tetapi pengalaman saya di Gontor Putri saya yakin tidak banyak berbeda dengan Gontor putra. Di sekitar pondok banyak rumah penduduk yang menyewakan kamar bersih. Di dalam pondok Gontor 2, tersedia balai penerimaan tamu (Bapenta) dimana sebagian (besar) walisantri menginap rame-rame secara gratis. Di dalam pondok (Gontor Putri 1) juga ada wisma penginapan (seperti losmen) yang disediakan untuk walisantri dengan biaya yang murah (50-150 ribu, yang mahal kamar ber-AC). Di musim pendaftaran, ribuan orang menunggui anaknya antara 2 hari hingga 2 bulan. Jadi fasilitas penginapan akan menjadi rebutan. walauan demikian jangan terlalu khawatir, karena di luar pondok juga banyak tempat penginapan.
      Waktu ujian seleksi gelombang I bulan Sya’ban, sebelum Ramadhan, sekitar bulan Juli 2011. Awal Ramadhan biasanya sudah ada pengumuman hasil seleksi.
      Wassalam,
      Imam

  6. Assalammualaikum wr wb,

    Pak Imam………mhn info sy mempunyai rencana anak saya saat ini masih kelas 4 sd rencana kalau naik kelas 5 saya mau daftarkan di SD gontor ( kata teman ada juga di gontor tingkat SD ) adapun alasan supaya nanti setelah tamat SD beliau bisa langsung masuk gontor kelas 1. mohon saran,
    wslm

    • Pak Wahyu,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Di sebelah Masjid Nurul Jannah (?) di Sambirejo (Mantingan) saya melihat ada sebuah SD yang dibina oleh para ustadzah dari Gontor. Mohon maaf saya tidak tahu persis keistimewaan SD tersebut. Yang saya tahu, tidak ada pondokan untuk anak-anak setingkat SD di Gontor. Siswa SD (Gontor?) tersebut adalah anak-anak dari kampung sekitar pondok.
      Saya juga mohon maaf karena tidak paham alasan untuk memindahkan anak ke SD Gontor. Bukankah jika anak kita lulus SDN di luar Gontor juga akan diterima langsung di Kelas 1? Jika demikian kan sama saja dengan SD yang lain. Pengalaman saya dg anak pertama, yang lulusan SDN biasa, waktu Kelas 2 mendapat kesempatan lompat kelas, yang berarti prestasinya bagus. Kita tidak perlu khawatir dengan anak kita yang lulusan SDN biasa. Yang paling penting adalah membiasakan anak untuk belajar mandiri, dan membiasakan anak tidak menonton TV atau main game.
      Salam,
      Imam

  7. ass, pak sy ini jauh di sumbawa NTB dan berniat serta pasti akan memasukkan snak sy ke PP Gontor
    gmna caranya . . .

    • Pak Yoyok,
      Wa alaikum salam wr ab.
      Jika anda adalah Pak Yoyok yang di bagian media pt nnt, maka saya merasa kenal dengan anda.
      Pendaftaran on-line juga tidak diperlukan, karena pada dasarnya semua anak yang mendaftar di Gontor sebagai calon santri akan diterima, kapan saja sebelum maupun sesudah ujian seleksi penerimaan santri. Sebagian besar calon santri akan menjadi santri, jika mereka lulus ujian seleksi (Juli, Sya’ban, atau Syawal). Bagi yang tidak lulus, boleh keluar atau tetap menjadi calon santri selama setahun lagi menunggu ujian seleksi tahun ajaran berikutnya. Sistem ini membuat pondok Gontor mempunyai calon santri yang baru 2 hari sampai yang sudah 12 bulan atau bahkan lebih lama lagi tinggal di dalam pondok. Semakin lama menjadi calon santri semakin banyak bekal ilmu untuk menghadapi ujian seleksi.
      Cara pendaftaran mudah saja, datang ke pondok Gontor 2 (putra, di Ponorogo) atau Gontor Putri 2 (Mantingan, Ngawi). Pendaftaran awal tidak diperlukan ijasah, melainkan hanya raport, kartu keluarga, dan foto. Selengkapnya lihat penjelasan lain di blog ini.
      Semoga menjawab keingintahuan Pak Yoyok.
      wassalam,
      Imam

  8. BAGAIMANA CARANYA AGAR ANAK SAYA BISA DITERIMA DI GONTOR 1 ATAU MINIMAL GONTOR 3 (DI KEDIRI), KRN ANAK TERSEBUT MAU KE PONDOK GONTOR ALASANNYA TDK JAUH. JUGA BELUM TERBIASA PERGI JAUH APALAGI JAUH DARI ORTU DAN ANAK PERTAMA TERUS ANAK TSB AGAK MINDER. KIRANYA PENGASUH PUNYA KEBIJAKAN. UTK ITU SAAT INI ANAK TSB SDH SAYA MASUKKAN KE GONTOR 2 UTK PERSIAPAN TES MASUK. MOHON PENGASUH GONTOR MAKLUM……………

    • Pak Bambang,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya bukan pengasuh pondok, melainkan wali santri saja. Pondok Gontor secara resmi tidak menyediakan ruang bagi kita untuk minta lokasi kampus yang kita inginkan. Jika ruang tersebut dibuka, mudah dibayangkan bagaimana sibuknya pengasuh pondok melayani ribuan wali santri, yang sebagian besar menginginkan anaknya di Gontor 1 atau Gontor Putri 1. Kedua kampus tersebut adalah kampus terlengkap fasilitasnya, sehingga semua santri dan wali santri sangat berharap dapat penempatan di kampus idaman tersebut.
      Pengalaman saya, calon santri yang sudah merasakan.kehidupan pondok dan menyaksikan keragaman asal kampung teman-teman mereka akan berubah pikirannya. Calon santri tidak lagi menuntut harus diterima di kampus Gontor 1. Jika prestasi santri bagus, maka penempatannya dapat ke semua kampus Gontor. Jika prestasi santri luar biasa bagus (ada potensi lompat kelas), maka insya Allah ia mendapat prioritas masuk ke kampus Gontor 1.
      Ada seorang teman yang anaknya ditempatkan menjadi santri di Gontor 3 (Kediri). Setelah 6 bulan di sana, ia bersama tiga orang temannya dipanggil pengasuh pondok dan ditawari untuk pindah ke Gontor 1. Sekarang, santri tersebut sudah belajar di Gontor 1.
      Wassalam,
      Imam

  9. ass,,
    saya punya adik yang rencananya ingin saya daftarkan di gontor,,
    tapi, kami jauh di sulsel…
    yang ingin saya tanyakan,,,bagaimana dengan prosedur pendaftarannya? apakah bisa pendaftarannya lewat internet dan pengembaliannya lewat pos.
    atau apa bisa di wakilkan terlebih dahulu pengambilan dan pengembalian formulirnya,,jadi nanti kami datang ketika akan di lakukan tes…
    karena kami jauh jadi agak sulit kalau harus bolak balik…
    apa ada kemudahan seperti itu untuk orng yang jauh?

    • Nia,
      Wa alaikum slam wr wb.
      Saya bukan pengasuh, jadi mohon maaf hanya dapat menjawab dari pengalaman pribadi saja.
      Calon santri dapat mendaftarkan diri seminggu sebelum tes, sehingga tidak perlu pendaftaran jarak jauh. Mereka yang mendaftarkan diri lebih awal, karena ingin tinggal di pondok lebih banyak sebelum ujian. Dengan mengikuti pelajaran persiapan ujian di pondok, calon santri dapat mempersiapkan diri lebih baik sebelum ujian.
      Bagi santri yang rumahnya jauh, mislnya Papua, Aceh, Tarakan, atau Bitung, banyak santri yang tidak pulang liburan. Jika tidak ingin bolak-balik, anak kita boleh tetap tinggal di pondok saat Ramadhan maupun Lebaran. Begitu anak didaftarkan ke pondok dia sudah boleh tinggal di pondok selama 6 tahun. Waktu liburpun selalu ada santri yang tinggal di pondok. Jika anak ingin liburan di rumah temannya yang di Jawa, banyak keluarga yang mau menampung santri teman anaknya.
      salam,
      Imam

  10. assalamualaikum wr.wb
    saya M.RIZKY DHYPO p. ingin mendaftar di pondok pesantren GONTOR. Saya dari KALIMANTAN BARAT.
    Bagaimana cara pendaftran?. Rencana tanggal 20 Juni 2011 kami akan berangkat ke Pondok GONTOR. Apakah saya bisa langsung mendaftar?.

    • Rizky,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Anda dapat langsung mendaftarkan diri ke pondok Gontor 2, di Ponorogo. Ada banyak pilihan bis jurusan Surabaya-Ponorogo. Pada pendaftaran awal (calon santri/pelajar) belum dibutuhkan ijasah, tetapi jika sudah ada sebaiknya dibawa sekalian. Dari pengalaman saya, pendaftaran awal ioni hanya membutuhkan fotokopi raport, kartu keluarga, dan pas foto. Setelah lulus ujian seleksi masuk (Juli, Sya’ban) baru diperlukan ijasahnya. Semakin cepat mendaftar semakin lama mendapat pelajaran persiapan ujian di dalam pondok.
      Selamat datang dan berjuang di Pondok Gontor 2.
      Wassalam,
      Imam

  11. mala,
    assalamu’alaikum,saya ingin tanya sehabis mendaftar dan belum test apakah santri sudah bisa mukim atau sah menjadi santri?????

    • Mala,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sebelum mala lulus ujian seleksi, Mala sah sebagai santri calon pelajar. Aturan bagi santri calon pelajar hampir sama dengan santri yang sudah berstatus pelajar, dalam arti tidak boleh keluar pondok tanpa ijin, tidak boleh mengenakan pakaian yang tidak standar, makan dan tidur di ruang yang telah dipersiapkan, dsb.
      Kasur yang digunakan di dalam pondok ada aturannya. Tidak semua kasur yang dibawa dari luar boleh digunakan di dalam pondok. Boleh saja membeli dan membawa kasur dari luar tetapi hanya kasur yang sesuai dengan aturan pondok. Tidak ada sewa kasur di dalam pondok. Santri calon pelajar hanya menyewa lemari pakaian dan rak sepatu. Setelah menjadi santri pelajar, mereka wajib membeli lemari sendiri.
      wassalam,
      Imam

  12. mala,
    assalamua’laikum,saya ingin tanya lgagi
    begini orang tua sya ingi saya mondok di gontor lalu saya disuruh membawa kasur sendir,apakah kalo saya masuk ke pp.gontor saya masih disurh menyewa kasur,apakah menyewa yang adfa didaftar semua itu wajib?

  13. rini,
    assalamualaikum,,sya mau tanya ..xlw bru mendaftar stlah ijazah kluar(25jun) apakah msh ad bnyak wkt untuk mengikuti bimbingan dlu…
    trus xlw sdh mendaftar ap hrs langsung di pondok utk mengikuti bimbingan….mxd y g’ bleh plang dlu untuk ngambil keperluan…???mhon jwban y…terima kasih

  14. assalamualaikum,,saya mau tanya xlw mendaftar ke gontor y stlah ijazah kluar (25jun) apakah msh ad bnyak wktu untuk bsa mengikuti bimbingan sblm test..???
    trus apakah sesudah ndaftar hrs langsung menginap di gontor utk bimbingan ??,dlm arti stlah mendaftar tdk bleh plang…
    di gontor hafalan al qur’an kta nya…emang bner..??

    • Rini,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Banyak atau sedikit adalah sangat relatif. Setiap orang punya ukuran yang berbeda. Banyak juga santri yang baru datang seminggu sebelum ujian seleksi. Tentu saja bekal ujian yang mereka dapat di pondok lebih sedikit dibandingkan yang sudah dua bulan di sana.
      Wassalam,
      Imam

  15. assalamualaikum.
    Saya mau tanya,apakah masih dibuka pendaftaran? Saya dulu pernah pesantren, tapi keluar. Sekarang saya udah mau kelas 3 SMA, saya ikhlas mengulang dari awal lagi dan belajar 4 tahun. Tolong di jawab, jika masih bisa mendaftar, saya akan kesana, karna rumah saya jauh, , tolong banget,

    • Azrin,
      Wa alaikum salam wr. wb.
      Pendaftaran calon santri di Gontor selalu terbuka sepanjang tahun. Ujian seleksi penerimaan santri dilakukan bulan Juli ini dan September (habis lebaran). Jika memang iongin mendaftar sebaiknya segera saja dilakukan sehingga punya dua kesempatan untuk ikut ujian seleksi tahun ini.
      Pengalaman saya sebagai wali santri, jika seorang santri pernah mendapatkan surat pindah sekolah dari Gontor dia tidak dapat mendaftar lagi ke Gontor. Di dalam surat pindah tersebut ada klausul yang berbunyi demikian. Jika santri keluar tanpa pamit, dia masih dapat mendaftar lagi jika ingin kembali.
      Salam,
      Imam

  16. ass.wr.wb
    saya mau nanya, apa benar ya kalau misalnya kita ingin masuk gontor tesnya harus hafal juzz amma?

    saya lulusan smp tahun ini, rencana ingin masuk, tp ortu saya gak ngizinin krn slain sy udh diterima di smk negri, masalah trbesarnya krn takut ga diterima,tajwid,imla saya jg ga bgitu bagus, dan nnti malah ga dpt sekolah .

    memang ga apa2 ya kita ttp tinggal di gontor sampe thn dpannya lg? trus selama stahun di gontor bwt latihan dikenakan biaya ngga?

    maaf kebanyakan nanya, abis informasi tentang gontor simpang siur dan saya ngga tau email gontor.

    tks.

    • Tami,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Tidak benar calon santri harus hafal juz amma.
      Tajwid dan Imla akan ditingkatkan pada masa persiapan (antara pendaftaran calon santri dan ujian seleksi).
      Selama masa persiapan calon santri tetap membayar sebagaimana santri yang belajar di pondok.
      Wassalam,
      Imam

  17. assalamualaikum..
    Kemarin, saya udah telepon ke gontor putri 2, katanya ujian gelombang 1, diadakan tanggal 8 juli.. Berarti tinggal sebentar lagi, sedangkan saya belum menguasai materi yg di ujikan, karna saya telat mendaftar.
    Apakah bisa mendaftar pada gelombang 2 ? Mohon di jawab

    • Azrin,
      Tidak ada pendaftaran gelombang kedua, yang ada adalah ujian seleksi penerimaan santri gelombang kedua. Jika Azrin memang ingin bersekolah di Gontor Putri dapat mengikuti ujian gelombang kedua (September 2011, Syawal). Selama menunggu waktu ujian seleksi tersebut Azrin dapat mempersiapkan diri dengan menekuni materi yang akan diujikan. bagi seorang siswa SMA yang pernah belajar di pesantren, saya yakin ini bukan masalah besar, karena yang diujikan adalah materi pelajaran untuk lulusan SD/MI. Saran saya, ikuti saja ujian gelombang pertama. Jika gagal dalam ujian tersebut ikut lagi di gelombang kedua. Dengan cara demikian Azrin dapat mengetahui kekurangan pada ujian gelombang pertama yang nantinya harus dipelajari selama Ramadhan untuk persiapan ujian gelombang kedua.
      Selamat mencoba.
      Wasslam,
      Imam

  18. maaf pak ,sebelumnya saya mau curhat dulu.
    saya pernah pesantren,waktu SMP dan cuma 1,5 tahun di sana,karna gak betah dan saya gk niat pesantren,,orangtua yg menyuruh saya ke pesantren..
    lalu semenjak saya SMA,saya menyesali,karna diluar saya jadi anak yg tidak baik,apalagi sering pacaran,merasa jauh dari allah dan saya ingin belajar ilmu ilmu di pesantren..
    saya takut bilang orangtua,karna takut gak di bolehin,karna udah pernah kecewain mereka,,

    saya belum daftar ke gontor,karna belum bilang sama orangtua.. masih bisa gak saya ikutan ujian gelombang 2?tolong dijawab,syukron

    • Azrin,
      Anda bisa mengikuti ujian gelombang kedua. Sebaiknya ikut ujian seleksi dulu di Gontor dan lihat hasilnya. Jika anda sudah diterima di sana baru anda memutuskan keluar dari sekolah SMA. Alternatif lain, anda selesaikan pendidikan SMA kemudian baru masuk ke Gontor, sehingga punya waktu banyak untuk mempersiapkan diri.
      dari cerita bahwa anda tidak niat belajar di pesantren ketika masih mondok, saya agak meragukan hasil belajar anda di pondok tersebut, apakah sudah cukup baik untuk digunakan sebagai bekal ikut ujian seleksi gelombang 2 di Gontor. Walaupun demikian, jika anda memang ingin belajar di Gontor, sangat baik untuk mencobanya pada ujian gelombang 2. Masih ada waktu mempersiapkan diri selama bulan Ramadhan. cari santriwati Gontor di dekat rumah anda dan belajar pada mereka bahan-bahan yang diujikan.
      Wassalam,
      Imam

  19. ‘afwan, apa ada perbedaan biaya dsb atau tidak, antara peserta yang ikut seleksi gel 1 dg pserta yang ikut seleksi gel 2

    • Ibu Ratmi,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Mohon maaf saya tidak tahu persis jawaban dari pertanyaan tersebut. Setahu saya yang membuat perbedaan biaya adalah biaya pemondokan ketika dalam tahap persiapan (mondok sebelum ujian). Bagi calon santri yang ke pondok lebih awal, tentu saja ia harus membayar biaya pemondokan selama tinggal di sana. Sedangkan calon santri yang tidak mempersiapkan diri di dalam pondok, atau masuk pondok saat ujian gelombang 2, maka pembayaran uang pemondokan dihitung ketika ia mulai masuk ke pondok. Dengan demikian biaya yang harus dibayar oleh calon santri yang masuk ke pondok pada ujian gelombang 2 lebih sedikit.
      Salam,
      Imam

  20. Alhamdulillah masih ada kesempatan..
    Ya ada teman saya yg pernah di gontor,nanti saya tanyakan ke dia.. Terima kasih atas informasi dan saran yg berharga..
    Maaf udah ngerepotin bapak..
    Wassalamualaikum wr.wb :)
    ernah di gontor,nanti saya tanyakan ke dia.. Terima kasih atas informasi dan saran yg berharga..
    Maaf udah ngerepotin bapak..
    Wassalamualaikum wr.wb :)

  21. Assalamu a’laikum Wr Wb.aku nita dari lampung selatan, rencananya aku mau masukin adiku ke gontor 9 kalianda. untuk sekarang apa masih bisa melakukan pendaftaran dan langsung masuk terus mengenai biayanya kira kira berapa yah. soalny adiku pengen banget masuk ke gontor 9. waalaikum salam Wr. Wb.

    • Yunita,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Biaya sekolah di PPMD Gontor ada di laman atau blog ini. Silahkan saja dilihat dan dijumlah sendiri besar biayanya. Biaya bulanan berupa uang SPP dan uang pondokan. Keduanya berjumlah sekitar 360 ribu rupiah, jika belum ada kenaikan. Perlengkapan pribadi (jasur dan lemari) dibeli sekali untuk 6 tahun. Biaya sumbangan pembangunan dibayar setiap tahun. Biaya buku, seragam, dan kegiatan ekstra kurikuler dibayar per semester. Lebih jelasnya silahkan hubungi PPMD Gontor Kalianda lewat telpon.
      Wassalam,
      Imam

  22. asswrb ,saya bertanya kepada yang berkopetensi biar agak jelas : anak alm adik saya ikut test 1 di gontor putra karena kami ingin sekali menitipkan anak kami jadi muslim seutuhnya karena ibunya mualaf yang gak bisa dipercaya
    kami bayar semua biaya biar gak repot dan uangnya sudah diterima ternyata test 1 gak lulus seandainya test kedua gak lulus juga apakah dana yang masuk bisa diminta kembali untuk sekolah ditempat lain karena dia anak yatim dan laki lakii apakah pesantren bisa memberi prioritas untuk anak yatim dan ada yang bertanggung jawab mengenai semua biaya (saya hp 08161317113)

    • Ibu Sueyani,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Mohon maaf saya tidak berkompeten untuk menjawab pertanyaan tersebut. Semoga ada pembaca lain yang dapat memberikan jawabannya.
      Wassalam,
      Imam

  23. untuk yg bertanya seputar biaya masuk gontor:

    Biaya
    Biaya Pendaftaran
    1 Uang pangkal masuk KMI Rp. 1.600.000
    2 Uang Sumbangan Wajib Rp. 500.000
    3 Uang Pembangunan Kampus Gontor 1 Rp. 500.000
    4 Uang kertas Rp. 200.000
    5 Uang Kepanitiaan Rp. 150.000
    6 Majalah Gontor (4 Edisi) Rp. 70.000
    7 Uang Kesehatan (4 Bulan) Rp. 100.000
    8 Iuran Uang Makan (setiap bulan) Rp. 200.000
    9 Iuran Uang sekolah & Pondok (Setiap Bulan) Rp. 180.000
    Jumlah Rp. 3.500.000

    Biaya Ekstrakulikuler
    1 Iuran Organisasi Pelajar Pondok Modern Rp 10.000
    2 Iuran Kesehatan Asrama dan Olahraga Rp 5.000
    3 Iuran Alat-alat Asrama Rp 5.000
    4 Iuran Pangkal konsulat Rp 6.000
    5 Iuran Pangkal Perpustakaan Rp 5.000
    6 Iuran Organisasi Kepramukaan Rp 10.000
    7 Iuran Kegiatan Kepramukaan Rp 8.000
    8 Buku Tulis Latihan Pidato Rp 6.000
    9 Buku Tabsis dan Kartu Pembayaran SPP Rp 15.000
    10 Kaos Asrama Rp 30.000
    Jumlah Rp 100.000

    Biaya Perlengkapan
    1 Kasur Rp 115.000
    2 Sewa Lemari Rp 50.000
    3 Gembok & Gantungan Kunci Rp 25.000
    4 Kartu Identitas Santri Rp 3.000
    5 Tas Sandal Rp 7.000
    Jumlah Rp 200.000
    Total pembiayaan: Rp. 3.800.000
    Pembiayaan tiap bulan: Rp. 380.000

    disalin dari situs resmi GONTOR. semoga bermanfaat, trima kasih

  24. assalamu’alikum……
    mohon maaf saya mau bertanya…..
    saya adalah salah satu remaja yang hanya mempunyai ijazah Madrasah Ibtidayah dan kelahiran tahun 1992, saya sangat ingin sekali bertempat tinggal dan belajar di PPMD Gontor meskipun saya tahu bahwa orangtua saya tidak bisa membiayai. kalau boleh tahu kira-kira ada tidak pengganti syarat-syarat pendaftaran yang tidak bisa saya penuhi misal salah satunya adalah mengenai biaya. terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    • Pak Basofie,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya bukan pengasuh pondok sehingga mohon maaf saya tidak tahu kebijakan pondok Gontor. Jika memang sangat berminat, coba saja telpon pengasuh pondok Gontor 2. Siapa tahu ada rejeki anda di sana. Man jadda wa jada!
      Wassalam,
      Imam

  25. Assalamu’alaikum……
    Pak Imam, Bapak/Ibu2 yang lain boleh share dong anakku diterima di Gontor 3, aku tinggal di jakarta paling hemat dan gampang aku naik kereta ekonomi dari sta. tanah abang, kira2 sampai di kediri jam berapa ya? trus naik angkot apa lagi ya untuk menuju Gontor.
    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.
    Wassalam.
    Rosa

    • Ibu Rosa,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Terima kasih atas postingnya. Alhamdulillah, anak Ibu diterima di Gontor 3 (Gurah, Kediri). Para pengasuh Gontor bekerja sangat keras untuk menjaga kualitas semua alumni Gontor. Jangan berkecil hati jika tidak mendapat tempat di Gontor 1 atau Gontor Putri 1.
      Saya belum pernah ke Gontor 3, tetapi waktu SMA dulu sering lewat Gurah. Gurah terletak antara Kota Kediri dan Kota Pare. Jika tidak ada informasi lain yang lebih akurat, saya kira dari Stasiun kediri harus ke terminal dulu. Di terminal, kita dapat mencari angkutan kota (pedesaan) menuju Pare, dan turun di Gurah.
      Semoga ada pembaca lain yang dapat menambahkan informasi.
      wassalam,
      Imam

    • Pak As’ad,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pengalaman saya, nilai atau hasil ujian akhir tahun di Gontor dapat diperoleh melalui telepon. Itupun hanya informasi tentang kelulusannya saja.
      Saya tidak pernah mencoba melihat nilai santri melalui internet.
      Wassalam,
      Imam

  26. Assalamu’alaikum..
    Anak saya sekarang baru masuk smpn kelas VII bulan juli kemarin, tetapi sekarang dia ingin sekali masuk ke Gontor Putri. Apakah masih bisa diterima?
    Wassalam.
    Zenzen

    • Zenzen,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Dia bisa mencoba mengikuti ujian Gelombang II (Syawal). Jika tidak lulus pada ujian tersebut dan dia ingin sekali belajar di Gontor, dia dapat belajar di Gonor Putri 2 bersama calon santriwati yang belum lulus lainnya. Jumlah calon santriwati yang belum lulus tersebut (tamidi) saya perkirakan sekitar 100 orang. Mereka diajar dengan materi pelajaran Gontor sambil menunggu Ujian Seleksi pada Sya’ban tahun depan.
      Wassalam,
      Imam

    • Pray,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya tidak tahu kuota pondok Gontor Putri.
      Kampus Gontor Putri bertambah terus jumlah kelasnya setiap tahun. Tampaknya jumlah santriwati yang dapat diterima terus berkembang juga setiap tahun. Saya perkirakan lebih dari 1500 santriwati dapat diterima di dalam pondok Gontor Putri (1,3, dan 5). Jika membutuhkan info yang lebih akurat sebaiknya hubungi langsung pengasuh pondok Gontor Putri.
      Wassalam,
      Imam

    • Muhammad,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran calon santri dibuka sepanjang tahun, setiap hari, di Gontor 2 atau Gontor Putri 2.
      Ujian seleksi calon santri diadakan dua kali setahun, bulan Sya’ban dan Syawal. Tahun ini Ujian bulan Sya’ban sudah dilaksanakan bulan Juli 2011, sedangkan Ujian bulan Syawal dilaksanakan bulan september 2011.
      Wassalam,
      Imam

    • Pak Muhammad,
      Mohon maaf, saya tidak tahu jawabannya karena anak saya baru kelas 3.
      Di Gontor ada pendidikan KMI (setingkat SMP-SMA) dan ISID (uiversitas). Setahu saya KMI tidak pakai jurusan (IPA, IPS, dst) seperti di SMA. Gontor punya kurikulum sendiri.
      Jika di ISID baru saya yakin ada beberapa jurusan, walaupun saya tidak pasti berapa jurusan yang ada di sana. Saya sarankan hubungi langsung pondok Gontor.
      Wassalam,
      Imam

    • Raihan,
      Di Pondok Modern Gontor ada dua jenjang pendidikan: KMI dan ISID. Lulusan SD/MI dan SMP/MTs hanya dapat masuk KMI, sedangkan lulusan SMA/MA atau S1 dapat masuk KMI maupun ISID. Lulusan SMP membutuhkan waktu 5 tahun di KMI: 1 tahun kelas intensif+3 tahun belajar+1 tahun pengabdian.
      Yang perlu dijawab sebelum mendaftar adalah apa yang kau cari di Gontor? Pendidikan di Gontor sangat berbeda dengan di sekolah umum, dalam arti jauh lebih baik. Ini berarti juga pendidikannya lebih berat, pelajarannya lebih banyak, waktunya lebih lama. Jika kamu belum dapat menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya kamu berfikir dan merenung lagi.
      Wassalam,
      Imam

  27. Sebentar Pak Imam, jadi jikalau saya lulusan SMA dan mau melanjutkan pendidikan di Gontor, maka saya harus bersekolah di Gontor selama seminimalnya 8 tahun sebelum mendapatkan ijazah S1 dari ISID yg setara IAIN itu ya?

    Ijazah S1=ISID=4 tahun. Tapi sebelum ambil ISID mau tidak mau harus ambil KMI, KMI=4 tahun. 4 Tahun KMI + 4 Tahun ISID = lulus? Begitukah? Kalau semisalnya biayanya tidak cukup bagaimana Pak? Bisa sambil kerja gitu atau bagaimana? Info buat lulusan SMA masih samar, Pak. Terimakasih. Jazakallah. Wassalam.

    • Menurut perhitungan saya memang demikian. Perlu diingat bahwa saya bukan pengasuh pondok, melainkan walisantri belaka.
      Secara teoritis, anda yang lulusan SMA/MA boleh langsung mendaftarkan diri kuliah di ISID. Tetapi secara praktis, hal ini sangat sulit dilakukan, KECUALI di sekolah SMA tempat anda belajar mewajibkan semua siswanya menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam kegiatan pengajarannya. Di ISID semua pengajaran dan kegiatan kuliah lainnya (tugas akademis, catatan kuliah, komunikasi antar mahasiswa dan antar mahasiswa-dosen) dilakukan dalam bahasa Arab atau Inggris. Jika anda tidak menguasai kedua bahasa tersebut (tulis dan lisan) anda akan menghadapai masalah besar sekali.
      Sebaiknya anda hubungi langsung pondok Gontor 2, saya pernah dengar ada program persiapan ISID yang isinya khusus mempersiapkan bahasa Arab dan Inggris calon mahasiswa ISID. Jika program ini memang ada, maka anda masih dapat menghemat waktu belajar (tidak 8 tahun).
      Di Gontor, lulusan SMA atau S1 mengikuti KMI (bersama lulusan SMP) bukan hal yang aneh. Mencari ilmu sangat berbeda dengan mencari ijasah.
      BIAYA?
      Jika anda lulusan KMI dan belajar di ISID, anda punya kesempatan untuk mendapatkan dukungan biaya dari pondok. Mahasiswa/wi ISID yang mengajar di KMI diberikan fasilitas: bebas uang pemondokan (tidur dan makan), dan bebas biaya kuliah. Para ustadz/ustadzah KMI mendapatkan kuliah gratis di ISID. Mereka hanya perlu menyediakan biaya kebutuhan pribadi saja. Begitulah yang pahami tentang Gontor.
      wassalam,
      Imam
      Wassalam,
      Imam

  28. Assalamualaikum wr.wb. Pak Imam dan para orang tua santri/santriwati gontor, tolong doakan putra kami, Muhammad Rifqi Fathurrahman agar bisa diterima menjadi santri di PM gontor, skrg dia lagi mukim capel ramadhan dan lebaran di sapondok, semoga Allah melapangkan jalannya untuk menimba ilmu di gontor.

  29. Assalamualaikum wr.wb. Pak Imam ,apabila saya mau datang dan menginap di gontor 2 apakah diperbolehkan? dan sewa kamar bisa/boleh selama 2 hari? terimakasih atas jawabannya.

    • Bu Muldiyati,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Setiap tamu di GP2 boleh menginap di Bapenta (Balai Penerimaan tamu) dengan fasilitas ala kadarnya, karena biayanya gratis. Sebagian walisantri menginap gratis selama beberapa bulan di Bapenta.
      Sewa kamar dapat dilakukan di rumah-rumah penduduk di depan pondok, dengan harga sekitar 50-75 ribu per malam. Informasi ttg kamar sewaan tersebut dapat diperoleh di warung makan di sekitar pondok. Di sebelah GP2 ada GP1 yang memiliki penginapan (Wisma La Tansa), dengan fasilitas yang baik dan harga yang terjangkau (sekitar 50-150 ribu/per malam).
      Untuk melihat aktivitas santriwati di GP2 sebaiknya menginap di Bapenta GP2.
      Wassalam,
      Imam

    • Pak Dadan,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Santri pindahan diperlakukan sama persis dengan santri yang baru masuk, kecuali pindahan dari kampus Pondok Gontor yang lain. Cara pendaftaran dan biayanya sama dengan santri yang baru.
      Jika setelah diterima santri pindahan tersebut dapat menunjukkan prestasi belajar yang “sangat berbeda” (5 terbaik dari 1500 santri) dari santri yang lainnya, maka akan diberikan hak untuk lompat kelas sehingga dapat belajar lebih cepat dari santri yang tidak pindahan. Tetapi jika prestasi belajarnya tidak banyak berbeda, maka masa studinya akan sama dengan yang lain. Demikian pengalaman saya sebagai walisantri di GP.
      wassalam,
      Imam

  30. assalamualaikum pak.
    saya ila, saya sekarang masih kelas 2 sma pak. saya dari jember,saya mau daftar pondok di gontor pak? itu yak apa?
    apa saya masih bisa pak,buat sekolah disana sedangkan saya gak pernah diajarkan bhsa arab?bls pak..plisss :(

    • Ila,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Tamatan SMP dan SMA yang masuk ke Gontor biasanya akan belajar di KMI kelas intensif (setara SMA). Masa belajar 4 tahun, ditambah 1 tahun pengabdian. Hampir semua calon santri yang masuk KMI belum dapat berbahasa Arab (sama sekali). Kedua anak saya yang masuk ke Gontor Putri juga hanya lulusan SDN yang tidak pernah sama sekali belajar bahasa Arab. Setahun pertama santri akan belajar bahasa Arab setiap hari. Tahun kedua semua santri wajib rbahasa asing.
      Saran saya, sebaiknya Ila selesaikan dulu sekolahnya di SMA, baru masuk KMI. Memang ini akan banyak memerlukan waktu, tetapi yang lebih penting waktu kita tidak terbuang percuma melainkan digunakan untuk menambah ilmu. Sebaiknya sekarang Ila mulai belajar bahasa Inggris yang lebih serius sehingga beban di pondok nant i akan lebih ringan.
      Salam,
      Imam

  31. ass,,,,
    mf klo boleh tau pa’imam kseluruhan biaya itu di bayarkan setiap bulannya atau bagaimana? mf sy gak paham,,terimakasih info.

    • Ella,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Biaya yang bersifat bulanan adalah uang makan dan SPP, yang sekitar 320-400 ribu. Mohon maaf besar biaya saya sering lupa. Biaya sumbangan gedung baru dibayar di awal tahun ajaran. Biaya lainnya dibayarkan di awal semester.
      Salam,
      Imam

    • Dadan,
      Anda mendaftarkan diri ke kampus pondok Gontor 2, dengan membawa ijasah SMP, kartu keluarga, akta kelahiran, dan pas foto. Pendaftaran calon santri dibuka sepanjang tahun.
      salam,
      Imam

    • Dadan,
      Maaf saya tidak bisa membagi nomor HP kepada semu orang. Jika masih banyak pertanyaan, sebaiknya telpon langsung Pondok Pesantren Darussalam Gontor 2. Informasi dari pengasuh pondok pasti lebih resmi, lengkap, dan akurat.
      salam,
      Imam

  32. ooh,, ma’af pak klo boleh tau brapa no nyah karena saya masih blum ngerti dan ingin tau lebih jelas lagi ??

    wasssalamm…….

      • Wa alaikum salam wr wb.
        Dadan,
        Terima kasih infonya bahwa pendaftaran tidak dibuka sepanjang tahun. Selama ini saya pikir Gontor membuka pendaftaran calon santri sepanjang tahun. Ujian seleksi santri hanya dilaksanakan pada tahun ajaran baru. Ternyata pengalaman dadan tidak demikian.
        Semoga ada pengasuh atau alumni Gontor yang dapat mengklarifikasi masalah ini.
        wassalam,
        imam

    • Ayu,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran calon santri dilakukan sepanjang tahun. Kapan saja kamu mendaftarkan diri akan diterima. Tempatnya di Gontor Putri (GP) 2, bukan di GP 3. Penempatan kampus dilakukan setelah calon santri diterima menjadi santri, lulus ujian seleksi. Kita tidak dapat memilih sendiri kampus pondok, melainkan ditetapkan oleh pengasuh pondok.
      Calon santri lulusan SMA, kelas 1 SMA, kelas 2 SMA, ataupun kelas 3 SMA hanya boleh masuk pondok Gontor melalui kelas 1 intensif KMI. Bahkan pindahan dari pondok yang lain juga akan diperlakukan sama, melalui kelas 1 intensif.
      Salam,
      Imam

  33. asSalamu’alaikum Wr.Wb.
    pak, saya mau tanya kode pos PM Gontor 6 berapa ya pak?
    trusss bgimana caranya kalau wali santri ingin mengirim uang bulanan ke santri
    mohon bantuannya
    wassalam..

    • Ceue Moeds,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pondok Gontor, dimana saja, sudah sangat dikenal oleh kantor pos. Di setiap pondok ada lebih 500 santri/wati tinggal di asrama, sehingga setiap hari selalu ada surat atau paket yang mereka antarkan ke pondok. Tanpa mencantumkan kode pos, insya Allah, kiriman akan sampai ke alamat. Tetapi jika ingin mencantumkan kodeposnya, itu juga lebih baik. Dari internet saya dapatkan Kec. Sawangan, magelang mempunyai kode pos MUNTILAN 56481.
      Pengalaman saya kirim lewat wesel pos sangat mudah dan murah. Saya gunakan wesel pos kilat saja, karena santriwati tidak boleh keluar pondok untuk pergi ke kantor pos. Kiriman wesel dari Bogor ke GP 5 membutuhkan waktu 3 hari.
      Salam,
      Imam

  34. Assalmualaikum wbr,
    Nama saya eddi tinggal d tangerang, sya mempunyai anak namanya Dimas umur sekarang 11 th, sekolah SD kelas 4.
    Yang ingin saya tanyakan, dengan posisi sekrang kelas 4 apakah dapat masuk ke pesantren gontor, karna posisi saat saya khawatir dengan pengawasan dan pengaruh lingkungan dan kalaupun bisa syarat apa saja yang harus saya persiapkan, ini saja pertanyaan dari saya, dan saya sangat mengharapkan sekali dia dapat masuk ke pesantern ini
    wassalammualaikum wbr,

    Hamba Allah
    eddi (087883395520)

    • Pak Eddi,
      Wa alaikum salam wr ab.
      PPMD Gontor hanya menrima santri dari lulusan SD/MI atau SMP/MTs, tidak menerima santri yang belum lulus SD/MI. Jika Pak eddi sangat khawatir dengan sekolah ananda Dimas, masih ada pesantren lain yang menerima santri yang belum lulus SD. Setelah lulus SD, dimas dapat melanjutkan sekolah di PPMD Gontor.
      Semoga penjelasan ini menjawab pertanyaan Bapak.
      Wassalam,
      Imam

  35. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Saya punya keponakan laki-2 kelas 3 SMP. Rencananya setelah lulus SMP mau dimasukkan ke Gontor 3 sama ortunya. Apa saja yang harus dipersiapkan supaya bisa diterima di Gontor 3. Apakah ujian seleksinya tetap dilaksanakan di Gontor 3 Kediri? (saat ini anak tersebut dititipkan pada saya di Tulungagung, sedang ortunya tinggal di Bekasi)

    • Bu Sulis,
      Wa alaikum salam wr ab.
      Semua calon santri Gontor (Gontor Putri) mendaftarkan diri di kampus Gontor 2 atau Gontor Putri 2. Setelah lulus baru ada penempatan santri, yang salah satunya di Gontor 3.
      Kita tidak dapat memilih kampus Gontor tempat anak akan belajar. Semuanya telah menjadi hak dan wewenang pengasuh pondok. Kita walisantri perlu menyadari bahwa apa yang menurut kita baik belum tentu benar-benar baik untuk anak kita. Di awal pendaftaran ada ‘briefing’ dari pengasuh pondok bahwa menyekolahkan anak ke pondok berbeda dengan menyekolahkan anak di sekolah umum. Di pondok pesantren kita wajib menyerahkan semua urusan pendidikan dan pengajaran kepada pengasuh pondok secara ikhlas dan sepenuhnya, termasuk penempatan kampus (sekolah). Kita tidak boleh memprotes hasil penempatan anak kita.
      Wassalam,
      Imam
      Imam

  36. Assalammuallaikum Wr.Wb

    Pak permisi untuk bertanya ,, saya lulusan SMK .. saya berminat masuk gontor ,, yang mau saya tanyakan apakah saya harus masuk tingkatan KMI atau ISID ? kemampuan arab saya sangat minim dan bahasa Inggris juga pas-pasan .. tolong bimbingannya pak .. trims

    Wassalammuallaikum Wr.Wb

    • Muhammad,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Anda berhak mendaftarkan diri ke ISID jika anda lulusan SMA/SMK. Tetapi masalahnya kemampuan bahasa anda tidak cukup untuk belajar di ISID sehingga anda tidak akan dapat lulus ujian seleksi. Semua kuliah, tugas kuliah, dan skripsi dilakukan dalam kedua bahasa tersebut.
      Saya kira sebaiknya anda mendaftar sebagai santri KMI kelas intensif. Anda dapat menghubungi pengasuh pondok Gontor 2, barangkali ada program persiapan ISID yang bertujuan meningkatkan kemampuan kedua bahasa tersebut.
      Wassalam,
      Imam

      • Assalamuallaikum ,
        kalo jurusan gmna pak ?? apa emang hanya fokus ke masalah agama islam atau ada jurusan2 seperti fakultas2 lain ?
        Wassalam

      • Muhammad,
        Wa alaikum salam wr wb.
        Pondok Gontor hanya menyediakan jurusan yang berkaitan dengan Islam, misalnya Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah. Sebaiknya anda mencari info yang lebih lengkap di internet, fakultas apa saja yang tersedia di ISID.
        Wassalam,
        Imam

  37. Assalamualaikum wr.wb.
    Bapak Imambachtiar yang dumuliakan Alloh,ijinkan saya mengajukan pertanyaan:
    Saya mempunyai seorang putri berumur 11 th, duduk di kelas 6, sebentar lagi akan melanjutkan ke jenjang SMP,saya ingin sekali mendaftarkan anak saya ke Pondok Gontor putri,berbagai informasi sudah saya baca,dan kami berharap anak saya akan mendapatkan pendidikan yang baik berguna bagi dunia dan akhirat. Tetapi bapak, selain itu ada beberapa informasi yang membuat saya khawatir dan was2 mengenai kehidupan sosial di pondok pesantren,saya cemas adanya kekerasan baik mental ataupun fisik pada anak saya, mengingat anak kami adalah dambaan dan kebahagiaan kami.Untuk saat ini saya hanya bisa berdoa dan mohon petunjukNya,tetapi karena kami sama sekali tidak mengenal dunia pondok,mohon diberikan informasi yang benar mengenai hal tersebut.terima kasih dan mohon maaf atas kesalahan dan khilaf kami.

    • Ibu Susianis,
      Wa alaikum salam wr ab.
      Pengalaman anak saya di Gontor Putri (GP) 1 dan GP 5, kami tidak menemukan adanya kekerasan. Di pondok memang banyak hukuman untuk mendisiplinkan santriwati. Hukuman tersebut dapat berupa menghafal pelajaran (al Qur’an, hadist), dijemur siang hari menjelang Dzuhur, atau di”pukul” (ringan) dengan sajadah. Saya lihat santriwati yang datang terlambat ke masjid, dipukul ringan dengan sajadah. Tidak ada hukuman yang membuat santriwati sakit. Semua hukuman tersebut bersifat mendidik dan tidak mencederai fisik dan mental santriwati. Kedua anak saya tidak pernah mendapatkan hukuman, walaupun saya malah menganjurkan mereka untuk mencoba mencicipi hukuman tersebut..
      Hukuman yang paling ditakuti oleh santriwati adalah mengenakan jilbab warna orange. Ini biasanya hukuman untuk pelanggaran berat, misalnya membeli nasi goreng di luar pondok. Santriwati yang berjilbab aneh tersebut biasanya merasa malu karena semua santriwati mengetahui bahwa dirinya sedang menjalani hukuman berat.
      Wassalam,
      Imam

  38. Assalamu’alaikum wr wb.

    Pak Imam, saya berencana ingin membiayai anak laki-laki tetangga saya setelah lulus SMP nantinya, untuk masuk ke Pondok Gontor, bagaimana cara pembayaran biaya studynya apakah bisa secara langsung ke Sekretariat/Rekening Pondok Gontor atau harus lewat orang tua anak tersebut. Harapan saya anak tersebut nantinya menjadi kader muslim yang dapat membina generasi di kampung halaman saya untuk menuju generasi Islam yang berkualitas.

    Terimakasih atas jawabannya.

    • Pak Argo,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya tersentuh oleh niat dan kepdulian Bapak terhadap masa depan bangsa ini. Mohon doanya, semoga saya dapat mengikutinya di masa mendatang. Amiin.
      Biaya pendidikan (pendaftaran) tahunan/semesteran (sumbangan pembangunan, buku, perlengkapan pribadi) biasanya dibayar kontan (cash) ketika mendaftarkan diri atau daftar ulang setelah libur semester. Biaya bulanan (SPP dan uang makan/pemondokan) dapat dibayar setiap bulan. Di pondok tidak ada ATM. Pengiriman uang biasanya lewat weselpos Prima (3 hari sampai).
      Cara yang lebih mudah, jika memungkinkan, sebaiknya semua biaya pendidikan dipersiapkan di awal semester (termasuk uang saku. Kebutuhan anak saya biasanya sekitar 5 juta/semester. Uang saku santri dapat disimpan dalam tabungan santri.
      Salam,
      Imam

  39. Anak sy tlh mengalami salah pergaulan padahal baru kls 4 SD. Shg nilai2 sekolah yg tdny bgs jd jelek. Kt guru SD ny sbtlny ank sy mdh mengerti. Bisa kah anak sy diterima di p.Gontor krn sy ingin ank sy belajar spy memiliki akhlak yg baik dan jgn ktgln ilmu umumny. Tlg sy, sy bingung sekali..

    • Ibu Rahma,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Semua calon santri dapat menjadi santri di Gontor asalkan memenuhi standar penerimaan santri. Gontor tidak menerima santri berdasarkan nilai UAN, melainkan berdasarkan hasil ujian di Gontor.
      Membaca penjelasan Ibu, saya pikir memng sebaiknya anak tersebut masuk ke Gontor, dimana setiap hari akan bergaul dengan anak-anak yang sholeh dan sholihah. Apa yang dilihat dan didengar adalah apa yang dipelajari oleh anak.
      Sebaiknya 1-2 minggu setelah UAN anak didaftarkan sebagai calon santri di Gontor 2/Gontor Putri 2. Di sini anak mulai mencoba kehidupan baru dengan segala macam tantangan baru. Semoga anak Ibu dapat menikmati kehidupan di pondok Gontor. Jangan khawatir dengan pengetahuan Islam yang minim. Hampir semua santri di sini belajar dari awal. Sebagian calon santri juga baru belajar membaca al-Quran.
      Salam,
      Imam

      • assalamu’alaikum wr wb

        saya kls 3 smk.. Thn dpn niat saya mau ke gontor.. Tpi ilmu baca quran sya kurang lancar, tajwid kurang pham. saya bru sadar bhwa agama sngat pnting… Apkh jka saya test apkh lngsung d tolak.. So bcaan al quran sya ga lancar… Di tunggu blsan’a?? Trus gontor mana yang bagus??

      • Dian,
        Wa alaikum salam wr wb.
        Semua pendaftaran santriwati dilakukan di Gontor Putri 2, di Mantingan Ngawi. Setelah lulus ujian seleksi nanti akan ditempatkan di pondok yang ditetapkan oleh pengasuh, Kita tidak dapat memilih sendiri pondok tempat kita belajar.
        Tidak perlu risau dengan kemampuan membaca alQur’an. Pada masa persiapan ujian seleksi (di Gontor Putri 2) Dian akan diajar lagi membaca al Qur’an dari Iqra 1. Anak saya yang sudah juz 16 di masjid kampung kami juga disuruh mengulang belajar membaca dari Iqra 1. Ujian seleksi dilaksanakan bulan Juli 2011. Jika memang ingin masuk Gontor sebaiknya Dian langsung ke Gontor Putri 2 setelah ujian nasional sehingga punya waktu cukup untuk mempersiapkan diri di GP2.
        Yang perlu Dian pikirkan adalah masa studi. Dian yang akan jadi lulusan SMK akan doperlakukan seperti lulusan SMP. Belajar bersama mereka selama 4 tahun, hingga lulus KMI (setara SMA). Secara teoritis Dian bisa mendaftar jadi mahasiswa ISID (institut studi Islam darussalam), tetapi kemampuan bahasa Arab dan Inggris akan menjadi penghalang utama. Di Gontor, belajar tidak mengenal usia. Sebagian santri KMI adalah lulusan sarjana, dan banyak juga yang lulusan SMA.
        Salam,
        Imam

  40. Assalamu’alaikum wr wb..

    Saya kls 3 smk. thn dpn brniat ke gontor.. Insya allah.. Tpi sya ga lancar bca quran, tajwid kurang pham.. Apkh hrapan msuk gontor sngat tipis?? Di tunggu jwban’a?

  41. Asalamu’alaikum

    Anak saya sepertinya pobia sama pesantren. entah image dari mana sehingga dia menganggap bahwa mondok di pesantren itu hal yang mengerikan. bahkan beberapa hari yg lalu dia bilang begini, “pokoknya aku ga mau masuk pesantren, titik.”
    nah, saya jadi pesimis, jangan2 setelah saya paksa masuk pesantren dia nantinya tidak betah. yang paling saya khawatirkan ‘kabur’ dari pesantren.
    Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara mengubah pandangan anak saya tersebut? apakah dengan survey ke lokasi bisa mengubahnya.
    Saya ada rencana untuk survey ke Gontor Putri. (Insya Allah liburan sekolah ini). Bagaimana prosedur untuk menjadi tamu di Pesantren ini? apakah tersedia penginapan untuk tamu?
    mohon pencerahannya. Terima kasih

    Wassalamu’alaikum wr.wb.
    Prayitno

    • Pak Prayitno,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya berprinsip, kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada anak kecuali masalah tauhid dan syariah. Pendidikan hanya sebuah pilihan. Selama yang diinginkan anak baik untuk masa depannya, saya akan berusaha untuk mendukungnya.
      Mengajak anak ke pondok merupakan ide yang sangat baik untuk menjajagi keinginan anak. Apakah dia masih tidak ingin ke pondok ataukah dia berubah pikiran. Ini cara yang sangat bijak untuk memperkenalkan kehidupan pondok dengan suka dan dukanya.
      Di Gontor Putri 2 ada Balai Penerimaan Tamu (Bapenta) dimana walisantri biasanya menginap jika menjenguk santriwati. Bapenta adalah sebuah ruangan ukuran sekitar 6×10 meter. Di sini kita tidur dengan alas apa adanya tanpa biaya, kecuali yang membawa kasur sendiri. Dari Bapenta kita dapat melihat langsung kehidupan sehari-hari para santriwati. Jika ingin penginapan yang lebih nyaman, banyak rumah di depan pondok yang menyewakan kamar dengan tarif 50-70 ribu semalam. Informasi rumah oenginapan dapat dicari di warung-warung makan.
      Selamat mencoba.
      Salam,
      Imam

  42. Assalamu’alaikum wr wb..
    Saya kls 3 smk. thn dpn brniat ke gontor.. Insya allah.. Tpi sya ga lancar bca quran, tajwid kurang pham.. Apkh hrapan msuk gontor sngat tipis?? Di tunggu jwban’a?

    • Dian,
      Semua pelajaran tersebut akan diajarkan di dalam pondok. Yang terpenting di Gontor adalah semangat untuk belajar.
      Pendaftaran pertama adalah pendaftaran calon santriwati. Dian akan menjalani ujian penempatan, untuk menempatkan santriwati pada kelompok belajar yang setara. Setelah belajar selama masa persiapan akan dilakukan ujian seleksi (bulan Juli 2011). Semakin cepa mendaftarkan diri semakin lama mengikuti pelajaran persiapan. Pada ujian seleksi ini santriwati yang kemampuannya kurang tidak dapat lulus. Dia masih boleh belajar lagi di pondok selama bulan Ramadhan. Pada bulan Syawal (habis lebaran) ada ujian seleksi gelombang kedua. Jika santriwati masih belum juga lulus maka dia boleh tetap tinggal di pondok untuk belajar sebagai calon santriwati dan baru akan ikut ujian seleksi tahun berikutnya.
      Jadi yang penting hanyalah semangat belajar. Di kampus podnok Gontor selalu ada tulisan “Apa yang kau cari di Gontor?”. Dian harus dapat menjawab pertanyaan itu sebleum mendaftarkan diri.
      Salam,
      Imam

  43. Maaf lupa ngsih tau saya cwo bkan cwe… Makasih ya pak info’a jdi smakin pd. Oh iya? Gontor yg d jatim sama gontor jateng sama ga pak… Bwt santri putra bgus’a gontor mana?..

    • Dian,
      Wa alaikum slam wr wb.
      Maaf saya kurang cermat membaca nama anda.
      Semua pendaftaran santri di kampus Gontor 2, Ponorogo. begitu mendaftarkan diri santri tidak boleh keluar pondok. Setelah ujian seleksi (Juli 2011) akan ada penempatan bagi yang lulus disebar ke sejumlah pondok Gontor yang ada di Jawa. Masing-masing pondok mempunyai keunggulan sendiri. Kita tidak dapat memilih pondok yang kita inginkan. Semuanya diserahkan kepada pengasuh pondok. Belajar di pondok harus ikhlas mentaati semua peraturan karena semua yang diberikan di pondok adalah bekal yang sangat baik bagi masa depan santri.
      salam,
      Imam

  44. 1 lagy pak?.. Calon santri yg ga lu2s msih bsa tnggal d pondok.. Perlakuan guru ke calon santri sama ga sama santri yg lulus…
    Sblum’a makasih pak smoga anak bapak blajar’a bisa sampai tamat.. Amin..

  45. 1 lagy pak?.. Calon santri yg ga lu2s msih bsa tnggal d pondok.. Perlakuan guru ke calon santri sama ga sama santri yg lulus…
    Sblum’a makasih pak smoga anak bapak blajar’a bisa sampai tamat.. Amin..

    • Dian,
      Terima kasih atas do’anya.
      Setahu saya santri KMI kelas intensif ada yang berasal dari lulusan SMP, lulusan SMA, dan juga luusan S1. Semua santri KMI tersebut akan diperlakukan sama. Jika ada ustadz yang memberikan perlakukan berbeda, maka si ustadz atau si santri dapat dipindahkan ke pondok Gontor yang lain.
      Jika ada santri yang belum lulus ujian seleksi kemudian menetap di pondok Gontor 2 (tahmidi), dia akan mempelajari pelajaran dasar (persiapan) dan pelajaran kelas 1 intensif. Jika tahun berikutnya dia dapat diterima menjadi santri KMI intensif, dia sudah jauh lebih siap daripada santri yang baru masuk sehingga dia dapat belajar lebih cepat. Jika dia menunjukkan prestasi yang ‘luar biasa’ dia dapat saja memperoleh kesempatan untuk lompat kelas.
      Gontor sangat menghargai santri yang belajar keras, kejujuran, dan keadilan. Semua santri diwajibkan untuk belajar keras. Siapa yang lebih banyak belajar akan mendapat ilmu lebih banyak dan mungkin dapat lulus lebih cepat.
      Dian perlu membaca novel “Negeri 5 Menara” dan “ranah 3 warna”, agar dapat memahami Gontor dengan lebih baik.
      Salam,
      Imam

  46. Pak Imam Bachtiar, Assalaamu alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
    Saya Berasal dari Batam Kepulauan RIau, dan saya punya putra yang sebentar lagi menghadapi UJian Nasional Mei 2012 ini. Insya Allah dengan Baca Bismillah ada niat mengantar putra saya menjadi santri di Gontor awal Bulan JUNI 2012, tapi saya tidak tahu sama sekal cara menuju kesana. kalo dari Surabaya Pake Apa ? dan Kalo dari Jogja dengan apa ? sehingga bisa sampai ke tempat tujuan sebenarnya yaitu ke GONTOR. Persiapan2 lainnya mungkin saya boleh mempelajarinya dari tulisain Bapak diatas. Justru yang menjadi masalah masalah Transfortasi dan akomodasi. Terima kasih Pak Imam Sebelumnya. Wassalam

    • Pak Said,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya di blog saya.
      Transportasi menuju Pondok Gontor 2 (tempat pendaftaran santri baru) di Ponorogo sangat mudah, walaupun saya belum pernah ke sana. Dari bandara Surabaya naik bis atau taksi ke terminal bis Purabaya (Bungurasih). Di terminal ini banyak pilihan bis yang jurusan Ponorogo, baik ekonomi, ekonomi ber-AC, maupun Patas. Salah satu yang armadanya banyak adalah bis Restu.
      Saya masih bingung dengan bandara Yogya, bagaimana dari bandara ke terminal bis. Memang selalu ada taksi tetapi tentu biayanya agak mahal. Di terminal bis Yogya juga ada bis jurusan Ponorogo, sehingga tidak ada kesulitan transportasi dari Yogya.
      Dari terminal bis Ponorogo, Bapak insya Allah dengan mudah mencari angkutan kota/desa menuju Pondok Gontor 2. Setiap orang di terminal dapat memberi informasi kendaraan mana yang menuju ke Gontor 2, karena setiap hari ratusan orang menuju ke Pondok Gontor 2. Pendaftaran calon santri di Gontor 2 sekitar 2000-an siswa setiap tahun.
      Akomodasi juga mudah didapatkan di sekitar pondok. Banyak rumah penduduk yang menyewakan kamar sederhana untuk para tamu pondok, dengan tarif yang murah. Jika berkenan kumpul dengan walisantri lainnya, kita juga dapat tidur di Balai penerimaan Tamu (bapenta) secara gratis dan berjubel banyak orang. Pada masa pendaftaran memang sagat banyak orang di pondok, tetapi jika untuk sekedar tidur insya Allah selalu ada solusinya. Semakin cepat mendaftar semakin baik, sebelum ribuan orang memadati pondok.
      Insya Allah bapak tidak akan menemui kesulitan dalam perjalanan. Amiin.
      Salam,
      Imam

    • Nila,
      Wa alaikum salam wr wb.
      KMI (sekolah 6 tahun) Pondok Gontor Putri (GP) mempunyai kurikulum yang berbeda dengan sekolah atau pondok lainnya. Standar kenaikan kelas atau kelulusan GP juga berbeda. Jika Nila pindah dari Klas 2 atau Kelas 3 akan tetap diperlakukan sama dengan yang baru lulus SD, akan masuk KMI kelas 1. Jika Nila masuk pondok sebagai lulusan SMA juga akan diperlakukan sama dengan lulusan SMP, akan masuk kelas intensif KMI.
      Singkatnya, GP tidak menerima siswa pindahan sekolah atau pondok lain, melainkan menerima santri baru.
      Salam,
      Imam

  47. Assalamualaikum wr wb pak imam…..,, saya mau tanya,, kebetulan ank saya putri SMP kls 1 sekarang, rencana mau saya pindahkan ke gontor bln desember ini,berarti akan masuk kelas persiapan ya? dan selama menunggu tes bln sya’ban, di kelas persiapan apa aktifitasnya sama dengan santri yg sudah di terima? kira2 apa tidak terlalu lamu menunggu sampai bln sya’ban? apa nanti banyak temannya di kelas persiapan jika saya masukkan bln desember ini?terimakasih sebelumnya pak atas penjelasannya….wassalamualaikum…

    • Ibu Atik,
      Mohon maaf saya tidak dapat menjawab secara tepat pertanyaan Ibu. Pada awalnya saya kira Gontor Puti 2 (GP 2) menerima calon santri sepanjang tahun. Ada juga informasi lain yang mengatakan bahwa pendaftaran calon santri baru dibuka setelah ujian nasional. Saya kira sebaiknya Ibu menelpon dulu pengasuh GP2 untuk memastikan hal ini.
      Jika yang pertama yang benar maka selama kegiatan persiapan calon santriwati akan mengikuti pelajaran sesuai dengan kemampuan awalnya, bersama-sama teman sekelas yang kemampuannya hampir sama. Ujian calon santri ketika pendaftaran adalah untuk mengelompokkan mereka ke dalam kelas yang relatif homogen. Menurut anak saya, di GP2 sekarang ini juga ada sebagian santriwati yang tahmidi, yaitu belum lulus dalam penerimaan tahun lalu dan menetap di pondok untuk persiapan Sya’ban nanti. Jika putri Ibu mendaftar bulan Desember maka akan belajar bersama calon santriwati yang tahmidi.
      Semakin lama seorang calon santriwati mengikuti kegiatan persiapan akan semakin baik. Ilmunya dia yang lebih banyak daripada teman yang datang kemudian akan membantunya mendapatkan kelas yang lebih tinggi kemampuannya dan memberikan peluang bagi dirinya untuk dapat lompat kelas. Masalahnya adalah apakah GP2 menerima calon santriwati pada bulan Desember? Saya tidak dapat menjawabnya.
      Jika ada ustadz atau ustadzah yang membaca blog ini, mohon diklarifikasi.
      Salam,
      Imam

    • Heru,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Penempatan santri merupakan hak prerogatif pengasuh pondok. Kita tidak boleh memilih ke pondok yang mana kita akan belajar. Mudah dipahami jika dari 2000 santri ada 1000 santri yang menentukan sendiri pondok yang mereka inginkan, maka pengasuh pondok akan sangat sibuk mlayani mereka, tidak punya waktu lagi untuk mendidik santri.
      Salam,
      Imam

    • Nila,
      Para santri di Gontor dididik untuk dapat berteman dan bekerjasama dengan siapa saja. Kita tidak dapat memilih sendiri teman sekamar atau teman sekelas. Setiap 6 bulan teman sekamar akan berganti, setiap tahun teman sekelas akan berganti juga. Di sini santri tidak dapat berteman hanya dengan seseorang saja. Jika seorang santri hanya berteman dengan orang tertentu saja, maka dia dapat dipindahkan ke kampus pondok Gontor yang lainnya.
      salam,
      Imam

  48. Assalammualaikum,

    Ada hal yang ingin saya tanyakan mengenai Gontor. Putra saya saat ini duduk di kelas VI di SD Al-Khairaat Condet Jakarta Timur. Saya berencana memasukkan putra saya di Gontor setelah lulus.

    Pertanyaannya adalah berapa lama ia harus menjalani pendidikan di Gontor kalau ingin sampai setaraf SMA? Dan apakah setelah lulus gontor anak saya bisa mendaftar di Perguruan Tinggi negeri di Indonesia?

    Semoga Pak Imam dan keluarga dalam lindungan Allah Swt. Terimakasih sebelumnya sudah memberikan informasi tentang Gontor melalui pengalaman pribadi Pak Imam sebagi wali.

    Syukron,

    Ibu Bintang

    • Ibu Bintang,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Terima kasih atas doanya dan kunjungannya ke blog saya.
      Santri lulusan SD/MI akan menempuh pendidikan KMI selama 6 tahun, ditambah 1 tahun pengabdian. Dalam masa pengabdian santri akan mengajar di sebuah pondok/sekolah Islam. memang perlu waktu lebih lama dari sekolah biasa, tetapi waktu tersebut tidak terbuang percuma. Santri lulusan KMI memiliki ilmu yang jauh berbeda dengan lulusan SMA biasa.
      Sebagian alumni Gontor telah belajar di UI, IPB, ITB, UGM, AKABRI dan sebagainya. Semuanya sangat tergantung pada masing-masing santri. Jika dia ingin kuliah di PTN non-keagamaan maka dia harus mempersiapkan dirinya ekstra keras. setiap santri Gontor dididik untuk biasa belajar keras dan bekerja maksimal.
      Wassalam,
      Imam

    • Nila,
      Ketika calon santri mendaftarkan diri, dia mengikuti tes penempatan yang terdiri atas: shalat, baca al-Qur’an, imla (menulis Arab dari kata yang didiktekan ustadzah), bahasa Indonesia, dan berhitung angka. KMI (kuliyatul mualimat al islamiyah) artinya kira-kira kuliyatul=sekolah, mualimat=wanita yang berilmu, islamiyah=tentang islam.
      Salam,
      Imam

  49. Assalamu’alaikum,Bapak Bachtiar Yth, Subhanalloh..info Gontor yang saya cari-cari ada di Blog ini,,Seharusnyalah saya yang jarak rumah dengan Gontor tak menghabiskan perjl.waktu 5 jam tahu banyak ttg Gontor.tetapi saya sungguh tertinggaljauh, sampai ketika ada berita dari rekan bahwa kalau sudah masuk Pondok maka beayanya sampai 50 juta menjadikan saya hendak mengurungkan niat memasukkan anak putri saya ke Gontor,
    Selain jumalh beaya pendaft. yang kami tahu, apakah sekitar berapakah beaya-beaya selama masa santri nanti? atas jawaban Bapak syukron khatsiir,Wassalam

    • Bu Siti Fathonah,
      Jumlah uang yang boleh dipegang oleh seorang santri dalam seminggu dibatasi di Pondok Gontor. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi perbedaan antara si kaya dan si miskin. Di minggu-minggu awal seorang santri hanya diperkenankan membawa uang rp 50 ribu per minggu, agar santri dapat mandiri mengelola uang untuk kebutuhannya.
      Saya tidak ingat berapa besar biaya secara detail. Setiap awal semester kami memberi uang kepada anak kami sekitar 5 juta untuk kebutuhan satu semester. Karena rumah kami jauh, kami membayar semua biaya (makan+SPP+ buku+infaq+dll.) selama satu semester di awal semester.Uang tersebut biasanya termasuk uang saku anak selama beberapa bulan. Anak saya di Gontor Putri 5 diberi uang saku sekitar rp 200 ribu per bulan, yang disimpan di dalam tabungan Santri (Tabsan). Uang saku tersebut biasanya cukup. Uang saku bulan-bulan berikutnya kami kirimkan lewat wesel pos (3 hari). Jika ada sepatu atau baju yang hilang, kami memberinya uang tambahan. Perkiraan saya, setiap semester biaya total di bawah Rp 6 juta, di luar tiket pesawat.
      wassalam,
      Imam

  50. Assalamu’alaikum,Pak…senang bisa mendapatkan informasi cukup banyak tentang Gontor melalui blog Bapak.Saya dari Bolaang Mongondow,Sulawesi Utara,Insya Allah,saya berencana memilih Pondok Gontor Putri 1 untuk anak saya yang Insya Allah lulus SD tahun depan.Hanya saja, dari segi kelancaran menulis Al-Quran,anakku belum terlalu mahir.Prtanyaan saya, apa dalam ujian masuk semua pendaftar yg belum lancar tsb, kecil kemungkinan untuk bisa diterima?prtanyaan yang kedua, setelah menempuh pendidikan di Gontor selama 3 atau 6 Tahun,apakah Pondok Gontor juga menyelenggarakan Ujian Nasional setingkat SMP/SMA?Syukron Katsiran atas infonya

    • Ibu Fitriyah,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pelajaran menulis Arab akan diajarkan pada masa persiapan, waktu antara pendaftaran santri dengan ujian penerimaan santri. Ketika didaftarkan semua calon santri diterima dan dia akan mengikuti semua tes (termasuk menulis Arab). Semakin lama masa persiapan semakin banyak ketrampilan menulis Arab. Penerimaan santri/wati Gotor dilakukan pada bulan Sya’ban. Biasanya calon santri yang tekun belajar lebih mudah diterima pada ujian seleksi bulan Sya’ban (Juli 2012).
      Lama pendidikan di Pondok Gontor 6 tahun (ditambah 1 tahun pengabdian), sehingga tidak ada ijasah SMP. Pondok tidak melaksanakan ujian nasional. Jika santri/wati ingin melanjutkan kuliah di PTN umum maka dia dapat mengikuti Ujian Nasional paket C (setara SMA) ketika sedang menjalani masa pengabdian, jika memang diperlukan.
      Di Pondok Gontor/Putri kita tidak dapat memilih kampus tempat belajar anak kita. Penempatan santri sepenuhnya ditentukan oleh pengasuh pondok.
      Semoga menjawab pertanyaan Ibu Fitriyah. Terima kasih kunjungannya di blog ini.
      Wassalam,
      Imam

  51. Assalamu’alaikum wr.wb.
    semoga pak Imam dlm keadaan sehat wal afiat…
    tahun ini anak sy duduk di kelas V, rencananya tgl 23 desember nanti sy akan mengajak mereka berlibur ke gontor 2 putra untuk survey. untuk tempat tinggal Insya Alloh kami ada tempat kerabat di pulung, yang ingin saya tanyakan untuk benar2 mengenalkan suasana pondok apakah kami memang harus bermalam di areal pondok (BAPENTA) atau cukup bertandang dari pagi hingga sore hari saja?
    Bila putra kami berkeinginan masuk ke sana berarti pada sya’ban tahun 2012/ 1433H kami sdh harus mendaftar y pak atau sya’ban tahun 2013/ 1434H, mengingat juli 2012 anak kami baru naik kelas VI. mohon infonya pak terimakasih banyak…., semoga Alloh memberkahi kehidupan bapak dan keluarga karena sudah berbaik hati membagi banyak informasi penting. Wassalam….

    • Bu Eva,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Terima kasih doa dan kunjungannya di blog ini.
      Untuk mengenali suasana pondok tidak harus menginap di Bapenta, tetapi sebaiknya mengamati kegiatan santri/wati dari Bapenta. Di sini, kita dapat melihat kegiatan santri/wati di Gontor/Putri 2 dari Subuh hingga Isya atau bahkan pukul 22:00 malam hari. Setelah itu Bu Eva dapat pulang ke rumah kerabat dengan pengamatan yang lengkap. Selama menunggu anak yang menjadai santri di Gontor 2, para walisantri biasanya saling berkenalan dan berbagai pengalaan tentang anak masing-masing.
      Jika putra Ibu masih kelas V sekarang, berarti baru pada tahun 2013 dia dapat mendaftarkan diri ke pondok Gontor. Masih cukup banyak waktu untuk memberikan penjelasan kepada anak bagaimana kehidupan di pondok dan manfaatnya bagi masa depannya.
      Salam,
      Imam

    • Ana,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sebaiknya kamu mendaftarkan diri segera setelah menyelesaikan Ujian Nasional. Pendaftaran calon santriwati tdk butuh ijasah. Pada saat pendaftaran ulang nanti (Syawal) baru diperlukan fotokopi ijasah. Yang diperlukan pada pendaftaran calon santriwati adalah akte kelahiran, kartu keluarga, raport, dan pas foto.
      Setelah terdaftar sebagai calon santriwati, kamu akan tinggal di Pondok Gontor Putri 2 sampai sekitar tanggal 10 Ramadhan. Sekitar 10 hari sebelum ramadhan akan diadakan ujian seleksi santri/wati. Semua santriwati yang telah diterima (lulus ujian seleksi) boleh pulang kampung untuk liburan Ramadhan dan Idul Fitri. Santriwati kembali ke pondok untuk mendaftar ulang sekitar tanggal 10 Syawal, dan santriwati baru harus menunjukkan fotokopi ijasah.
      Bagi santriwati yang belum lulus ujian gelombang pertama masih diperbolehkan tinggal di pondok selama bulan Ramdhan sampai ujian sleksi gelombang kedua. Bagi santriwati (lulus ujian)yang rumahnya jauh (luar Jawa) yang ingin tetap tinggal di pondok juga diperbolehkan. Fotokopi ijasah mereka dapat dikirimkan lewat pos.
      Semoga menjawab pertanyaanmu.
      Salam,
      Imam

  52. terimakasih atas penjelasannya pak Imam…, satu lagi yang ingin saya tanyakan pak…, mindset seperti apa yang harus kita bangun baik di anak maupun di keluarga? mengingat pertanyaan yang kami terima saat kami mengutarakan maksud menyekolahkan anak ke pondok adalah….emang nantinya nih anak mau jadi apa…??? mohon bimbingan untuk goal nya nanti anak kami ini sebaiknya di arahkan menjadi apa pak setelah keluarnya dari pesantren? mengingat ini generasi pertama yang akan mengenyam pendidikan di pesantren dalam keluarga besar kami.

    ada stigma bahwa anak masuk pesantren karena nakal, karena ingin menyelamatkan anak dari lingkungan yang tidak baik, ada lagi karena tidak mampu membekali ilmu agama. nah kami sebagai ortu menginginkan anak masuk ke pesantren agar kelak nanti bisa menjadikan insan2 profesional yg sholeh dengan pondasi agama yg kuat, apakah ada yang kurang benar dari niat kami pak…?? mohon arahan….

    • .Ibu Eva,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sekarang saya sedang bingung karena anak kami (NTB) minta pindah sekolah. Mohon maaaf jawaabannya terlambat.
      Saya yakin alumni Gontor dapat berprofesi sebagai apa saja yang mereka inginkan. Jadi PNS bisa karena dilatih jadi pemimpin, jadi pengusaha juga sudah dilatih di pondok. Yang membedakan dari yang lain bahwa mereka dilatih untuk berakhlak al-Quran, berani hiduo sederhana tetapi ingin kaya agar banyak bermanfaat.
      Jadi mindset yang perlu dibangun adalah apapun profesinya akhlak karimah menjadi tujuan utama. Berani memimpin dan bersedia dipimpin. Memang pengajaran di pondok Gontor agak kurang di bidang sains dibandingkan sekolah umum. Jika santri punya keinginan kuliah dibidang sains maka dia harus menbah jam belajar ekstra di biang itu untuk dirinya sendiri. Jika dia punya motivaasi yang kuat maka dia dapat masuk ke bidang sains di UGM ataupun PTN favorit lainnya, sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh sebagian amni Gontor sebelumnya.
      Salam,
      Imam

  53. assalamu’alaikum wr.wb.
    bapak rencananya saya mau memasukkan adik saya dipondok gontor…………..
    untuk tes dan pendaftaran tahun 2012 bagaimana ya???????????
    kemudian apakah bisa jika meminta ditemptkan dpondok yang alamtanya di ponorogo (pomdodk gontor 1)
    syukron…
    wassalam……………

    • Hafizah,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pertanyaanmu sudah sering dijawab di blog ini. Silahkan lihat lagi komentar dan jawaban yang adasebelumnya.
      Pendaftaran dibuka setiap saat, sebaiknya setelah ujian selesai. Syaratnya ada di blog ini juga.
      Kita tidak dapat memilih pondok tempat belajar, karena haknya pengasuh pondok.
      Salam,
      Imam

  54. Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Anak saya saat ini kelas VI SD dan sudah siap/berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke Gontor. Saya sudah membaca dengan rinci persyaratan umum+khusus yg harus dimiliki anak bila ingin lulus masuk ke PM Gontor. Yg jadi permasalahan saya saat ini, mengingat kondisi anak saya hanya bisa mengaji tingkat dasar+pengetahuan agama yg umum2 saja…(saya ajarkan sendiri di rumah setiap ba’da maghrib), apakah ada kemungkinan tidak lulus/tidak diterima ke PM Gontor? Bila tidak lulus tes ke salah satu PM Gontor apa artinya tidak lulus juga ke PM Gontor di daerah lain? Mohon bantuannya karena saya+anak sudah niat ingin ke Gontor.

    Terima Kasih penjelasannya..

    • Ibu Triana,
      Pendaftaran santri baru hanya melalui satu pintu di Gontor 2 atau GontorPutri2. Jika tidak diterima di kedua kampus Gontor tersebut berarti tidak dapat diterima di semua kampus Gontor lainnya.
      Kemampuan awal calon santri tidak perlu dikhawatirkan. Yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan mereka sesegera mungkin sehingga punya lebih banyak waktu mempersiapkan diri.
      Salam,
      Imam

  55. Assalamualaikum…
    Semoga kita semua senantiasa diberikan rahmat, hidayah, dan perlindungan dari Allah SWT, amin.

    Saya ingin bertanya soal pendaftaran di Pondok Pesantren Modern Gontor.
    Saya memiliki saudara sepupu yang berdomisili di Malaysia, sebelum dia melanjutkan studi ke University di Malaysia, dia ingin memperdalam ilmu agama selama lebih kurang 8 bulan terlebih dahulu. Apakah ada paket yang di tawarkan oleh Ponpes Modern Gontor untuk saudara saya ini? Mohon informasinya, terima kasih.

    Jazakumullah..

    • Maeda,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Setahu saya tidak ada paket program sebagaimana yang anda tanyakan. Di Gontor hanya ada program KMI dan ISID. Masih banyak pondok pesantren lain yang mungkin mehyediakan paket nyantri 8 bulab atau sejenisnya.
      Salam,
      Imam

    • Pak Rizky,
      Wa alaikum salam wr wb
      Calon santri dari kelas IX mengikuti Kelas Intensif KMI. Pendaftaran sebenarnya dibuka srpanjang tahun. Sebaiknya segerabmendaftar setelah ujian agar lebih lama mengikuti program persiapan ujian seleksi. Tidak perlu menunggu ijasah, karena ijasah diperlukan pada saat pendaftaran ulang bulan Syawal.
      Salam,
      Imam

      • Pak Rizky,
        Wa alaikum salam wr wb.
        Setelah sawntri/wati didaftarkan ke pondok Gontor, maka ia tidak boleh lagi meninggalkan pondok tanpa ijin, sehingga ia tidak ddapat mengikuti ujian nasional. Sebaiknya didaftarkan setelah ujian nasional.
        Salam

  56. Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

    Saya Erwan Neri,beralamat Binjai – SUMUT.
    Anak laki-laki saya saat ini duduk di kelas VI SD, insya allah akan Lulus pada bulan April 2012. Ada keinginan setelah tamat sekolah anak kami ingin melanjutkan ke Pondok Pesantren Gontor.
    Saya ingin menanyakan kepada Bapak/Panitia, Kapan mulainya penerimaan Santri Baru priode 2012/2013 ?
    dan persyaratannya apa saja ?
    Terimaksih…..
    wassslam,,,,,,,

    • Pak Erwan,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Syarat oendaftaran sudah ada tercantum di dalam blog ini.
      Ijasah udiperlukuan pada shvaat pedaftaran ulang (bulan Syawal), setelah calon santri dinyatakan lulus ujian sekeksi masuk. Pendaftaran dibuka sepanjang atahun. Sebaiknya tidak perlu menunggu ijasah karena akan ketinggalan kegiatan persiapan di Gontor (Putri) 2.
      Salam,
      Imam

  57. pak saya mau bertanya nih!,nanti kalau saya sma bisa masuk kesitu gk pak?
    dan apakah kita harus bisa bahasa arab sepenuhnya..

    • Alif,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pindahan SMA atau alumni SMA dianggap sama dengan lulusan SMP/MTs.
      Alif dapat masuk ke pondok Gontor bersama ulusan SMPMTs lainnya. Penggunaan bahasa Arab/Inggris diberlakukan secara bertahap, mulai tahun kedua.
      Slam,
      Imam

  58. terima kasih ya pak,atas jawaban yang telah bapak jabarkan kepada saya pak…

    insyaallah apabila ada yang kurang jelas lagi saya akan bertanya kepada bapak,

    wassala mualaikum wr. wb.

    salam alif fathurrachman ramadhan,tangerang selatan.

  59. pak, saya mau daftar cuma plajaran agama di bidang tajwid, hafalan, dan bahasa arab saya rendah, kalo baca tulis Al-Qur’an juga masih standar (ga cepet-cepet banget)jadi gimana ya???

    • Farkhan,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sebagian besar calon santri di Gontor datang dengan bekal minimal. Hampir semuanya belajar dari nol lagi. tidak perlu khawatir dengan kemampuan awal. Anak kedua saya di rumah sudah belajar al-Qur’an juz 15, di Gontor dia memulai belajar dari Iqra’ 1 kembali. Siapa yang tekun belajar akan mendapatkan apa yang diinginkannya, insya Allah.
      salam,
      Imam

  60. Assalamu’laikum wr.wb.
    Kaefa halek..ya Ustadz.?
    afwan ustadz liburan/izajah santri dalam setahun berapa bulan.?
    jazakalloh khair.

    • Pak Abu,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Dalam setahun santri Gontor libur 60 hari, yaitu 10 hari di bulan Maulid dan 50 hari di bulan Sya’ban-Ramadhan-Syawal. Selain hari libur santri dilarang pergi dari pondok kecuali sakit yang membutuhkan pertolongan dokter di luar.
      Salam,
      Imam

    • Pak Ikhsan,
      Wa alaikum salam wr wb,
      Harga itu belum diupdate dengan harga sekarang, kemungkinan ada kenaikan 10 ribu. Jumlah tersebut memang untuk uang pemondokan (kamar dan makan) dan uang pendidikan (SPP).
      Salam,
      Imam

  61. Assalamua’alakum pak ustad,..saya mau tanya ,anak sy perempuan skrg msh kls 6 SD,sy berniat memasukkan ke pondok pesantren gontor,nah waktu dan tempat pendaftaran buat calon santri putri di mana..?terus apakah di jamin bs di terima..?apakah bs mendaftar on line,berhubung saya dari luar pulau.

    • Ibu Nuryl,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara langsung tatap muka di Gontor Putri 2 Mantingan Ngawi. Semua bis siang maupun bis malam yang melewati jurusan Jogja atau Solo ke Madiun atau Surabaya akan menurunkan kita tepat di depan pondok.
      Setiap calon sanri yang mendaftar akan diterima asalkan punya kelengkapan administrasi, misalnya kartu keluarga, fotokopi raport, akte kelahiran, dan pas foto. Pada saat ujian seleksi di bulan Sya’ban sebagian calon santriwati yidak lulus sehingga tidak dapat diterima. Dia masih boleh tinggal di pondok untuk ikut ujian gelombang 2 bulan Syawal. Jika gagal lagi, dia boleh tinggal di pondok setahun untuk belajar sambil menunggu pendafataran santri tahun berikutnya.
      Salam,
      Imam

  62. Assalamualaikum Pak Imam……
    Alhamdulillah anak saya yg lulusan SD sudah masuk di gontor putri sebagai calon pelajar sejak tgl 1 januari. atas kemauannya sendiri & langsung saya tinggal pulang karna saya punya tanggungan bayi yg baru lahir ,…tapi ada yg sedikit merisaukan saya, baru seminggu disana ank ku sudah tertular kutu rambut & penyakit kulit….,,kira2 apa solusinya ya pak, utk Bapak yg sudah lebih berpengalaman mempunyai ank yg lama di pondok,,karna saya jauh di jakarta, kalau tlp ank jd agk miris & bingung…”,terima kasih sebelumnya atas jawabannya,,

    • Ibu Atik,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Kutu rambut merupakan masalah utama bagi seluruh santriwati, sedangkan penyakit kulit diderita oleh sebagian kecil santriwati. Kutu rambut dapat dikurangi dengan serit atau sisir khusus kutu rambut. Penyakit kulit dapat dikurangi dengan membilas badan menggunakan larutan Detol. Setelah mandi santriwatinmembilas badannya dengan larutan Detol di ember.
      Walisantri Gontor punya group di Facebook dengan nama Walisantor. Ibu yang rumahnya jauh dapat minta bantuan kepda walisantor yang sedamg mengunjungi anaknya.
      Salam,
      Imam

  63. assalamualaikum pak imam..
    saya punya seorang anak perempuan yg masih SD KELAS 6, sangat berkeinginan masuk di pondok gontor,,
    nah di mana tempat pendaftaran calon sanRtiwati dan kapan waktu yg tepat.
    apakah pasti di terima setelah mendaftar dan membayar semua biaya pendaftaran..
    mohon penjelasannya mengingat bapak adalah walisantri perempuan..terimakasih

    • Ibu Nuryl,
      Pendaftaran tidak dapat dilakukan secara online, walisantri harus mendengarkan briefing dari pengurus pondok agar tidak salah pilih sekolah. Sebagian walisantri memang belum memahami pondok Gonyor sehingga kehadiran mereka sangat diperlukan. Waktu yang baik untuk mendaftarkan diri adalah setelah ujian nasional. Pendaftaran calon santriwati tidak membutuhkan ijasah. Ijasah akan diperlukan pada saat pendaftaran ulang, yaitu setelah calon santriwati dinyatakan lulus ujian seleksi, bulan Syawal.
      Salam,
      Imam

    • Ibu Nuryl,
      Pendaftaran sebaiknya dilakukan begitu ujian nasional selesai dilaksanakan. Pendaftaran calon santri atau calon pelajar tidak membutuhkan ijasah. Ijasah akan diperlukan pada bulan Syawal, pada saat pendaftaran ulang, setelah calon santriwati finyatakan lulus ujian seleksi.
      Pendaftaran online tidak fapat dilakukan. Walisantri harus mengerti keunikan pondok Gontor sehingga perlu hadir dalam briefing agar tidak salah memilih sekolah di Gontor.
      Salam,
      Imam

    • Dinda Dwi,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran calon santriwati (calon pelajar) Pondok Gontor dibuka sepanjang tahun. Sebagian besar calon santri mendaftarkan diri setelah ujian (bulan Juni-Juli). Sebaiknya daftar setelah ujian nasional, jangan menunggu ijasah keluar.
      Salam,
      Imam

  64. assalamualaikum ustad,sy dr surabaya.,sebagai wali calon santriawati,sy ingin mengajak anak sy ke pondok putri 2 di ngawi,supaya dia tdk kaget nanti dg suasana barunya..apakah boleh hanya ingin lihat2 dulu suasana di pondok tersebut?siapa yg akan kami temui di sana nanti?.terima kasih.

    • Ibu Nuryl,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya bukan pengasuh pondok, melainkan (mantan) walisantiwati.
      Bu Nuryl dapat langsung ke kampus Gontor Putri 2 di Mantingan. Jika nyaman boleh juga menginap di Balai penerimaan tamu (bapenta) tidur dalam ruangan besar bersama-sama dengan walisantriwati yang sedang berkunjung. Putri Ibu juga boleh ikut tidur di sana. Tinggal di bapenta dapat mengrobservasi kegiatan santri dalam 24 jam. Tinggal di luar pondok juga dapat dilakukan di rumah penduduk depan GP2, tetapi tidak dapat observasi dan mengalami langsung jadwal kegiatan santri di pondok. Alternatif lain, tinggal di Wisma latansa atau Wisma kartini keduanya ada di P1, yang kampusnya berdampingan dengan GP2.
      Kunjungan ke pondok boleh dilakukan kapan saja. Jika ingin mendapatkan informasi lebih banyak dapat berdiskusi dengan ustadzah pengasuhan ataupun direktur GP2. banyak keluarga yang berkunjung dulu observasi di GP 2 sebelum memutuskan mendaftarkan anaknya.
      Salam,
      Imam

  65. Assalamu’alaikum,

    Siang ini, saya insya Allah berangkat dari Karawang Jawa Barat menuju PP. GONTOR ponorogo, setelah tadi pagi mengantar survey di PP. ALBINA bekasi. Semoga Allah berikan petunjuk untuk memilihkan yang terbaik, untuk dien, dunia illa akhirat. “ilmu yang manfaat, barokah. Amiin.

    • Pak Mustain,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Selamat melaksanakan survey Pak, semoga Bapak dapat segera menemukan pondok yang dibutuhkan. Sebagai orangtua kita memang wajib membetikan yang terbaik yang mampu kita siapkan untuk pendidikan penerus kita. Semoga niat tulus Bapak dibetkahi denfan kemudahan dan kesrlamatan. Amiin.
      Salam,
      Imam

  66. Assalamu alaikum wr.wb.
    saya dari makassar, skrng sya sdh duduk di klas 3 mts,rencananya setela tamat saya mau lanjut ke gontor, sy mau tanya gimana caranya agar sy dari makassar dapat mendandaftar ke PM GONTOR dan apa setelah tamat di gontor kita wajibkan mengabdi di gontor.
    syukron jazilan,,,

    • Ahmad Syarif,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran ke Gontor dengan cara datang langsung ke kampus Gontor 2, di Ponorogo. Pertama kali kami harus mendaftarkan diri sebagai calon santri (calon pelajar). Sebaiknya setelah ujian nasional langsung ke Ponorogo. Dalam pendaftaran calon santri tersebut, ada pembayaran uang makan dan SPP selama 2 bulan, beli buku, beli peralatan tidur, peralatan makan, peralatan mandi dan cuci, serta perlengkapan pribadi lainnya.
      Setelah mendaftar, kamu langsung tinggal di pondok dan mulai belajar pelajaran persiapan ujian, setelah mengikuti ujian penempatan. Ujian penempatan (bahasa Indonesia, berhitung, imla, shalat, membaca al Qur’an) digunakan untuk mengelompokkan calon santri. Calon santri yang kemampuannya relatif seragam atau sama ditempatkan dalam kelas yang sama sehingga lebih mudah cara pengajarannya.
      Dua minggu sebelum Ramadhan akan dilakukan Ujian Seleksi, dimana sebagian besar calon santri lulus dan diterima sebagai santri Pondok Gontor dan sebagian lainnya dinyatakan tidak lulus. Yang belum lulus masih dapat mencoba Ujian seleksi kedua di bulan Syawal.
      Pengabdian diwajibkan pada semua siswa yang telah lulus kelas 6 (setara lulusan SMA). Lokasi pengabdian ditetapkan oleh pondok. Biasanya santri terbaik akan menjalani pengabdian di kampus Gontor 1. Pengabdian juga boleh dilakukan di luar pondok, misalnya pondok alumni Gontor atau SMP/SMA Islam yang bersedia menerima santri tersebut.
      salam,
      Imam

  67. Assalamu alaikum wr.wb.
    Alhamdulillah akhirnya saya dapat informasi ttg gontor.Cuma ada hal yg masih mengganjal, biasanya penyakit apa yang menyebabkan santri tdk di terima di ponpes, krn anak kami mempunyai sakit asthma dimana akan muncul jika terlalu cape sekali.
    Apakah di perbolehkan pakaian kotor santri di cuci di luar ponpes,karena dari survei ponpes yg lain utk cuci pakaian di perbolehkan di cuci oleh orang lain.

    • Ibu Rike,
      Wa alaikum salam wr wb
      Penyakit yang biasanya menular do antara santri adalah penyakit typhus (tipes) dan hepatitis A. Keduanya pernah terjadi pada anak saya. Penyakit kulit juga menyerang sebagian teman anak saya. Jika santri membilas mandi dengan larutan Detol biasanya bebas dari penyakit kulit. Kutu rambut merupakan masalah utama santriwati.
      Salam,
      Imam

    • Bu Rike,
      Santri hanya boleh keluar dari pondok pada saat libur semester, sehingga tidak mungkin mencucikan pakaian ke laur pondok. Layanan loundry juga disediakan di dalam pondok bahi santri yang tidak mau atau tidak sempat mencuci.
      Salam,
      Imam

  68. Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,,,,
    akhy,,,,sya mau tanya,
    apakah di PMDG bisa menerima sswa piindahan??
    Kbetulan sya brdomisili di papua .
    Syukron katsiir

    • Bu Fitri,
      Wa alaikum salam wr wb
      Pondok Gontor tidak menerima santri pindahan. Santri pindahan akan diperlakukan sama dengan santri yang baru masuk, karena kurkulum PMDG berbeda demikian juga cara penilaiannya. Di sekolah lain nilai siswa yang rendah akan dinaikkan (dikatrol) dalam raport. Di PMDG nilai raport 3 juga dapat ditemukan, tidak ada katrol nilai.
      Salam,
      Imam

  69. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Saya dari Singapura, ingin tahu sangat, jika anak perempuan saya berusia 18 tahun, sudah tamat persekolahannya menengah 4 (GCE O Level) yang menggunakan bahasa pengantarnya: B Inggeris dan B Melayu, boleh tidak dia melanjutkan pelajaran di Gontor ini. Adakah kelas B Arab disediakan untuk membantunya?

    Saya agak bingung tentang pembiayaan persekolahannya dalam mata wang rupiah. Boleh tidak dikirakan ke dolar Singapura, agak-agak perbelanjaan sebulannya berapa? termasuk penginapan di asrama. Berapa tahun pelajarannya tamat?

    Harap dapat penjelasan di atas pertanyaan saya ini. Jutaan terima kasih di atas perhatian Pak Ustaz.

    Wassalaam
    Noor

    • Bapak Noor,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Tampaknya anak perempuan bapak sudah lulus sekolah menengah (high school). Jika ia ingin melanjutkan kuliah di Pondok Gontor Putri, maka ia dapat belajar di ISID (Institut Studi Islam Darussalam). Masalahnya adalah kemampuan berbahasa Arab yang kurang. Saya tidak tahu [ersis apakah ada paket khusus persiapan ISID yang mengajarkan bahasa Arab di Pondok Gontor. Sebaiknya, Bapak hubungi pondok dengan telepon untuk mencari jawaban tersebut.
      Saya yakin bahasa Inggris tidak masalah bagi putri Bapak, tetapi saya khawatir putri Bapak akan kesulitan dalam mempelajari pelajaran islam yang lain, misalnya hadist atau pemahaman al-Qur’an dan yang lainnya, yang tidak pernah diajarkan dalam kurikulum sekolah di Singapura maupun Indonesia. Saya pikir sebaiknya mendaftarkan diri di KMI intensif, yang diberlakukan sama dengan lulusan SMP, dengan masa belajar 4 tahun. Setelah tamat KMI baru masuk ke ISID. Perlu juga diperhitungkan bahwa lulus ISID nanti usianya sekitar 26 tahun.
      Biaya pendaftaran dan sekolah di Pondok Gontor sangat murah untuk uang Singapura. Misalnya biasa sekolah dan pemondokan (makan, tidur) hanya sekitar Rp 400 ribu, atau kurang dari $200 Singapura, setiap bulan.
      Mohon maaf, saya bukan ustadz sehingga tidak dapat menjawab semua pertanyaan bapak.
      Salam,
      Imam

  70. Salaam Imambachtiar,
    Jutaan terima kasih atas respon dan info yang bapak imam berikan. Cuma saya ingin tahu ISID letaknya di mana? adakah berdekatan dengan Pondok Gontor. Bagaimana saya hendak berhubung di sana? Bagaimana juga dengan KMI Intensif yang selama 4 tahun? adakah ianya khusus mempelajari B Arab sahaja? Di mana letaknya KMI itu. Boleh saya dapat alamat dan nombor telefonnya.

    Saya berharap sangat bantuan bapak. Semoga anak saya dapat meneruskan belajar di pusat-pusat yang dinyatakan itu.

    Wassalaam
    Ibu Noor

    • Ibu Noor,
      Alamat dan nomor telpon pondok Gontor mudah dicari di Google saja. ISID dan KMI punya kampus yang sama. Gontor
      Putri ada 4 kampus di Jawa. Di setiap kampus ada program KMI dan ISID Fakultas Tarbiyah. Fakultas yang lain hanya ada di Gontor Putri 1, yang terletak di Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
      Seingat saya ada Silk Air dari Singapur ke Solo, dari Solo dapat naik taksi atau bus umum ke Mantingan. Semua bus sudah tahu kampus pondok Gontor Putri karena di dekat jalan raya Solo ke Surabaya.
      Belajar di KMI berarti belajar semua mata pelajaran., baik yamg sudah diajarkan di high school Singapura maupun yang belum. Karena itu sebelum memutuskan belajar di Gontor, kita harus tahu: apa yang kau cari di Gontor? Di setiap pondok Gontor ada pertanyaan yang ditulis dengan huruf sangat besar: Ke Gontor, apa yang kau cari?
      Salam,
      Imam

  71. salamualaikum..
    pak adik saya (kelas 3 SMP) rencana mau masuk gontor. kira” kapan bisa melakukan pendaftaran dan tes, sedangkan dy masih harus nunggu ujian selesai dan tinggal di asrama (SMP IT IKHSANUL FIKRI, PABELAN).
    apakah syarat pendaftaran seperti yg diatas? atau masih ada tambahan?
    mohon info dan bimbingannya pak
    suwun

    • Enggar,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Syarat pendaftaran tida pernah berubah dalam 5 tahun terakhir, mestinya juga tetap sama tahun ini.
      Persyaratan pendaftaran yang tertera di pengumuman remi adálàh untuk santri yang lulus ujian seleksi. Sedangan syarat pendaftaran calon santri (belum ujian sèleksi) lebih sedikit: kàrtu keluarga, raport, àkte kelahiran, dan foto. Ujiàn seleksi bulàn Juli. Jika mendaftarkan bulàn Mei maka àdà wàktu sekitar 1-2 bulan untuk mempesiapkan diri.
      Salam,
      Imam

      • Assalamualaikum wr. wb. Pak Imam

        Saya sudah baca semua informasi yg saya butuhkan di blog bpk. tapi ada 2 hal yg masih saya ingin tanyakan. Bagaimanakah kondisi asrama putri. berapakan jumlah putri dalam satu kamar? apakah bisa anak kami belajar di tingkat SLTP saja dan melanjutkan tingkat sma di skolah umum di luar pesantren? apakah putri kami akan mendapat ijazah yg memungkinkan dia meneruskan sekolah di sekolah umum? thanx for the info.

        salam,
        wiwit

      • Bu Wiwit,
        Wa alaikum salam wr wb.
        Asrama santri di Gontor sangat sederhana. Santriwati tidur di kamar yang berisi 20-25 santriwati. Mereka tidur di lantai beralaskan kasur spons yang tipis, standar pondok. Tidak ada TV, HP, radio, atau peralatan elektronik lainnya. Pondok menyediakan wartel dan warnet. Kamar mandi dan toilet berada di belakang kamar tidur, jumlahnya banyak sekali. Tetapi karena jadwal mandi bersamaan maka santriwati yang tidak pandai mengatur waktu akan lama mengantri. Anak-anak saya termasuk yang dapat mengatur waktu secara strategis.
        Masa belajar di Gontor 6 tahun sehingga tidak ada ijasah SMP. Anak saya keduanya keluar pondok dan melanjutkan sekolah ke SMPN umum. Jika santriwati tidak kerasan di pondok ketika Kelas 3 (SMP) sebaiknya segera dipindahkan sebelum masa pendaftaran ujian nasional (awal semester 6). Sekolah yang dapat menerima santriwati pindahan dari Gontor biasanya SMP Muhammadiyah atau SMP islam lainnya. Saya pernah mencoba ke MTsN, mereka menolaknya dengan alasan mereka tidak menerima siswa pindahan Kelas 3. Sebelum memindahkan anak sebaiknya mencari dulu sekolah yang dapat menampungnya.
        Anak yang pindahan dari Pondok Gontor masih dapat berprestasi di sekolah umum. Anak pertama saya yang pernah berprestasi di pondok Gontor (lompat kelas), masih dapat berprestasi di sekolah umum. Di SMA dia menjuarai Olimpiade Fisika tingkat Kota Mataram. Dia sekarang sedang ikut Olimpiade Farmasi Nasional di Unair Surabaya.
        Pengalaman di pondok Gontor sangat penting dalam membentuk kepribadian anak saya. Dia tetap mempertahankan kejujuran walaupun seluruh siswa berlaku curang ketika ujian semester maupun ujian nasional. Walaupun dia tidak sempat menamatkan pendidikan di Gontor, akhlaknya alhamdulilah sudah terbentuk ketika dia belajar di Gontor.
        Salam,
        Imam

  72. Assalamualaikum…
    Pak saya berada di sumatra, pondok modern gontor yang ada di pulau sumatra adalah pondok gontor di Aceh dan di lampung. Apakah proses pendaftaran ke gontor tersebut juga melalui gontor 2 dan gontor 1 yang ada di jawa timur. kalau sudah diterima di gontor Aceh atau Lampung umpamanya, apakah ada kemungkinan di tahun berikutnya dipindahkan ke gontor 1 atau gontor 2. trus..Biaya pendaftaran, biaya gedung dll yang tertera (kira-kira tiga setengan jutaan) di atas untuk uang masuk pertama saja atau setiap kenaikan tingkat. terimakasih atas bantuan infonya pak, semoga jadi amal soleh bapak.. wassalam

    • Sisboyo,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Calon santri yang tinggal di luar Jawa mendaftarkan diri di lokasi terdekat, jika ingin belajar di pondok Gontor di luar Jawa (Sumatra atau Sulawesi). Mereka tidak perlu ke Gontor 2, keculai jika ingin belajar di pondok Gontor yang di Jawa.
      Saya pernah bertemu santriwati dari pondok Gontor Putri 4 (Kendari) yang belajar di Gontor Putri 1. Menurut walisantri lainnya bahwa santriwati atau santri terbaik di Gontor cabang luar Jawa akan diberikan kesempatan untuk belajar di pondok Gontor (Putri) 1 jika mereka mempunyai prestasi yang baik.
      Masalah biaya saya sudah lupa, lama tidak meng-update. Seingat saya, setiap semester anak saya butuh uang sekitar 5 juta (termasuk uang buku dan uang saku). Sumbangan pembangunan pondok hanya dipungut di awal tahun.
      Semoga menjawab pertanyaan anda
      Salam,
      Imam

    • Wina,
      wa alaikum salam wr wb.
      Saya tidak paham pertanyaan anda.
      Santri belajar mata pelajaran umum (kurikulum Gontor) dan mata pelajaran pondok. Di Kelas 2, semua pengajaaran dilakukan dalam bahasa Arab. Dalam kegiatan sehari-hari, mulai kelas 2 santri menggunakan bahasa Arab selama 3 minggu dan bahasa Inggris selama seminggu setiap bulan. Mereka belajar dari habis Subuh belajar bahasa hingga jam 2200 malam (belajar mandiri, PR). Waktu istriharat antara waktu Ashar hingga Maghrib.
      Salam,
      Imam

      • Aww.saya ingin bertanya apakah pondok pesantren Gontor yg berlokasi di Lampung itu sama dengan yg di Ponorogo:dalam artian semua kegiatan dan Tata Tertibnya. Tks atas Penjelasannya. Www

      • Ida,
        Wa alaikum salam wr wb.
        Secara akademik semua pondok Gontor menerapkan kurikulum yang sama, dan aturan disiplin yang sama.
        Yang berbeda dari masing-masing pondok adalah menu makanan, fasilitas pengajaran, dan kualitas pengajarnya. Gontor 1 atau Gontor Putri 1 mempunyai fasilitas pengajaran dan guru pengajar yang terbaik. Di pondok Gontor yang lain, menu makanan atau fasilitas olahraga kadang lebih baik. Kegiatan ekstra kurikuler juga dapat berbeda antara pondok yang satu dengan lainnya.
        Salam,
        Imam

    • Ifany,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Mohon maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut. Anda seharusnya dapat menghitung sendiri. Uang makan dan SPP sekarang sudah meningkat (dulu 350 ribu), sekarang mungkin sekitar 420 ribu per bulan. Pada pendaftaran calon santri juga membutuhkan uang buku, uang beli kasur dan peralatan makan, peralatan mandi, serta sewa lemari dan tempat sepatu (murah, sekitar 25 ribu/bulan). Sebaiknya anda update informasi melalui situs gontor.ac.id.
      Salam,
      Imam

  73. Assalamualaikum wr wb
    Maaf pak mau tanya apakah ada biaya lagi setiap semester 1 ataupun semester 2 kalau ada berapa estimasi biayanya yang wajib dibayar ? mohon penjelasan

    • Dwi,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Mohon maaf masalah biaya saya suka bingung, karena hal itu ditangani oleh istri saya.
      Seingat saya, ketika pendaftaran calon santri (pertama, sebelum ujian), kami menghabiskan uang sekitar 2-3 juta (untuk semua kegiatan selama 2 bulan, termasuk uang saku anak). Kemudian pendaftaran ulang sekitar 5 juta (termasuk uang saku dan uang buku selama 6 bulan) pada semester 1 dan sekitar itu pula pada semester kedua. kami juga menambahkan uang saku ketika mengunjungi anak di pondok.
      Salam,
      Imam

  74. As wb pak Imam…

    Sy Hari di Jkt asli Temanggung. Saat ini anak sy 5 org dan yg terbesar perempuan kelas VI SDIT Asy Syafi’iyah Jkt.
    Ingin mengabulkan keinginan anak sy ke Gontor Putri…

    1. Klo ke sana naik kereta turun mana ya pak ? Oh ya Ngawi sama Kediri itu jauhan mana sih ?…

    2. Brp perkiraan uang yg hrs sy siapkan untuk uang daftar dll hingga anak sy aktif menjadi siswa bln pertama ?

    3. Per bln kira3 hrs sy siapin brp rupiah ya pak agar nyaman dan layak…

    4. Maklum adik2nya msh ada 4 org pak…

    Terimaksih atas budi baik bpk…

    Was wb pak Imam

    • Pak Hari,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Jawaban saya:
      1) Naik kereta dari Senin/Jatinegara jurusan Solo, turun di Solo kemudian disambung dengan bis ke Pondok Gontor Putri 2 (GP2) di Sambirejo, mantingan. Semua sopir bis tahu lokasinya, persis di pinggir jalan raya. Bisa juga naik kereta dari Senin/Jatinegara jurusan Jombang (Bangunkarta, eksekutif), turun di Solo disambung bis ke GP 2 Mantingan, atau turun di Walikukun disambung ojek. Di Walikukun biasanya terlalu pagi, jam 03:00 atau 04:00 dini hari. Lebih mudah naik bis, misalnya Kramat Djati, jurusan Madiun atau Ponorogo langsung turun di depan pondok GP2.

      2) Pendaftaran awal sekitar 3 juta. Jika lulus ujian, habis lebaran santri mendaftar ulang untuk semester pertama dengan biaya sekitar 5-6 juta per semester (termasuk makan, uang buku, dan uang saku). Biaya makan yang Rp 450 ribu dan uang saku Rp 200 ribu dapat disediakan bulanan. Saya yang rumahnya jauh biasanya memberikan kepada anak saya selama satu semester.

      3) Setiap bulan uang makan, pondokan, dan SPP (Rp 450 ribu) ditambah uang saku Rp 200 ribu. Besar uang ini hanya cukup untuk hidup sederhana, dalam arti tidak banyak jajan. Anak saya biasanya minta dikirimi makanan, sehingga tidak banyak jajan.

      salam,
      imam

  75. assalammualaikum wr wb
    pak imam bagaimana dengan kegiatan para santri sehari – harinya di sana ? ..dan tolong jelaskan fasilitas – fasilitas yang adda di sana..
    maaf-terimakasih
    wassalammualaikum wr wb

    • Laily,
      wa alaikum salam wr wb.
      Kegiatan santri sangat padat dari pagi sebelum subuh hingga jam 10 malam. Waktu istirahat hanya antara Ashar dan Maghrib. itupun santri tidak boleh tidur-tiduran di kasur.
      Fasilitas pondok sangat bervariasi tergantung di kampus yang mana. Kampus yang paling lengkap di Gontor Putri 1. Di sini ada lab bahasa yang canggih. Saya tidak jelas apakah di sini juga ada lab ipa atau yang lainnya.
      Salam,
      Imam

      • Ass wrb..
        Pa’ Imam, Insya Allah th ini saya ingin mendaftarkan putera saya ke GP2. Rencana nya seminggu stlh UAN SD selesai.
        Yg ingin saya tanyakan, berapa lama saya mendampingi putera saya sampai diterima mjd santri di Gontor (kalau gelombang 1 langsung diterima)..?
        mengingat saya juga seorang pekerja harian, tks..

        Wassalam..

      • Pak Fauzy,
        Wa alaikum salam wr wb.
        Ada orang yang mendampingi anaknya hanya sehari, ada pula yang sebulan, atau lebih lama lagi. Saya pikir, jika anak kita ditunggui selama seminggu mestinya dia sudah siap untuk hidup mandiri di dalam pondok.
        Setelah dinyatakan diterima (bulan Ramadhan) anak kita kembali pulang kampung sambil menunggu bulan Syawal (tahun ajaran baru). Jika ingin menetap di pondok, santri juga boleh menghabiskan liburan di dalam pondok sambil belajar.
        salam,
        Imam

  76. assalamualaikum..
    pak imam..saya ingin dapatkan maklumat, saya warga malaysia ingin menghantar anak saya di pondok gontor putra.. anak saya sekarang berumur 14 tahun dan masih dalam pengajian tahfiznya di sini (malaysia).insyaallah 2 tahun lagi akan selesai.. jadi saya inginkan maklumat:
    1. bagaimana caranya untuk memasukkan anak saya ke pondok gontor ini..?
    2. adakah perlu juga menjalani ujian ?

    terima kasih pak imam…

    • Pak Abdul Malik,
      Wa alaikum salam wr ab.
      1) Pendaftaran langsung datang ke pondok.
      2) ujian ada 2 macam: a) Ujian penempatan santri sebelum ujian seleksi, untuk mempersiapkan calon santri menghadapi ujian seleksi. Pada ujian penempatan ini tidak ada santri yang tidal lulus. b) Ujian seleksi merupakan ujian penyaringan calon santri dalam memenuhi standar minimal santri Gontor. dalam ujian ini ada yang lulus ada yang tidak lulus.
      Salam,
      imam

      • salam pak imam dengan informasi yang diberikan… doakan ya pak imam hajat dan niat saya ini. amin..

  77. ass wrb..
    pa imam, insya allah saya mau mendaftarkan putera saya th ini (2012). rencana nya seminggu stlh UAN SD selesai. biasanya berapa lama saya menunggu hasil pengumuman, bahwa putera sya diterima di GPutera 2..? mengingat saya juga kerja..

    waalikum salam..

  78. Semoga Bapak sekeluarga dalam keadaan sehat wal afiat…., putri nya sudah jadi pindah ke NTB pak…??? semoga tetap menjadi yg terbaik….

    Maaf juga sudah agak lama tidak membuka blog syarat manfaat ini, Alhamdulillah pak di liburan semester ganjil yg lalu kami akhirnya berkunjung ke Gontor putra mlarak. Secara tidak sengaja karena menunggu kepulangan ayah nya ke tempat mbah di purwodadi yang terus mundur, akhirnya anak saya berinisiatif untuk berkunjung ke Gontor.

    Saya benar2 tidak punya panduan menuju kesana tp Bismillah sj sy cari jalur besar nya, Alhamdulillah Alloh menunjukkan jalan itu kepada kami. entah kebetulan atau tidak tapi kami yakin ini memang sudah di atur oleh sang Maha Pengatur.

    Rabu 28 Des 2011 ide itu muncul, kamis subuh kami langsung berangkat ke Ponorogo. Ternyata sampai di terminal Solo kami sudah tertinggal bis yg langsung Ponorogo, akhirnya kami ikut bis jur Purwantoro. Duduk di bangku paling depan bersebelahan dengan seorang bapak muda. awalnya kami sama sekali tidak ada perbincangan, tp karena anak saya bertanya mengenai brp lama wkt yg hrs di tempuh y akhirnya sy bertanya kepada bapak muda tsb. Beliau jawab sekitar 3 jam, memang ibu hendak pergi kemana? sy jwb, mau ke pondok Gontor. Subhanalloh sy bertanya pada orang yg tepat, bapak muda yg belakangan saya ketahui namanya sbg Mas Hidayat ini adalah adik dari pengasuh pondok Gontor putra 3 yg di kediri Ust. H. Saiful Anwar.

    Alloh memang luar biasa mengasihi kami pak, melalui Mas Hidayat ini lah saya dipandu mulai dari rute hingga apa yg hrs sy lakukan ketika berada disana nanti. dan ternyata orang tua mas Hidayat ini msh ada hub kerabat dengan Trimurti Gontor. kediaman orang tua mas Hidayat ada di desa sebelah pondok hanya terhalang sungai.

    Berbekal informasi dari mas Hidayat, sy masuk langsung ke bagian administrasi Pondok. Tiba di Gontor bertepatan dgn waktu sholat Dzuhur, Alhamdulillah bisa ikut berjama’ah di Mesjid pusaka A’tiq. Di bagian administrasi sy bertemu dengan ustadz Fahmi, beliau menerangkan panjang lebar tentang pondok berikut mekanisme nya. Ditengah2 perbincangan kami, anak sy sibuk pula mengamati kegiatan para santri yg berlari hilir mudik hendak menuju kelas. Subhanalloh pak…, dari semua yang telah disampaikan dan dilihat tidak membuat keinginan anak sy mondok berkurang. Yang awalnya sy terpikir dia akan mundur, malah sebaliknya pak…dia amat sangat antusias. Sampai hal terpahit tentang konsekwensi hukuman dan ketat nya jam belajar tidak bisa meluluhkan niatnya.

    kami tinggal di rumah kerabat di daerah Pulung sekitar 15 km dari pondok Mlarak. Alhamdulillah sampai hari ini anak sy tetap pada pendiriannya. Semoga Alloh mempermudah segala urusan dan mengabulkan apa yg menjadi cita2nya serta menetapkan pada kebaikan.

    Terimakasih banyak kepada Bapak, mohon do’a nya agar kami bisa mengawalnya untuk mempersiapkan diri masuk Gontor. Jangan bosan untuk berbagi ilmu y pak….. salam hangat untuk keluarga. Wassalam

  79. assslmkm
    pa sya moo tnyaa tanggal brpa n blan brpaa pendaftaran n penerimaan santrii bruu untk sd ????soalnya sya blm ujian di sekolahhh

  80. asalamualaikum buat pentadbir gontor saya merasa agak terkilan dengan pengurusan gontor baik gontor satu atau tiga kerna setiap tahu n waktu liburan anak saya kerap kehilangan barangan .Yang anehnya kesemua almarinya , saya kecewa kerna keamana dan kejujuran yang diterapkan di pondok ini tidaklah di patuhi baik oleh santrinya bagaimana ini berlaku … untuk maklumat anak saya mengalami penderaan fizikal ….saya sedih kerna disini saya kirimkan untuk ilmu namun penderaan yang diterima hinggakan saya lihat anak saya tidak seperti di rumah….iaitu trauma saja….saya harap hal ini dapat di periksa setiap hari..

    • Ibu Rais,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pengalaman Ibu juga saya alami. Saya juga punya rasa kecewa atas “kegagalan” Gontor dalam mencegah kehilangan barang di pondok. Sebagian besar walisantri menganggapnya itu masalah biasa, tetapi bagi saya ini masalah serius yang harus dihentikan. Walaupun ada kegagalan tersebut, saya masih meyakini bahwa Gontor masih merupakan lembaga pendidikan terbaik yang ada di Indonesia.
      salam,
      Imam

  81. salam buat warga gontor 3 kediri maaf ya, saya beri pandangan disini , sudah 3 kali saya ke pondok ini , saya lihat pengamalan kebersihan tidak memuaskan, di wc toilet tempat cuci pakaian masjid amat mengecewakan . Saya kira penerapan ilmu kebersihan seperti yang di suruh dalam agama islam hendaklah pertingkatkan kerana ianya sunnah Rasulullah dan lambang keimanan seorang muslim. Akal dan badan yang sihat datangnya dari makan yang dan situasi yang bersih, semoga anak-anak disini termasuk anak saya sihat dan berjaya…..

  82. Assalamualaikum wr wb,,,,
    anak saya yang pertama masih di kelasn VI SDT Bina Ilmu (masih menunngu ujian kelulusan) kami tinggal di Bogor,saya ingin menenyakan beberapa hal sbb :
    1. Bagaimana cara pendaftaran untuk mejadi santri di Pesantren Gontor,apakah harus datang ke kampus Gontor atau bisa melalui online,,,
    2. Persyaratan apa saja yang harus dilengkapi untuk pendaftaran tersebut
    3. Dari pertanyaan yg pernah diajukan ke Bapak, yang saya dapat simpulkan kegiatan belajar mengajar di Pesantren Gontor di mulai setelah lebaran??apa benar kesimpulan saya??
    4. Apakah ada contac person yang bisa saya hubungi tolong nomor elp atw hpnya???
    terima kasih atas jawaban Bapak< semoga Allah selalu melindungi kita,,,amin
    Wassalamualaikum wr wb..

    • BU Nani,
      Saya sudah sering menjawab pertanyaan tersebut, Ibu dapat mencarinya di blog ini.
      Pendaftaran sebaiknya dilakukan setelah ujian nasional. Seleksi ujian masuk dilakukan sebelum Ramadhan dan setelah lebaran Syawal. Kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru dimulai bulan Syawal. Saya tidak punya kontak person di pondok, sebaiknya hubungi nomor telpon resmi.
      salam,
      Imam

  83. assalamualaikum…
    Maaf pak saya mau tanya…
    Saya sekarang duduk di kelas 3 smp tp saya berencana masuk ke gontor..
    Tanggal pasti pendaftarannya tanggal berapa ya??..
    Makasih sebelumnya buat infonya…

    • Teguh,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Di pondok Gontor tidak ada batas tanggal pendaftaran calon santri yang resmi. Pendaftaran ada 2 macam. pendaftaran calon santri dilakukan sepanjang tahun; pendaftaran santri dilakukan pada awal bulan Syawal (habis lebaran). Pendaftaran santri hanya untuk santri yang sudah lulus ujian seleksi (sekitar 10-15 hari sebelum Ramadhan). Jadi pendaftaran calon santri akan ditutup sebelum ujian seleksi (awal Sya’ban). santri yang tidak lulus pada ujian seleksi pertama dapat ikut ujian seleksi kedua (awal bulan Syawal).
      Salam,
      Imam

  84. assalamualaikum…
    pak imam, saya dari bandung rencananya saya mau jalan2 ke gontor dlm minggu ini, kalo naik kereta dr bandung turun di solo ? teruss kemana lagi ?
    anak saya putra saat ini masih kelas 6 SD negeri, rencananya mau saya daftarkan ke gontor, yg mau saya tanyakan kalo mendaftar dan diterima di gontor yg mana ?
    saya juga masih bingung mengenai biaya awal/pangkal, biaya tahunan dan biaya bulanan, bisa tolong dijelaskan terimakasih…

    untung

    • Pak Untung Sinangun,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Dari Bandung naik kereta turun di Solo, kemudian naik becak ke terminal Solo. Jika ada bis jurusan Ponorogo (misalnya bis Restu, saya tidak pengalaman) sebaiknya naik bis tersebut. Jika tidak ada naik bis Sumber Kencono atau Mira atau bis lain jurusan Madiun, turun di terminal Madiun. Dari sini cari bis jurusan Ponorogo.
      Setiap santri baru harus mendaftar di Gontor 2 atau Gontor Putri 2. Biaya pendaftaran calon santri termasuk kelengkapannya (makan, tidur, buku, seragam), sekitar 2-3 juta. Mohon maaf soal biaya saya tidak ingat. Setelah santri lulus ujian, dia akan mendaftar ulang bulan Syawal dengan biaya srkitar 4-5 juta (termasuk semua kebutuhannya, diluar biaya makan dsn SPP 5 bulan berikutnya). Semua biaya tersebut adalah perkiraan saya berdasarkan yang saya pahami dari pengumuman Gontor.
      Salam,
      Imam

  85. asslm..ustad saya mo bertanya…saya mo menyekolahkan adek saya yang lulus SMP ke Pondok putri mantingan… gambaran yg ustad jelaskan di atas itu yg biaya adminitrasi kan kira2 4.200.000 ya? itu sudah termasuk uang seragam dan buku sekolah? syukron..

    • Ibu Erika,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya sudah cek lagi biaya pendaftaran yang tercantum di blog ini. Biaya 4,2 juta tersebut belum termasuk seragam sekolah. Perlu dipethatikan bahwa biaya pendaftaran tersrbut adalah untuk pendaftaran santri yang telah lulus ujian seleksi. Biaya pendaftaran calon santri ada tersendiri, yang perkiraan saya 2-3 juta.
      Salam,
      Imam

  86. Hetty
    Assalamualaikum wr wb,,,,

    Pak Imam, saya mau tanya jadi kalo mau mendaftar boleh kapan saja dan langsung membawa calon santri dan perlengkapan baju2 dll untuk tinggal disana jadi calon santri tidak pulang lagi tapi sudah langsung tinggal disana sedangkan biaya pendaftarannya langsung juga dibayarkan? apabila calon santri tidak lulus berapa biaya yang dikembalikan apakah tidak bisa dikembalikan atau dipotong adm

    • Bu Hetty,
      Calon santri yang mendaftar langsung tinggal di pondok. Biaya pendaftaran calon santri berbeda dean biaya pendaftaran santri, sehingga calon santri yang tidak lulus tidak ada pengembalian
      biaya. Biaya pendaftaran memang dibayarkan di muka. Biaya pendaftaran yang ada di pengumuman bukan biaya pendaftaran calon santri melainkan pendaftaran santri yangvtelah lulus ujian seleksi. Biaya pendagtaran calon santri lebih murah 2-3 juta. Sebagian barang yang dibeli saat calon santri akan digunakan saat menjafi santri nanti, misalnya seragam, perlengkapan makan dan tidur.
      Anak saya biasanya bayar uang SPP dan pemondokan 6 bulan di depan.Ketika dia pindah sekolah, pondok mengembalikan sisa uang SPP dan pemondokan.
      Salam,
      Imam

  87. mksdnya untk lullsan sd/mi

    syarat dan ktentuanya hrs mmbwa pha sja
    trma ksh
    apkh d sna di tes pa sajaa????????

    wassalam

    • Ega,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pe daftaran calon santri tidak perlu ijasah, cukup fotokopi raport, kartu keluarga, akte kelahiran, dan pas foto. Jika nanti sudah lulus ujian srleksi akan dibutuhkan ijadah untuk pendaftaran ulang.
      Ujian masuk meliputi baca al quran, imla, bhs Indonesia, berhitung, bhs Inggris.
      Salam,
      Imam

  88. pak,dari info yg saya baca di blog ini,berarti baiknya stlh uan lngsung daftar dan mondok sampai ujian seleksi. Padahl stlh ujian,rencananya saya jga mau ndaftar sman. Akibatnya,waktunya bertabrakan.bgmna solusinya?apalagi ujian sleksi gontor itu pada bln juni/juli. Bertabrakan juga dngan masuk thun ajaran baru.

    • Ardianto,
      Anda tidak dapat mendaftarkan diri sebagai siswa di Gontor sekaligus di SMAN. Hidup harus memilih. Jika masih mempertimbangkan sekolah lain sebaiknya tidak mendaftarkan diri ke Gontor. Gontor hanya membutuhkan santri yang sudah mantap niatnya dan serius dengan tujuan hidupnya.
      Salam,
      Imam

  89. Assallamualaikum,Pak Imam,anak saya sekarang ini diGontor 2,dia masih Capel,yg ingin saya tanyakan,berapa hari liburnya para santri capel dari Gontor 2,pada bulan Ramadhan tahun ini,dan kalau mau kirim paket keGontor 2,alamatnya yg lengkap apa?terimakasih pak Imam.

    • Pak Naseer,
      Wassalamu alaikum er wb.
      Libur capel srkitar 30 hari, sedang libur pelajar sekitar 50 hari.
      Alamat seluruh kampus pondok ada di blog ini, atau anda bisa juga browsing di laman yang lain.
      Salam,
      Imam

  90. Assalmualaikum pak , saya mau nanya test masuk pesantren gontor itu meliputi apa saja , GONTOR 1 , 2 , 3 , 4 dan 5 apakah sama di tesnya . Dan disana harus pake Bahasa apa , Saya ingin masuk gontor . Tolong dibantu ya ! Makasih Dibalas ya !

    • Pak Darus,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Seingat saya ujian seleksi meliputi baca alQuran, imla, berhitung, bahasa Inggris. Ada tahun pertama santri masih boleh berbahasa Indomesia, tetapi tidak boleh berbahasa daerah. Tahun kefua santri sudah wajib berbahasa Arab 2 minggu dan bahas inggris 2 minggu, setiap bulan. Semua pendaftaran dan ujian dilaksanakan di Gontor 2 dan Gontor Putri2.
      Salam,
      Imam

  91. ASALAMUALAIKUM….saya mau tnya, anak saya sekarang kls 1 D MTSN1 CIREBON, BISAKAH KLS 2NY NANTI SAYA PINDAHKAN KE PONPES GONTOR. BGM CARANYA? MOHON PENJELASAN TRIMAKASIH WASALAM

    • Pak Abu,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Calon santri baru (lulusan SD) atau pindahan kelas 2 MTs akan diperlakukan sama persis, melalui ujian seleksi dan mulai belajar dari Kelas 1 KMI. Jika memang dia dapat menunjukkan prestasi akademiknya setara dengan Kelas 2 KMI, maka pada semester berikutnya dia dapat loncat ke kelas di atasnya (Kelas 2). Asal dipahami bahwa Gontor mempunyai standar akademik yang tinggi, sehingga hanya santri yang cemerlang yang dapat melakukannya.
      Salam,
      Imam

    • Pak Darus,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Semua calon santri mendaftarkan diri di Gontor 2 atau Gontor Putri 2, sehingga soal ujain seleksi semua calon santri sama. Setelah lulus ujian seleksi meraka akan ditempatkan tersebar di sejumlah pondok Gontor yamg di Pulau Jawa.
      Salam,
      Imam

  92. ass….
    gmn kalau saya pindahan,dari kls 2 mts ke pondok gontor putri?apakah saya harus mengulangi kelas 1 atau yang lainnya?

  93. assalamu’alaikum wr. wb…
    biaya pendaftaran yg 4.200.000 itu hanya satu kali atau setiap tahun daftar ulang lagi??
    kalau ada daftar ulang lagi biayanya sekitar berapa..??
    terimakasih atas jawaban Bapak.
    wassalamu’alaikum wr. wb

    • Bu Novi,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Biaya daftar ulang dibayar tiap tahun. Daftar ulang berikutnya tidak sebesar yang pertama karena tidak lagi membeli lemari pakaian dan perlengkapan pribadi lainnya. Besar biayanya silahkan dihitung sendiri, mungkin srkitar 3,7 juta. Maaf anak saya sudah tidak lahi fi pondok sehingga saya tidak lagi tahu urusan biaya.
      Salam,
      Imam

  94. Assalamualaikum
    Saya berencana masuk pondok pesantren gontor
    saya lulusan smp
    boleh tidak saat berada pesantren membawa hp

  95. Assallamualaikum
    saya ingin ralat
    Saya berencana melanjutkan sekolah ke pesantren gontor saat ini saya kelas 3 smp

    saya ingin bertanya boleh tidak bawa hp di area pesntren

    • Aini,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Santri di Gonyor todak boleh membawa barang elektronik, termasuk diharampkan membawa HP, radio, tv, seterika listrik, kamera, laptop, dan sebagainya. Semua barang di dalam koper akan dibongkar dan di”screeing” sebelum diijinkan masuk ke pondok.
      Membawa barang elektronik termasuk pelanggaran berat. Pernah ada seorang santriwati yang sudah duduk di kelas 6 dikeluarkan dari pondok karenanmembawa masuk kamera digital.
      Salam,
      Imam

  96. terima kasihh ats info’x

    smga sya ktrma di sna.,.,.
    sbaik’x kpn sya mndaftarkn diri ke sna????????
    skrng sdh d bkaa blm pndaftrn’x/?????/

    • Pak Darus,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Santri di Gontor tidur secara kolektif, satu ruang ukuran sekitar 6×7 meter menjadi ruang tidur bagi 20-25 santri. Setiap santri punya sebuah lemari yang diletakkan di seluruh sisi ruangan. Di tengah ruangan itulah santri tidur menggunakan kasur tipis dari spons, setiap santri satu kasur.
      Siang hari semua lkasur ditumpuk di atas lemari, sehingga ruangan dapat dibersihkan.
      Salam,
      Imam

    • Rizky,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Jika Rizky masuk ke Gontor sekarang, akan diperlakukan sama dengan lulusan SMP, yaitu masuk ke KMI Kelas 1 intensif. Jika Rizky masuk ke Gontor setelah lulus SMA, juga akan diperlakukan sama, masuk sebagai santri (siswa) KMI Kelas 1 intensif. Gontor punya kurikulum dan standar nilai tersendiri, yang tidak dapat diintervensi oleh lembaga lain termasuk oleh pemerintah. Inilah keiistemwaan Gontor, yang tidak dimiliki oleh lembaga lain di Indonesia.
      Salam,
      Imam

    • Nining,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sebaiknya Nining membaca novel “Negeri 5 Menara” dan juga novel lainnya yang menggambarkan kehidupan santri dan alumni Gontor. Penulis novel “Negeri 5 Menara” tersebut adalah alumni Gontor yang juga menjadi alumni Univ. Pajajaran (Unpad). Masuk ke ITB mungkin lebih susah, jika yang bersangkutan tidak mampu meningkatkan pemahaman sains-nya secara mandiri. Di Pondok Gontor, sains juga diajarkan tetapi tidak seperti di SMA umum. Sebagian alumi Gontor ada yang kuliah di Fakultas Farmasi UGM, artinya jika santrinya punya minat yang besar dan mau bekerja keras, man jadda wa jada.
      salam,
      Imam

  97. assalamu’alaikum. wr.wb

    pak, saya sangat ingin masuk pesantren gontor.saya siswa SMP di jakarta. tetapi, orang tua saya tidak setuju karena, berbagai alasan. salah satu nya kalau saya masuk pesantren gontor saya tidak bisa mengikuti pelajaran dan kebiasaan di sana. yang paling utama dalam menggunakan bahasa arab dan inggris. tetapi, saya yakin bisa. memang,saya tidak bisa berbahasa arab, apakah di sana di ajarkan dari awal ?
    tapi. kalau berbahasa inggris memang saya kurang fasih tapi, insya allah saya bisa
    apakah kalau lulus SMP melanjutkan ke SMA/sederajat masuk ke pesantren gontor lebih sulit ?
    mohon solusinya, pak. terima kasih dan saya minta maaf jika ada kata;kata yang salah.

    wassalamu’alaikum.wr.wb

    • Laras,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Menjadi santri di Gontor sangat membutuhkan semangat yang tinggi, bukan kemampuan bahasa Arab. Jika kamu punya semangat, maka kamu punya modal untuk menjadi santri di Gontor. Hampir semua santri belajar bahasa dari nol ketika masuk ke Gontor, sehingga bukan alasan untuk engkhawatirkan masalah bahasa. Pada tahun pertama, semua santri akan belajar bahasa setiap pagi, sehingga setelah setahun otomatis mereka mampu berbahasa dengan baik. Santri yang sudah 6 bulan belajar di sana semua sudah mampu menggunakan bahasaarab melalui telpon.
      Salam,
      Imam

  98. assalamualaiku pak,sya inianak pondokan tapi sya mo pindah ke gontor soalnya emang dri dulu tuh sya pngnnya msuk gontor.apakah bisa digontor nyantren doang gak sekolah?dan apakah bisa sekarang2 daftarnya tapi saya dan keluarga gak punya kenalan yang tau gontor.saya harus gimnah?
    tlong infonya dan sya boleh gak minta nomer bapak biar bisa komunikasi ttg gontor?sya tinggal di bogor jawa barat.
    mkasih atas infonya
    salamm..

    • Ndaa,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Di Gontor tidak menetima santri pindahan dari ponfok lain, sehingga semua santri mulai belajar dari krlas 1 (reguler atau intensif). Di sini kurikulumnya sudah baku, tidak dapat ditawar lagi, pelajaran umum dan agama, termasuk penggunaan bahasa.
      Salam,
      Imsm

    • Mendaftarkan diri ke Gontor sangat sederhana. Tinggal datang ke Gontor 2 atau Gontor Putri 2, bawa persyaratan, dan anda langsung maduk ke ppondok. Tentu saja setelah membayar biaya yang telah ditetapkan. Jika anda menganggapnya ribet, anda tidak pantas menjadi santri Gontor.
      Salam,
      Imam

  99. Assal;amualaikum wr.wb.
    2 anak perempuan sy mau masuk pondok ke gontor,kapan mulai di buka pendaftarannya,.apakah lgsg membayar semua biaya tersebut.Rp.4,200,000..

    • Bu Nurul,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pembayaran Rp 4.2 juta berlaku pada saat pendaftaran ulang, setelah santri lulus ujian seleksi. Keduanya dibayar langsung saat pendaftaran. Biaya bulanan sebesar Rp 420 ribu dibayar setiap bulan mulai bulan kedua.
      Pendaftaran sudah dibuka, yaitu pendaftaran untuk calon santriwati di Gontor Putri 2. Pendaftaran calon santriwati ini juga ada biayanya, sekitar Rp 2 jutaan lebih (jika salah mohon maaf). Syarat pendaftaran calon santri lebih sederhana: akte kelahiran, kartu keluarga, raport, dan pas foto. Santri yang sudah mendaftar akan langsung tinggal di pondok sampai waktu ujian seleksi. Di sini, calon santri mendapat pelajaran persiapan ujian seleksi, dan membiasakan diri dengan kehidupan pondok (uji coba).
      Salam,
      Imam

  100. hmz,mav pak ywdh sya mnta informasnya klo dr bogor biar sampe ke gontor harus bagaimana nd naik apa ajah?
    oiyah biaya yg harus dikeluarkan pertama brp?yg pting sya bsa mndok dlu sekarang@.mkasih

  101. assalamualaikum pak,sya mo tanya klo dr bogor gimnah yah biar sampe snah??san berapa dulu yg hrus dbayar agar bsa mondok skarang2.
    apakah bisa dicicil dan lewat rekening bayarnya?
    makasih..

    • Ahmad Latif,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Dari Bogor naik bis malam Kramat Djati langsung turun di Gontor Putri 2 di Mantingan, atau turun di terminal bis Ponorogo kemudian naik angkutan pedesaan ke Gontor 2. Pondok Gontor ada 1 , silahkan mau kemana tujuan anda.
      Salam,
      imam

    • Pak Umar,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Menghafal al Quran tentu saja sangat dihormati dan dianjurkan di dalam pondok, tetapi bukan menjadi kurikulum utama pondok Gontor. Sebelum mendapat surat ijin pulang liburan, semua santri harus menyetor hafalan surat di juz Amma kepada ustadz.
      Salam,
      Imam

  102. asslmkm
    pak v sya sdng ulangan n sya d sekolah lgi sibuk klo sudah un sja gmna??????
    smpai kpan pendaftaran’x?????

    • Ega,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sebaiknya memang fokuskan dulu ke ujian nasional. Setelah selesai ujian dan beristirahat sebentar, baru Ega mendaftarkan diri ke Gontor. Tidak perlu tergesa gesa. Selesaikan dulu satu pekerjaan baru pindah ke tahapan berikutnya.
      Salam,
      Imam

  103. assalamu’alaikum….
    pak saya mau tanya,,
    apakah semua yang mendaftar di PM gontor sudah pasti ketrima semua pak?

    • Fadilah,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran pertama adalah pendaftaran calon santri, dimana semua pendaftar akan diterima srbagai calon santri dan langsung tinggal di dalam pondok. Di sini calon santri mendapat pelajaran persiapan ujian. Kemudian calon santri akan mengikuti ujuan seleksi, dimana sebagian santri tidak lulus. Dari sekitar 1500an calon santri Gontor Putri 2 biasanya sekitar 200 calon tidak lulus.
      Salam,
      Imam

  104. sukron kasiron pak,atas informasinya.
    oiya itu yg bus malam keramat djati adanya di termnal manah nd bisa gak low bayar per bulan nya lwat rekening?
    mudah2an bpk mndapat pahala dr allah swt.amin :)

    • Pak Latif,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Terima kasih doanya.
      Bis Kramat Djati kantornya ada di Tajur, kalau nggak salah ingat di sebelah Bank Danamon, di dekat Bioskop Galaxi (lama). Harga tikeynya antara 125 sd 150 ribu, termasuk makan malam.
      Setahu saya tidak ada ATM atau bank di dalam pondok, sehingga tidak bisa transfer uang. Pengiriman uang lebih mudah lewat wesel pos. Pengalaman saya hanya perlu waktu 3 hari kirim uang lewat wesel pos kilat.
      Salam,
      Imam

  105. Assalamualaikum wr.wb. Pak Imam
    Boleh minta email addressnya? Ada yang ingin saya tanyakan seputar pendaftaran dan pembelajaran di Gontor Putri. Terima kasih.
    Wassalamualaikum wr.wb

    • Bu Riny,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sebaiknya semua pertanyaan dikirim terbuka di blog ini, karena pertanyaan Ibu mungkin sekali juga menjadi pertanyaan pengunjung blog yang lain. Terima kasih atas kunjungannya di blog ini.
      Di Face Book juga ada group walisantor, walisantri gontor, tempat diskusi tentang Gontor.
      Salam,
      Imam

  106. ohh gituh mkasihh bnyak ya pak,oiyah sya mwu nnya gy sbnarnya biaya yg harus sya keluarin tiap bulannya yg bner brp sihh smua_muanya??coz dha yg blanq low d gontor tuh tiap blnnnya diitung_itung hmpir 2jt an pakk??pah bner bgituhh..sya mhon kjelasannya coz sya org yg kurang mampu v sya pnya tekad yg kuat nd keinginan k gontor dr kcil nd sya mh rela ruz prihatin dsna jga.
    dan 1 gy apakah ada d gontor klas 1,2,3 sperti d rmh sakit ituh??yg kapasitasnya brbeda_beda??
    dan apakah apbila nunggak byar lngsung d kluarkan?
    sya ucpkan trimakasih bnyk ats jawabannya pak.

    • Silahkan saja baca di artikel tentang pendaftaran, biaga bulanan adalah uang makan +uang srkolah (440 ribu),ditambah uang saku (tergantung santrinya). Dari diskusi kami dengan walisantri kebanyakan memberi uang saku antara 200-400 ribu srbulan.
      Salam,
      Imam

  107. Assalamualaikum.wr.wb

    ustad boleh tidak kita daftar kegontor sendiri tanpa orang tua teruz saya boleh tidak bayaranya nyicil

    terima kasih

    wassalamualaikum.wr.wb

    • Masuk ke pondok pesantren Gontor sanfat berbeda dengan masuk sekolah biasa. Harus ada orangtua yang menyerahkan anaknya ke pondok. Jika kamu beranggapan pondok Gontor hanya sekolah biasa, kamu tidak akan mampu beradaptadi di dalamnya.
      Salam,
      Imam

  108. assalamualaikum…..
    saya mau tanya….kalau lulusan SMK apakah bisa masuk ke ponpes gontor….?
    dan saya tidak bisa bahasa inggris,apalagi bhs arab……saya tdk pernah belajar sama sekali bhs arab…
    mohon bantuannya

    • Toto,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Lulusan SMK dapat masuk ke Gontor, yang akan belajar bersama lulusan SMP di kelas KMI intensif.
      Hampir semua calon santri mulai belajar bahasa Arab dan Inggris dari nol. Sebagian santri mulai baca al Quran dari Iqra 1. Tidak perlu khawatir dengan bahasa.
      Salam,
      Imam

      • tapi masalah umur tidak jadi masalah kan…….?
        dan apakah di gontor ada biasiswa untuk masyarakat yang tidak mampu….?

      • Pak Toto,
        Wa alaikum salam wr wb
        Saya kurang paham dengan pertanyaan Bapak tentang masalah umur. Ada cerita anak dan bapak srkolah bersama di KMI Gontor. Bapaknyaseorang mantan anggota dewan.
        Tentang beasiswa, saya tidak tahu tentang adanya beasiswa yang disefiakan pondok. Yang saya tahu beasiswa dari yayasan lain di luar yang memberi beasiswa kepada santri yang mondok di Gontor.
        Salam,
        Imam

  109. mohon maf pak imam,,untuk biaya pendaftaran total kan 4,2 jt..ko’ msh ada biaya 2 jt waktu daftar.terus yg tiap semester itu ada biaya 5 jt..?? itu untuk yg kelas apa? anak sy kan lulus SD yg mau masuk, bukankah cukup biaya bulanan sm uang saku aja,tiap bulannya.

    • Bu Nurul,
      Anak saya sekarang sudah tidak ada lagi yang tinggal di pondok, jadi mohon maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaan Ibu tentang biaya srtiap semesternya. Seingat saya lebih murah sejuta daripada biaya pendaftaran awal santri, karena santri sudsh punya perlengkapan pribadi sendiri. Lebih jelasnya
      Ibu dapat bertanya pada walisantri lain yang ada di Kota srkitar tempat tinggal Ibu.
      Salam,
      Imam

      • Assalamu’alaikum WW, Pak Imam dan para pembaca blog ini sy mhn doa agar putra sy bs lulus ujian masuk KMI. InshaAllah sehabis UN (pertengahan Mei) km akan mengantar putra km brkt ke PG2. Tuj km mengarahkan anak kesana adlh spy apapun profesi anak2 km kelak mdh2n mrk jd profesional yg berahlaqul karimah. Yg sdkt mengganjal, pd pertengahan Mei lalu km survey ke PG2. Yg km amati penggunaan bahasa sptnya blm sepenuhnya Arab/Inggris. Kbtln saat km berkunjung hr Jumat. Apkh krn Jumat hr libur/pesiar shg penggunaan bahasa Arab/Inggris tdk berlaku? Km jg melihat sandal santri berserakan tdk teratur (tertata). Mhn penjelasan Bpk. Trimksh. Wassalamu’alaikum WW.

      • Ibu Reny,
        Wa alaikum salam wr wb.
        Semoga niat mulia Ibu Reny dan putranya diridhai Allah, dan diberikan kemudahan serta keselamatan. Amiin.
        Pondok Gontor 2 (G2) atau Gontor Putri 2 (GP2) adalah kampus yang didesain untuk mempersiapkan calon santri atau santri untuk belajar di kampus Gontor yang lain. Semua calon santri harus masuk ke G2 atau GP2 untuk orientasi kehidupan pondok.Kewajiban berbahasa Arab/English berlaku pada tahun kedua, yang umumnya sudah di kampus pondok yang lain (di luar G2 dan GP2). jadi yang Ibu Reny amati sangat mungkin adalah para calon santri/wati yang belum wajib berbahasa Arab/English 100%.
        salam,
        Imam

    • Dwi Putri,
      Sekarang sudah dibuka pendaftaran calon santri/wati KMI. Pendaftaran santri KMI (yang sudah lulus tes) silakukan pada bulan Syawal. Jika mau masuk KMI sebaiknya ikut daftar sebagai calon santri/wati KMI.
      salam,
      Imam

  110. Pak saya siswi kelas 3SMP, saya mau daftar KMI di gontor, tapi saya kurang bisa ilmu tajwid, bahasa arab, dll. Jadi nanti kalo tes ujian seleksi, saya tidak diterima gimana? tapi saya sangat ingin masuk sana pak. Tolong infonya. Terimakasih.

    • Dwi Putri,
      Hampir semua santri akan mulai belajar bahasa Arab dan tajwid dari nol. Sebagian santri bahkan wajib mulai belajar membaca al Quran dari Iqra 1, walaupun di rumahnya dia sudah lama lulus Iqra 6. belajar hanya membutuhkan ketekunan, bukan yang lain.
      Salam,
      imam

  111. Assalamu’alaikum WW…Pak Imam, Adik saya Laki -Laki saat ini kelas 3 SMP dan berencana masuk Gontor dan rencananya kami akan melakukan kunjungan ke Gontor secara langsung untuk melihat kegiatan di Pondok.. Bagaimana caranya untuk ke gontor dari Jakarta ( Mohon bantuan rutenya ) dan bagusnya kapan untuk melakukan kunjungan ke Gontor,,? Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum WW

    • Junaidi,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sebaiknya anda mengunjungi Gontor 2 untuk melakukan observasi kegiatan santri di sana. Dari Jakarta ke Gontor 2 di Ponorogo, anda naik bis Kramat Djati atau bis malam lainnya yang ada jurusan Ponorogo. Dari Ponorogo naik angkutan kota ke pondok Gontor 2. Jika sulit cari bis yang langsung ke Ponorogo, anda dapat naik bis jurusan Madiun. Dari Madiun disambung bis lain ke Ponorogo. Pilihan ketiga, anda naik kereta api dari Jakarta (Gambir, Pasar Senin) dan turun di Madiun. Dari Madiun ganti naik bis ke Ponorogo. Bagusnya habis ujian langsung ke pondok untuk observasi.
      Salam,
      Imam

      • ass.wr.wb

        lalu kapan penutupan pendaftarannya? kalau saya ingin menghabiskan waktu liburan saya sehabis ujian nasional dijakarta dulu apa boleh? apa nanti saya tidak punya waktu untuk mendaftar lagi jika saya berlibur dulu dijakarta ini?

        mohon di jawab,,,,terima kasih

  112. ass.wr.wb
    saya rizka qonitah nada ..sekarang saya masih kelas 3 smp,,dan akan melanjutkan SMA nya ke pondok pesantren gontor putri 1…

    apakah yang harus dipersiapkan untuk tes di pondok pesantren gontor putri 1?
    lalu untuk tahun 2012 ini kapan pembukaan pendaftaran murid barunya lagi?

    mohon di jawab…terima kasih,,
    assalamualaikum… :)

    • Rizka,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Persiapan yang paling penting adalah kemauan. Apakah yang kamu cari di Gontor?
      Pendaftaran sudah dibuka. Sebaiknya segera mendaftarkan diri setelah ujian nasional selesai, tidak perlu menunggu ijasah atau pengumuman kelulusan.
      Salam,
      Imam

  113. ass.wr.wb

    lalu kapan penutupan pendaftrannya? kalau saya ingin menghabiskan liburan di jakarta dulu apa boleh? apa nanti saya tidak punya waktu untuk mendaftar lagi jika saya berlibur dulu di jakarta ini?

    mohon dijawab…terima kasih… :)

    • Rizka,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran gelombang pertama ditutup sekitar awal bulan Juli. Pendaftaran gelombang kedua dittup sekitar awal bulan September. Tanggal persisnya sebaiknya hubungi pondok langsung, saya seorang walisantriwati.
      Salam,
      Imam

  114. Siti sumayyah
    assalamualaikum ustadz
    saya mau nanya di gontor berapa santri putri baru ? dan bagaiman cara pendaftarannya ? dan kapan pendaftarannya serta apakah ada seleksinya dan dimana ?
    mohon di jawab … terima kasih
    wassalamualaikum

    • Bu Siti Sumayyah,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Semua pertanyaan Ibu sudah ada di dalam blog ini dan tanya-jawab di laman ini. Silahkan dibaca lagi.
      Pendaftaran santriwati hanya dilaksanakan di Gontor Putri 2 Mangingan, Ngawi.
      salam,
      Imam

  115. asslmkm

    pak smpai kpn pendaftaran di buka
    krn sya d sklah msh sibuk ntku mprsiapkn ujian
    apa ssdh un msh d bka pndaftaran’x

      • ujang asep

        assalamu’alaikum

        pak kalau pusat pendaftaran gontor putra ada dimana?
        dan kalau yang tidak mampu apakah pembayarannya masih sama dengan yang lain?

        mohon dijawab
        terima kasih
        wassalamu’alaikum

      • Ujang,
        Wa alaikum salam wr wb.
        Pendaftaran calon santri (santri baru) semuanya di Gontor 2 atau Gontor Putri 2.
        Jika tidak mampu membayar biaya pondok boleh memilih pondok atau sekolah lain. Saya tidak punya pengetahuan tentang masalah ini.
        Salam,
        Imam

  116. asalamualaikum,,
    pak saya ujang asep dari sukabumi,pak saya ingin tanya klau pusat pendaftaran di daerah mna,?????????????
    dan klau org yg tidak manpu apakah pembayaran x bisa berkurang………..?????????????

    terima kasih.
    wassalam……………

  117. asalamualaikum,,,
    pak saya ujang asep dari sukabumi,pak saya ingin bertanya,dimana pusat pendaftaran untuk masuk ke gontor………………………
    dan untuk yang tidak mampu,apakah bisa di beri keringanan?????????????????
    tolong di jawab,,,,,,,,,,

    terima kasih..
    wassalam……….

    • Ujang,
      wa alaikum salam wr wb.
      Pondok Gontor 2 ada di Kabupaten Ponorogo. Dari terminal bis Ponorogo tersedia angkutan umum menuju Pondok Gontor 2. Semua orang di terminal Ponorogo dapat menunjukkan jalan ke arah Gntor 2.
      Salam,
      Imam

  118. Assalamualaikum.wr.wb
    Ustad, kemaren saya sudah nyoba untuk mendaftarkan diri ke GP2 , pengurus disana bilang, kalau iya mau saya harus balik lagi kesana pada tanggal 17 sya’ban . Benerkah seperti itu? Atau setelah selesai ujian nasional saya boleh daftar . Saya kurang mengerti tad , tapi diatas tertera bahwa, pada bulan sya’ban itu akan dilakukan ujian gelombang 1 kan? Berarti saya datengnya kesananya pas sedang dilaksanakan ujian gelombang I begituh? Mohon dijawab yaa tad, teriamaksih :)
    Wassalamualaikum.wr.wb

    • Bu Dina,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya pikir 17 Sya’ban adalah masa Ujian seleksi masuk Gelombang 1. Saya khawatir ada kesalahpahaman dalam hal ini.
      Calon santriwati boleh datang (mendaftar) lebih awal untuk mempersiapkan diri di dalam pondok, boleh juga datang langsung waktu menjelang ujian. Datang lebih awal hanya sebuah pilihan yang tentu membutuhkan biaya lebih banyak. Saran saya lebih baik mendaftarkan diri lebih awal (setelah ujian nasional) agar anak kita lebih lama beradaptasi dan mempersiapkan diri untuk ujian seleksi, dan sekaligus ujicoba apakah anak kita dapat menikmati kehidupan pondok.
      Saya bukanlah ustadz di pondok Hontor, melainkan mantan walisantri.
      Jika Bu Dina masih ragu-rag tentang informasi tersebut dapat telpon saja ke Gontor Putri 2.
      Salam,
      Imam

    • Slamat,
      Wa alaikum salam wr wb.
      TV dan HP diharamkan digunakan oleh santri di dalam pondok, tetapi masih diperbolehkan di Balai Penerimaan Tamu (Bapenta). Telpon disediakan di Wartel, Internet disediakan di Warnet (dalam pondok) seperti rental internet di luar.
      Salam,
      Imam

    • Pak Sarwo,
      Wa alaikum salam wr wb.
      informasi yang tersaji di sini hanya berlaku untuk pondok Gontor yang di PULAU JAWA. pendaftaran di pondok luar Jawa berbeda, dan saya tidak mengetahuinya. Informasi tersebut dapat langsung dicari di pondok target, misalnya Kalianda.
      salam,
      Imam

  119. assalamu’alaikum.wr.wb
    pak, jika saya ingin daftar setelah ujian nasional ke pondok , setelah itu masuk ke pondok untuk observasi, bagaimana jika urusan di jakarta belom selesai seperti, cap tiga jari dan pengambilan ijazah?
    terima kasih
    wassalamu’alaikum.wr.wb

    • Laras,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Urusan di sekolah sebaiknya didisskusikan dulu dengan guru dan kepala sekolah. Jika dimungkinkan, urusan ijasah diselesaikan pada saat liburan Ramadhan. Ijasah akan diperlukan pada waktu pendaftaran ulang, bulan Syawal (Agustus).
      Jika sudah mendaftarkan diri ke pondok, santriwati harus tinggal di pondok. Dia tidak diijinkan keluar pondok selain pada saat liburan. Jika mau observasi dulu, datang saja ke pondok untuk observasi saja. Jika sudah mendaftar maka harus langsung masuk ke pondok.
      Salam,
      Imam

  120. Assalamualaikum,wr.wb
    Pak,jika ponpes Gontor bagus,kenapa anak2 bapak pindah dari Gontor,apakah terjadi kekerasan?atau masalah yg berat? maaf kalau pertanyaan saya terlalu sensitif.terimakasih
    wassalamu’alaikum.wr.wb

    • Pak Sunardi,
      Assalamu alaikum wr wb.
      Penjelasan anak pertama keluar Gontor ada di tulisan di blod ini Pengalaman Walisantri. Anak kedua keluar karena sering sakit dan penanganan anak sakit di GP5 tidak dapat memuaskan kebutuhan saya.
      Salam,
      Imam

  121. assalamualaikum ,
    pak, stelah saya lulus smp , saya berniat ingin masuk di Gontor , tapi banyak sekali godaan , salah satunya saya mendengar dari teman , dan dia dari saudaranya yg skolah di gontor , apakah benar , di gontor terdapat ajaran yg menyimpang ?? contohnya Tata cara membawa Al-quran dengan cara di bawa seperti membawa buku biasa katanya seperti itu sopan , apakah benar pak?

    • Yuan,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Memilih sekolah yang baik dapat dengan melihat alumninya. Lihat saja para mantan Ketua NU (Idham Cholid, Hasyim Muzadi), Ketua Muhammadiyah (Din Syamsudin), atau mantan menteri agama (Maftuh Basuni), atau mantan Ketua MPR (Hidayat Nurwahid). Adakah dari mereka ini terkena ajaran sesat?
      Salam,
      Imam

  122. Ass.wrwb
    Nomor telepon G2 setiap kali kami hubungi tidak pernah diangkat…padahal sebagai calon walisantri ada banyak hal yang ingin kami tanyakan mengingat domisili kami diluar pulau…Sangat disayangkan ya…

    • Ibu Dewi,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Menghubungi pondok Gontor memang sangat sulit, dari pengalaman saya. Kita harus tahu kapan meteka dapat menetima telpon. Kita juga mesti bersaing dengan orang seluruh Indonesia untuk masuk ke nomor Gontor. Mohon maaf saya tidak dapat menjaeab kegalauan Ibu.
      Salam,
      Imam

  123. assalamu’alaikum pak ustad ..
    saya sedang menunggu kelulusan smp , saya berniat untuk melanjutkan digontor…
    saya minta bantuannya bagaimana cara mendaftar digontor putri ,,
    pembiayaannya bagaimana ? persyaratannya apa saja ? apakah persyaratan saya antar langsung kegontor atau via pos ?
    wasalamu’alaikum…

    • Savira,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Anda perlu membaca lebih banyak tulisan di blog ini, Pendaftaran Ke pondok Gontor, dan komentar tanya jawab di bawahnya. Pertanyasnmu sangat seting dibahas di komentar blog ini. Menjadi santri Gontor membutuhkan me,baca yang banyak. Jika malas membaca kamu tidak layak menjadi santri Gontor.
      Salam,
      Imam

    • Pak Hasan,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Anak sayatidak di pondok lagi sehingga kehilangan informasi yang akurat tentang biaya pemondokan. Cobabbaca diskusi di komentar blog ini. Masalah biaya sangat sering ditanyakan.
      Ada biaya pemondokan sebelum ujian, masa persiapan (ini piluhan). Ada biaya pedaftaran ujian, jika tidak ikutkegiatan persiapan. Ada juga biaya pendaftaran santri yang telah lulus ujian.
      Silakan cari informasi di blog ini atau tanya walisantri lain di wilayah Bapak.
      Salam,
      Imam

  124. saya baru menyelesaikan ujian nasional kelas 9 tahun ini . sambil menunggu hasil kelulusan ujian saya berkeinginan untuk daftar ka GONTOR .
    bisa atau tidak….????

    • Aji,
      Wa alaikum salsm wr wb.
      Sekarang adalah waktu yang baik untuk mendaftarkan diri sebsgai calon santri di Gontor 2, Ponorogo. Setelah UN selesai srbaiknya langsung mrndaftar agar punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri sebelum ujian srleksi. Ijasah SD hanya akan dibutuhkan saat pendaftaran ulang, Agustus 2012, bagi calon santri yang lulus selrksi.
      Salam,
      Imam

  125. assalamualaikum. ustad bagaimana dengan gontor putri?? ada tidak cabang pendaftaran yang letaknya di Jawa Barat, karna rumah saya di daerah bogor. atau bisa tidak kalau saya mendaftar via online?? jazakillah.

    • Nada,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran Gontor Putri di wilayah Jawa hanya dilaksanakan di Gontor Putri 2 (Mantingan, Ngawi). Begitu mendaftar anda harus masuk pondok pada hari itu juga, dan tidak boleh keluar pondok tanpa alasan yang sangat kuat (sakit) sampai liburan Ramadhan. Karena itu, pendaftaran online menjadi tidak masuk akal (tidak relevan).
      Salam,
      Imam

    • Ibu Aini,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Setahu saya, semua kampus Gontor Putri punya wartel dan warnet. Kedua unit usaha tersebut untuk melayani kebutuhan santri. Di GP 5, misalnya, warnet dan wartelnya tidak dapat digunakan oleh pengunjung (walisantri). Di musim ujian (ulangan) warnet biasanya ditutup sementara.
      salam,
      Imam

  126. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Ustadz, bila anak sudah diterima jadi santri, bolehkan orang tua menjenguk santri tersebut setiap saat?
    atau hanya ada waktu-waktu tertentu saja? Mengingat anak mungkin belum bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan barunya, dan masih butuh bimbingan dan dorongan semangat dari orang tuanya.
    Terima kasih

    • Pak Prayitno,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Setelah diterima menjadi santri, anak kita tidak boleh keluar pondok Gontor kecuali di waktu libur semester atau keadaan darurat (sakit). Orangtua boleh berkunjung setiap hari (jika diperlukan), tetapi hanya dapat menemui santri di balai Penerimaan Tamu (Bapenta) pada saat istirahat makan siang dan makan malam, atau istirahat habis shalat Ashar.
      Perlu diingat bahwa jadwal belajar santri sangat padat, ditambah tugas mencuci pakaian dan membersihkan kamar. Sebagian besar walisantri berkunjung pada hari Jumat karena hari tersebut santri libur (tidak ada pelajaran).
      Salam,
      Imam

  127. Assalamu,alaikum ustad, mau bertanya kalo pendaftaran untuk masuk smp, dilakukan sebelum pengumuman kelulusan bisa tidak, karena menunggu pengumuman kelulusan masih sangat lama dan hrs membawa apa karena surat kelulusan blm ada, sttb juga belum ada,terima kasih.Wassalam

    • Ayu,
      Wa alaikum salam wr ab.
      Pendaftaran calon santri dapat dilakukan tanpa ijasah. Hanya membutuhkan kartu keluarga, akte kelahiran, raport, dan pasfoto.
      Salam,
      Imam

  128. assalamualikum,wr.wb, mohon pendapatnya pak,sy mau mendaftarkan anak sy ke gontor, tapi sekarang anak sy masih kelas V SD, kira2 kapan waktu yang tepat untuk mulai mendaftarkan anak sy tersebut, wasalam….

    • Pak Aryadi,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Kerika anak didaftarkan menjadi calon santri di pondok Gontor, saat itu pula dia harus tinggal di pondok. Jadi sebaiknya daftar setelah selesai ujian nasional.
      Salam,
      Imam

    • Wahyu,
      wa alaikum salam wr wb.
      Di dalam pondok Gontor semua santri dilarang membawa HP, kamera, tape, TV, dan semua peralatan elektronik lainnya (termasuk setrika listrik). Di dalam pondok telah disediakan wartel dan warnet. Padatnya jadwal beajar biasanya santri tidak sempat ke wartel atau warnet, kecuali hari libur.
      Salam,
      Imam

  129. kalau mau ikut yang gelombang 1 tapi persyaratannya belum lengkap dan akan dilengkapi menyusul gimana??? kan smp pengumumannya tanggal 2 junii sedangkan tes gelombang 1 dimulai juni juga..

    gimana boleh nyusul gak persyaratannya???
    mohon penjelasannya ya.. makasih.. :D

    • Ikrima,
      Persyaratan ijasah HANYA dibutuhkan saat mendaftar ulang, bagi yang lulus seleksi masuk. Artinya, sekarang sudah boleh mendaftar tanpa ijasah. Pendaftaran ulang akan dilakukan setelah lebaran.
      salam,
      Imam

      • makasih…berarti ketika mendaftar hanya bawa pas foto dan syarat yang lain dong…???

      • Ikrima,
        Pendaftaran calon santri harus membawa semua persyaratan administrasi selain IJASAH. Ijasah hanya diperlukan jika calon santri lulus ujian seleksi.
        Salam,
        Imam

      • fotonya itu hitam putih apa berwarna merah to biru ya..???

      • assalam..

        saya mau tanya apa setelah selesai mendaftarkan diri itu langsung berasrama ya untuk dapat pendalaman…???

        wassalam makasih ..

    • Nisaa,
      Anak penakut tidak cocok masuk Gontor, sebaiknya kamu pilih sekolah lain. Santri Gontor adalah anak anak yang optimis dan berani berjuang keras untuk mencapai apa yang diinginkannya.
      Salam,
      Imam

    • Salma,
      Pendaftaran calon santri Gontor Putri sudah dapat dilakukan beberapa bulan yang lalu. Jika Salma mendaftarkan diri hari ini di GP2, maka akan menemukan sudah banyak calon santriwati yang sudah belajar di sana (pelajaran persiapan).
      salam,
      Imam

  130. Assalamualaikum wr.wb

    pak,kalau mau mendaftar di PPM Gontor tp, belum mendapatkan Ijazah SD gmn pak ?
    apakah boleh atau tidak ?

    • Manda,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran calon santri TIDAK perlu ijasah. Pendaftaran santri yang sudah lulus ujian baru membutuhkan ijasah. Pendaftaran sekarang untuk calon santriwati sehingga tidak perlu ijasah. Pendaftaran santri nanti habis lebaran, di saat itu baru butuh ijasah. Daftarkan anda sekarang juga.
      salam,
      Imam

      • assalamualaikum…… ustadz, mohon informasinya , adek saya ingin melanjutkan pendidikan nya di gontor,,tpi dia alumni pesantren luar,,dia mau masuk di pondok gontor 1 apakah mungkin dia di terima di pesantren tersebut,,,,? trus saya sudah membca semua biaya2 di pesantren tersebut,apakah itu masih berlaku sampai seknr( biayanya masih seperti yng tertulis di atas) terimaksih…. mwassalam

      • Rambe,
        Wa alaikum salam wr wb.
        Semua calon santri hanya dikelompokkan ke dalam dua kelompok: lulusan SD dan lulusan SMP. Alumni pondok lain atau alumni SMA akan masuk ke dalam salah satu kelompok tersebut. Semua pendaftaran calon santri harus di pondok Gontor 2 atau Gontir Putri 2. Tidak dikenal santri pindahan dari pondok lain.
        Biaya pendidikan seperti tertera di dalam blog ini. Saya seorang walisantri bukan ustadz di pondok. Informasi lebih detail langsung dicari di pondok.
        Salam,
        Imam

  131. ass. Wr. Wb
    Kan ketika kita mendaftar capel kita sudah membayar semua biaya yg ditetapkan. Lalu ketika sdh diterima dan ditempatkan di pondok yg ditentukan, biaya apalagi dan besarnya brp yg dikenakan unt santri baru. Jzklh

    • Pak Nur Yunus,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Biaya yang tertera dalam informasi pendaftaran adalah biaya pendaftaran santri yang sudah lulus ujian seleksi. Biaya pendaftaran capel tidak disebutkan didalam informadi tersebut. Besar biaya capel sekitar 2-3 juta yang mrliputi biaya buku, perlengkapan pribadi (makan tidur mandi), dan biaya makan serta sekolah selama masa persiapan ujian, 420 sebulan.
      Jika sudah punya perlengkapan pribadi, maka biaya pendaftaran santri nanti akan brkurang.
      Salam,
      Imam

  132. asslmkm ustadz…kami dari lampung rencananya keponakan saya mau masuk kegontor 2, saat ini sudah selesai mengikuti UN di SMP tapi blum da pengumuman, yang akan kami tanyakan untuk biaya nya apa langsung pembayaran maksud kami apa tidak boleh di cicil? kami saat ini masih terkendala dalam biaya karna infonya masih simpang siur, mohon penjelasan dari ustdz.

    • Bu Zulaiqa,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Biaya bulanan untuk makan dan SPP sekitar 420 ribu.
      Biaya pendaftaran tidak dapat dicicil, setahu saya demikian. Biaya pendaftaran capel sekitar 2-3 juta. Jika lulus maka bayar pendaftaran ulang sekitar 4.2 juta (pada bulan syawal)..
      Salam.
      Imam

  133. terima kasih ustadz atas penjelasannya, ada 1 lagi pertanyaan saya ustadz, untuk biaya daftar ulang apakah itu sudah termasuk biaya bulanan 1 semester? maksud saya spp & uang makan? dan untuk seragam apakah sudah di sediakan?

    • Bu Zulaiqa,
      Biaya daftar ulang hanya termasuk uang makan dan SPP bulan pertama. Uang makan dan SPP 4 atau 5 bulan berikutnya harus dibayar tersendiri, bisa dibayar setiap bulan, boleh juga dibayar semua di awal semester. Di dalam pondok yidak ada ATM, sehingga pengiriman uang biasanya lewat pos dan kita kirimkan lewat fax bukti pengiriman wesel pos tersebut ke pondok. Pengalaman saya kirim wesel pos kilat perlu waktu 3 hari untuk sampaiapada anak di pondok.
      Salam,
      Imam

      • Yth semua calon walisantri Gontor.
        Berdasarkan penjelasan informal dari FB walisantor, diberitahukan bahwa ujian seleksi masuk caoon santri Gontor akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2012. Sebaiknya anda mendaftarkan putra/putri anda sekarang, jika anda berniat menyekolahkan mereka ke Gontor.
        Salam,
        Imam

  134. Baik pak Imam1 Alhamdulillah sesuai petunjuk bapak kami sekeluarga tgl 17-20 mei datang langsung melihat dari dekat bahkan nginap gabung dengan wali santri lainnya di tanah air artinya tidak ada jarak antara si kaya dengan si miskin sederhana saja kita tidur diasrama yang telah disiapkan untuk wali santri apa adanya dan sekarang putri saya sudah bergabung dengan santri lainnya dan mengikuti prosudur pondok. sebelum daftar putri saya ada pengarahan dari pimpinan pondok baru kita daftar disemua loket kepanitiaan. kemudian saya ikuti prosesi belajar mengajar santri dari dibangunkan solat hajat, solat subuh , belajar baca al quran, tanjwit qiro’at sampai menjelang tidur jam 10 malam’ terima kasih

    • Pak Makshum,
      Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya di blog ini. Saya masih teringat saat-saat seperti yang sedang dialamiPak Makshum walisantri lain di Bapenta Gontor Putri 2.
      salam,
      Imam

    • Pak Maksum,
      Alumni Gontor sudah terorganisir. Mereka adalah anak-anak muda yang ahli dalam berorganisasi. Saya bukan alumni Gontor, melainkan mantan walisantriwati Gontor. Di facebook ada group “Walisantor” silahkan bergabung dengan mereka. banyak diskusi yang memotivasi dan menginspirasi. Di sana juga kita saling bantu dengan walisantri yang lain.
      Salam,
      Imam

  135. pak kami mau mendaftar ke pondok pesantren gontor yang ada di desa sumberejo,mentangen,ngawi,Jawa Timur.
    kami jauh pak kami berada di provinsi Riau,pekanbaru.
    caranya bagaimana pak ?
    kami belum terima ijazah (STTB)
    mohon bantuan nya pak.

    • Pak Sugito,
      Saya sarankan sekarang datang saja ke Gontor untuk mendaftarkan diri, setelah berdiskusi dengan Kepala Sekolah tentang tandatangan ijasah. Pendaftaran calon santri (sekarang) tidak membutuhkan ijasah, tetapi persayaratan administrasi lainnya harus ada: KK, raport, akte kelahiran, dan pasfoto. pendaftaran ulang santri (bulan Syawal, bagi calon santri yang dinyatakan lulus ujian seleksi) baru membutuhkan ijasah. Yang mungkin jadi masalah adalah bagaimana tanda tangan ijasah siswa, jika bulan ramadhan tidak berniat pulang kampung. Jika liburan Ramdahan ada rencana pulang kampung, saat itulah siswa akan tanda tangan ijasah. Ujian seleksi masuk Gontor akan dilaksanakan insya Allah tanggal 1 Juli 2012.
      Salam,
      Imam

      • tapi bukankah mask PTN/PTS itu membutuhkan ijazah? sdangkan di gontor sndri tdk mmliki ijzah?
        apakah PTN mau mnerima sswa lulusan gontor?

      • Alumni Gontor punya ijasah yang dihargai sama dengan ijasah SMA/MA. Bahkan dengan ijasah Gontor calon mahasiswa tidak perlu mengikuti UN (ujian nasional) atau menunjukkan hasil UN, karena semua tahu bahwa kualitas UN lebih rendah daripada ulangan semester.
        Salam,
        Imam

  136. ass,

    maaf sebelumnya, saya mau tanya dan ini bukan sekitar pendaftaran. saya mewakili kawan2 mahasiswa pendidikan UIN Sunan Kalijaga berencana untuk kunjungan ke Pondok Gontor Putri 1 di Mantingan guna memperbanyak wawasan pendidikan. namun kami tidaka ada link, mohon bantuanya untuk memperoleh nomor pondok Pondok Gontor Putri 1 di Mantingan yang bisa dihubungi. ini email saya ekfif@yahoo.co.id atau bapak sms saja ke 085233604540. terimakasih

    wss,

    • Fahisal,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Berurusan dengan pondok Gontor (Putri) tidak perlu link. Di sini tidak ada KKN. Semua orang diupayakan dipetlakukan sama, adil. Anda hanya perlu bersurst resmi dan menelpon. Tidak ada yang ditutpi di Gontor. Jika permintaan anda ditolak, bukan berarti anda tidak disukai melainkan mereka memang sedang tidak dapat menetima anda. Jika tujuan anda jelas dan skan membawa manfaat bsgi anda, insya Allah pondok akan menerima anda.
      Sebagai walisantri, saya menemukan bahwa kejujuran keikhlasan dan keadilan di dalam pondok Gontor tidak dapajt anda jumpai di tempat lain di Indonesia.
      Salam,
      Imam

  137. pak saya hilda mau tanya di hari minggu itu apa dibuka ya pendaftarannya?????

    • Ikrima,
      Pendaftaran dibuka 7 hari seminggu, dari habis Subuh sampai jam 22:00, Semua oarang Gontor pekerja keras. Libur hari Jumat mereka juga masih bekerja.
      Salam,
      Imam

      • pendaftaran gel pertama ditutup nya kapan ya pak????

  138. assalamualaikum,.. pak imam
    alhamdulillah ananda saya Raka Sraghasya udah masuk sekarang baru jadi Calon Pelajar Gontor 9 di Kalianda Lampung, terus terang pak imam. . saya khawatir sekali dgn anak sulung saya,.. gimana makannya,..? gimana tidurnya..?.. sudah beberapa hari ini ananda mondok selalu jadi kepikiran kami berdua dgn isteri apa lagi saat waktu makan di rumah selalu kepikiran, terutama isteri saya kadang saya perhatikan diam2 die seperti habis menangis,. kalo saya cerita tentang ananda die seperti gak mau cerita.. menurut pak imam,.. apa yg kami lakukan menghadapi situasi seperti ini,.. memang terasa berat sekali ujian ini,.. kadang saya berpikiran tak sanggup dan ingin kami batalkan saja.. terus terang ananda kami memang anak yg sangat patuh pada orang tua,.. sebelum die mendaftar jau2 hari memang kami sering mengunjungi pondok pesantren yg ada di lampung ini, dan kami tawarkan pada ananda,.. pertama die masih ragu,. tapi setelah selesai ujian kembali kami tawarkan lagi,.. alhamdulillah die mau,.. nah malah kami yg malah sedih.. tapi dgn bismillah dgn isteri kami daftarkan. dan beginilah situasi setelah mendaftar dan mondok, Mohon masukan dari pak imam, terima kasih sebelumnya, Wassalam

    • Pak Sirhan,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pengalaman Bapak dan istri sangat mirip dengan pengalaman kami. Bahkan kami kadang harus bertengkar karena ide sekolah di pondok dari saya. Walaipun istri saya dapat menyeyujuinya, dia pernah mengatakan bahwa saya ayah yang kejam kepda anak sendiri, akibat perbincangan teman temannya. Sebaiknya Bapak bergabung dalam facebook group Walisantor, dimana kita dapat tukar pengalaman antar walisantri.
      Perjuangan ini memang sangat berat buat anak dan orangtua. Ibaratnya jika kita ingin mendaki gunung yang lebih tinggi maka kita harus bersedia berkeringat lebih banyak dan menapak jalan yang lebih berat. Insya Allah srmua yang kita lakukan sebagai ibadah akan membetikan buah kebaikan yang banyak. Masa depan anak yang madih sangat panjang (50 tahun) sebagian ditentukan oleh perjuangan kita hati ini. Yang paling membahayakan anak muda adalah adanya uang dan waktu luang. Keduanya itu diminimalkan di dalam pondok Gontor. Sebagian santri Gontor di Jawa hanya bertemu ortunya 3 tahun srkali. Perjuangan mereka lebih berat dan lebih hebat. Saran saya, serahkan anak kepada Allah semoga dia srlalu mendapat rahmatNya. Anak yang jauh di pondok akan srmakin dekat di hati.
      Salam,
      Imam

  139. assalamualaikum wr.wb,,,,,,pak imam

    mau tnya ujian masuk gelombang 1 tgl berapa???,,,,,,trus klo mau mengikuti pembelajaran materi2 yng mau diujikan tgl berapa?????trims,,,,,wasalam

    • Aida,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Ujian seleksi masuk Gontor insya Allah tanggal 1 Juli 2012. Kegiatan belajar persiapan ujian sudah dilaksanakan sejak srlesai ujian nasional.
      Salam,
      Imam

      • klo mau ikut pembelajaran materi2 nginep di karangtina ap dimana,,,,,,,,,trus yng harus dibawa ap ja,,,,,,,trims,,,,,,,wasalam

      • maaf pak kebanyakan tanya ,,,,,,,,,tapi klo mau mengikuti pendalaman materi2 yng akn diujikan insyaallah pada hari kamis,6-7-12 masih bisa nda,,,,,,,,sekali lgi trims wasalam,,,,,,,,

      • Bisa saja dan bisa sekali. Bahkan calon santri yang datang 3 hari sebelum ujian juga dilayani pelajaran persiapan ujian. Semakin lama mempersiapkan diri semakinbaik, srmakin besar peluangnya lulus ujian.
        Salam,
        Imam

  140. Maaf Pak imam.
    saya coba komentari Bp.Fatkhur….. untuk gontor yg ada di kalianda Lampung Selatan itu Gontor 9 yg ada di desa Tajimalela Kalianda Lampung Selatan. Pendaftarn sudah di mulai dari tgl 11 Mei 2012 sampai 04 Juni 2012 untuk Gelombang Pertama dan Test ujian Masuk insyaallah tgl 04 juni 2012. selanjutnya buka gelombang ke II hingga batas Quota. untuk lebih jelasnya silakan hub : 082179972997 dan 0721-3561919 Panitia Pendaftaran, demikian semoga dapat membantu, wassalam

  141. wala’alaikum salam.. Bp. Fatkhur, untuk lebih jelasnya informasi alangkah baiknya bapak hubungi no yg di atas tadi, terima kasih

  142. ASSALAMMUALAIKUM WR.WB
    pak imam saya pengen daftar ke gontor putri th ini berhubung kegiatan sekolah blm selesai kalau saya brangkat ke gontornya tgl 12 mei 2012 masih ada waktu ikut belajar materi yang akan di ujikan tidak

    terimakash banyak sblumnya

    wasalam,azmi

    • Azmi,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Belajar persiapan ujian tidak harus di dalam pondok, dapat juga dilakukan di luar pondok. Semakin dekat ujian semakin sedikit persiapannya, tinggal dihitung sendiri saja.
      Salam,
      Imam

  143. iwan kurniawan blitar
    asssalammualaikum wr.wb

    pak imam saya ingin mendaftar anak saya ke gontor putra tapi hanya sampai setingkat SMP bisa apa tidak?

    terimakasih sebelumnya.

    wasalam,iwan

  144. assalamualaikum wr wb,,,

    pak saya mau tanya klo nanti insyaalah klo nak saya dah daftar dan mengikuti pendalaman materi dalam waktu dkt ni,tapi kan nak sya belum mengikuti perpisahan,lah nanti apakah anak saya boleh pulang untk mengikuti acara perpisahan tsb tgl 23 juni???

    • Pak Saifudin,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Jika sudah mendaftar di pondok calon santri akan tinggal di dalam pondok. Dia tidak diijijnkan keluar lingkungan pondok kecuali libur srmester atau sakit yang perlu dirawat fi rumahsakit.
      Salam,
      Imam

  145. ass wr wb
    pak imam saya calon santri PM GONTOR putra
    saya mau tanya pak…
    1.apakah ada santri yg stelah seleksi pada bulan sya’ban dan sya’wal tdk lulus???
    2.saya lihat di tata tertib (Brosur) tdk boleh membawa ,kaos,jaket,celana lalu jika tidur tidak memakai kaos/celana bagaimana pak??? memakai apa???
    3.saya di rumah sudah mempersiapkan diri dengan hafalan juz’amma dan latihan bhs inggris…lalu tes yg di ujikan pda juz’amma dan bhs inggris brupa soal/ sesi wawancara???
    4.pak saya adalah anak yang haus akan prestasi di bidang olahraga seni bela diri..dlu saya bertanya-tanya di gontor apa ada ya peluang berprestasi??? saya sampai merelakan lomba POPDA (pekan olahraga pelajar daerah) wktu setelah hari raya saya korbankan tdk ikut karna hanya untuk msuk ke PM GONTOR bsok 17 juni apa ada ya pak peluang breprestasi ???
    5.pak dalam pembagian kamarnya…kita akan di tempatkan di kamar yang di campur dengan anak PM GONTOR yang telah jadi santri di sana/dengan anak yg sama dengan saya yang baru masuk dan mengenal PM GONTOR

    • Kemas,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Di Gontor sebagian calon santri tetap tidak lulus setelah menjalani dua kali ujian seleksi. Gonyor punya standar penilaian yang ketat.
      Prestasi dalam olah raga dan pramuka serta organisasi lainnya sangat dihargai dalam pondok. Insya Allah kamu menemukan tantangan yang yiada habisnya di dalam pondok.
      Ujian seleksi tidak termasuk hafalan al Quran, melainkan membaca al Quran dan menulis arab (imla). Saya yidak tahu ujian bahasa akan lisan atau tulisan. Setahu saya keduanya akan dilakaukan, lisan dan tulisan.
      Santri tidur dengan pakaian tidur, bukan celana sekolah. Baju tidur untik perempuan berupa celan tidur dan baju lengan panjang dari bahan kaos. Mungkin bahan yang sama juga diterapkan pada santri pria, saya tidak punya anak pria.
      Salam,
      Imam

  146. pak imam
    owh jd yang tidak lulus tandanya sudah ndak di terima ya pak???
    waduh gawat ni…hrs belajar MTK n B.ING jauh lebih detail ini…
    brarti untuk tidurnya di sediakan seragam khusus dr pondok ya pak???
    mkasih pak infonya…
    do’akan saya ke terima ya pak di sana…

  147. owh jd gt ya pak….
    jd tidurnya nanti ada seragamnya???
    loh tp kan anak yg sebelum tes wktu bulan sya’ban
    di suruh melunasi segala adminitrasi termasuk biaya sewa kamar dan seragam
    ..lalu yang tidak lulus bagaimana pak???

    • Kemas,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sewa kamar untuk calon santri yang tinggal di pondok untuk belajar persiapan ujian. Saat ini sudah lebih 1500 calon santri yang tinggal di pondok gontor 2 (putra) belajar materi persiapan ujian. Mereka sudah pakai seragam olahraga dan seragam sekolah sebagian.
      Jika calon santri gagal di bulan Syaban dan Syawal maka dia dapat daftar di sekolah lain di luar Gontor, atau dia tetap tinggal di pondok untuk belajar pelajaran pondok Gontor sambil menunggu ujian seleksinsantri tahun depan.
      Salam,
      Imam

  148. waduh…
    saya jd takut pak
    huuufft bismillah optimis masuk…..
    makasih ya pak infonya…
    wassalam

  149. assalamualaikum…
    pak, kalau saya mendaftar di gontor putri 2 ngawi pada tanggal 19 juni, kira-kira bisa tidak kalau ujiannya pada hari pertama? terima kasih sebelumnya. wassalam

    • Wa Ode,
      Wa alaikum salam wr wb
      Setiap calon santri harus tinggal di pondok sebelum dan selama ujian srleksi. Begitu mendaftarkan diri di pondok calon santri langsung tinggal di dalam pondok.
      Jika pendaftaran dilakukan lebih awal, calon santri punya waktu beradaptadi dengan kehidupan pondok Gontor sebelum ujisn. Jika pendaftaran lebih drkat dengan waktu ujian, calon santri berhadapan dengan masalah adaptadi dan masalah ujian pada saat bersamaan.
      Pendaftaran 19 Juni insya Allah madih dapat ikut ujian srlrksi gelombang pertama.
      Salam,
      Imam

  150. maaf ustad saya mau tanya lagi. kalau saya mendaftar dan tidak ikut mondok di sana sebagai persiapan tes masuk KMI, tidak apa-apa ustad? mohon infonya. terima kasih. wassalam

  151. assalamualaikum..
    maaf ustad, insyaAllah saya tiba tgl 19 juni (sehari sebelum akhir pendf. gelombang I) kira-kira berapa hari setelahnya tes gel. I dilaksanakan? dan berlangsung dlm berapa hari? lalu pengumuman hasilnya pada tanggal berapa? mudah-mudahan saya lulus. amin. bolehkah saya kembali pulang dan kembali daftar ulang pada bulan syawal nanti? terima kasih ustad. wassalam

    • Wa Ode,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Ujian seleksi insya Allah tanggal 2 Juli. Saya tidak tahu berapa lama, karena saya hanya seorang mantan walisantri. Calon santri biasanya baru boleh pulang padaa hari ke-10 d bulan Ramadhan. Mereka masuk untuk daftar ulang sebelum tanggal 10 Syawal.
      Salam,
      Imam

  152. assalamualikum :)
    saya calon siswa yang inngin mendaftar di gontor . tpii apakah skrng pndftrn msh di buka untuk yg gel 1 ??

    • Redya,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran akan segera ditutup untuk gelombang pertama, karena ujian dilaksanakan tanggal 23 Juni, bukan 2 Juli sebagaimana yang diposting di blog ini. Saya bukan pengasuh pondo seuingga hanya mendapatkan informasi dari para walisantri saja. Masalahnya informasi dari pondok secara resmi tidak ada di internet, sehingga saya menvoba untuk membagi informasi apa saja yang ada dari para ealisantri.
      Salam,
      Imam

  153. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Alhamdulillah saya sudah survey ke sana, dan dari hasil survey itulah anak saya bisa melihat kegiatan santriwati di sana. Dan Alhamdulillah anak saya tertarik. Tanpa harus memaksa saya telah mendaftarkan anak saya sebagai calon santriwati di Gontor Putri. Per hari ini anak saya sudah 1 bulan berada di sana.

    Namun ada beberapa informasi biaya yang tidak tercantum di dalam blog Anda yang jumlahnya cukup besar.
    Yaitu biaya daftar ulang bagi calon santriwati yg telah lulus tes ujian masuk, yaitu berkisar 2 juta atau bahkan lebih. biaya bulanan untuk tahun ini adalah Rp. 480.000,-

    Yang ingin saya tanyakan adalah, setiap kenaikan kelas akan ada daftar ulang lagi, apakah berdasarkan pengalaman bapak biayanya sama setiap tahunnya?

    Untuk tambahan informasi yg saya peroleh dari anak saya: Tes Ujian Masuk Gelombang I akan diadakan pada tgl. 23 Juni s/d 3 Juli 2012 dan pengumuman hasil ujian pd tgl. 10 Juli 2012.
    Sejauh ini calon santriwati sudah hampir mencapai 2000 calon santriwati, belum termasuk tamhidi yg jumlahnya 75 orang.

    Demikian pertanyaan dan info tambahan dari saya. Semoga blog ini bermanfaat buat kita semua sebagai salah satu referensi dan sumber informasi bagi orang tua yang menginginkan anaknya menimba ilmu di Gontor.

    Terima Kasih
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  154. Pak Prayitno,
    Wa alaikum salam wr wb.
    Alhamdulillah, anak Bapak sudah mulai masuk Pondok Gontor Putri 2 (GP 2). Semoga saja dia dapat menikmati setiap tantangan di dalam pondok.
    Terima kasih banyak telah menambah dan mengkoreksi informasi yang telah tersedia di blog ini, terutama masalah biaya. Saya memang kekurangan informasi masalah biaya, karena biasanya itu urusan istri saya. Seringkali saya sulit untuk menjawab pertanyaan atau komentar pembaca. Jika saya jawab “tidk tahu”, mereka akan kecewa. Jika saya jawab “sekian” ternyata yang dijumpai berbeda. Memang hal ini menjadi kesulitan tersendiri. Apalagi calon walisantri juga sulit menemukan informasi tentang biaya ini di dalam web resminya pondok. Akhirnya saya sering memberanikan diri untuk menjawab masalah penting (biaya) ini dengan harapan dapat memberikan gambaran umum. Semoga saja mereka yang membaca tidak terlalu kecewa.
    Setiap kenaikan kelas biayanya (hampir) sama dengan pendaftaran ulang, dikurangi tidak ada lagi pembelian lemari baju dan sepatu. Sumbangan wajib pembangunan pondok dibayar setiap pendaftaran ulang (awal tahun pelajaran). Jika ada kenaikan biasanya sangat kecil sekitar 20-50 ribu rupiah, berdasarkan pengalaman saya. Saya meyakini bahwa pondok berusaha keras untuk menekan biaya santri/wati, karena mereka semua berkeinginan semua santri/wati dapat belajar dengan baik tanpa merisaukan masalah biaya.
    Sekali lagi terima kasih atas komentarnya di blog ini, semoga informasi Bapak bermanfaat bagi semua pembaca blog ini.
    Salam,
    Imam

  155. saya punya saudara wrga negara asing..juli ini dia lulus SD di Jepang..dan orang tuanya ingin anaknya masuk Pesantren Gontor,,untuk mendalami ISLAM…kalo anak ini ikut ujian secara resmi pasti dia 100% gagal…adakah di Gontor Penerimaan Siswa asing yang ingin mendalami islam..Kebetulan dia Fasih berbahasa Indonesia…cuma ijazahnya beda dengan kita…tolong penjelasannya…makasih…

    • Ibu Ani,
      Wa alaikum salam wr
      Bagaimana anda memasyikan dia akan gagal sebelum mencobanya? Di Gontor anyak santri dari luar negeri, misal Thailand, Mesir, Palestina, Pakistan, Malaysia, Brunai, dsb. Ada anak teman dari SD di New Zealand langsung ke Gontor dan dapat diterima di sana, sekarang di GP5.
      Di Gontor tidak ada perlakuan khusus untuk siapapun. Jika memang ingin belajar ilmu secara Islami sedangkan tidak lulus ujian seleksi, dia dapat tahmidi setahun di pondok sambil menunggu ujian seleksi tahun betikutnya. Masalahnya hanya di niat dan motivasi. Di setiap pondok Gontor ada pertanyaan: Apa yang kau cari di Gontor? Jika tidak mampu mrnjawab pertanyaan itu akanunya masalah, karena pendifikan di Gontor tidak sama dengan di luar.
      Salam,
      Imam

  156. Assalamu’alikum
    afwan ustadz klo untuk biaya bulanan Rp 440.000, itu sudah termasuk biaya makan sehari-hari atw ada biaya biaya lain

  157. ass…

    saya sebagai kaka ingin memasukan adik saya untuk menjadi siswa SMP di gontor ini!!!
    tapi saya masih kurang jelas bagaiman cara pendaftran untuj menjadi siswa putra gontor ini!!

    adik saya laki-laki
    umur 11 tahun
    baru lulus SD Tahun Ajaran 2012 ini…

    mohon dibalas secepatnya,,…

    wsss

  158. assalamualaikum….saya mau tanya usia saya 34th,saya pngen mngikuti bingbingan di ponpes .dan yng sya tanyakn .apakah d trima dan apa persyaratan yng saya bawa sblumnya trimakasih.

    • Pak Sayidi,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Ada cerita anak dan ayahnya belajar di pondok Gontor, satu angkatan. Setahu saya di Gonyor tidak ada pengecualian. Jika bapak ingin sekali mencari ilmu di sini, maka akan dipetlakukan sama persus dengan anak lulusan SMP. Sebaiknya Bapak tanyakan langsung ke pondok, saya hanya seorang walisantri.
      Salam,
      Imam

  159. Assalamuálaikum Ustadz.,nama Saya Aisyah saya mempunyai putra sekrang kelas 6 SD di Singapura,saya berniat mau memasukkan anak saya di ponpes gontor setlah dia lulus SD nanti dan lulusan kalau di Singapura bulan December .apakah ada perbedaan biaya utk anak dari luar negeri ??,apakan pondok pesantren Gontor di i’tiraf du Singapura?

    • Ibu Aisyah,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya tidak tahu tentang oerbedaan biaya yang ibu tanyakan. Sebaiknya ditanyakan langsung ke pondok. Seandainya ada, maka biayanya tetap saja murah apalagi jika sibandingkan dengan uang Sinfapore. Siswa atau santri internasional punya kelas khusus dimana mereka tidak akan belajar sebagian oelajaran kurukulum Indonesia.
      Salam,
      Imam

  160. Sebagai alumni Gontor angkatan 92, saya malu dengan website http://www.gontor.ac.id yang gak pernah di update sampai sekarang, sehingga webnya sama blognya bapak ini justru ramai blognya bapak ini, sukron kasir dech ama bapak ini yang sudah mem bridge masyarakat terkait informasi gontor

    • Ibu Ummu,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Terima kasih ikut menulis di blog ini.
      Saya juga kecewa mengapa informasi di web resmi Gontor tidak lengkap dan kurang jelas. Misalnya pendaftaran calon santri dan pendaftaran ulang santri (yang lulus ujian) tidak secara jelas dibedakan, padahal keduanya persyaratannya berbeda dan biayanya juga berbeda. Semoga segera ada perbaikan. Amiin.
      Salam,
      Imam

  161. sugito,
    pak mohon maaf,bisa bapak kasih nomor hp bapak,sebab kami besok tgl 30 juni kami berangkat menuju yogya
    mohon bantuanya pak,klw dry yogya-gontor putri naik bus apa pak,mohon bantuannya

    • Pak Sugito,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pondok Gontro Putri SANGAT MUDAH dicari dengan naik bis umum. Bapak naik bis jurusa Jogja ke Surabaya semuanya akan melwati kampus pondok Gontor Putri 1 dan 2. Semua kondektur dan sopir bis di jurusan ini sudah tahu, karena puluhan ribu santri dan walisantri setiap tahun naik bis di jalur ini. Saya tidak khawatir, insya Allah, Pak Sugito tidak akan tersesat. Saya lebih khawatir dengan waktu pendaftaran yang agak terlambat.
      Pendaftaran sekarang sangat dekat dengan jadwal ujian, semoga saja dapat diterima. Amiin.
      Salam,
      Imam

    • Pak Bambang,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Maaf Pak Bambang saya tidak tahu jawabannya, karena saya bukan pengasuh pondok. Pendaftaran untuk ujian gelombang pertama MUNGKIN sudah ditutup, tetapi untuk gelombang kedua masih terbuka. Sebaiknya hubungi langsung nomor telpon pondok. Waktu pendaftaran lulusan SD dan SMP sama, waktu ujiannya juga sama
      Salam,
      Imam

  162. assalamu’alaikum wr.wb
    terima kasih pak sekarang ini kami sedang berada di JAKARTA munuju JOGJAKARTA
    mungkin besok pagi kami sampai di sana
    wassalamua’laikum wr.wb

  163. SEKEDAR INFORMASI PENGALAMAN KEMARIN 28 Juni 2012 MASUKIN ANAK DI GONTOR PUTRI 2:

    Sebelumnya pastikan jangan Telp ke ustadahnya tentang biaya? karena saya telp 3 kali jawabnya berbeda beda ada yang bilang total 3,7 Juta, kemudian di telp kedua ada yang bilang 4,1 juta, Kenyataannya sebagai berikut total pengalaman saya bayar kemarin:

    1. Administrasi IDR 3,600,000
    2. Seragam IDR 290.000 [update kemarin habis]
    3. Organisasi IDR 54.000
    4. Biaya Perlengkapan IDR 206.000
    5. Buku IDR 88.500 [buku buku tulis biasa]
    6. Perlengkapan [Ember dll] IDR 85.000
    7. Biaya Ujial Lisan IDR 3.000 [Dibayar Tersendiri he,..eh… mungkin buat makan Ustadzahnya, kenapa 3 rebu perak ya? he..he.. kok nggak dimaksudkan total di biaya pendaftaran…ya saya juga heran]

    Pengalaman saya kemarin sebelum datang ke Mantingan, telp ke panitia [ustadzahnya] katanya 3,8 Juta setelah sampai dan kenyataan berbeda, total 4,4 juta, di webnya gontor juga gak jelas dan gak bener, jadi pastikan jangan di buka gak ada yang benar terkait informasi biaya pertamanya, sebagai pesantren terbesar nasional saya kecewa websitenya tidak dikelola yang baik, saya kirim email juga gak di balas balas sudah satu minggu, sepertinya dalam hal IT mereka masih kalah dengan pesantren assalaam solo, pesantren tebuireng jombang, kelihatannya gontor tidak punya ahli IT yang mumpuni, kalau mau daftar ke sana pastikan ember, gayung mandi, piring nggak usah beli karena langsung di sediakan oleh mereka, akhirnya anak saya kemarin yang sudah beli perlengkapan saya bawa pulang lagi, untuk hari kemarin calon santriwati sudah tidak ada jatah almari jadi pastikan bawa koper atau kardus ukuran besar buat tempat pakaian dll. karena tidak di sediakan almari, Telpnya panitia 0351 672646 tetapi ingat jangan tanya biaya..jawabnya berubah berubah he..he.. nggak tahu kenapa pengalaman saya telp 3 kali jawabnya nggak ada yang sama, di webnya gontor 3,7 juta, di telp bilang 3,9 juta, kenyataan lapangan 4 juta lebih, saya nggak mempermasalahkan biaya, tetapi PANITIA dan IT gontor memang tidak professional…Semoga membantu, pastikan juga bawa uang sekitar 5 juta cash, pengalaman saya juga saya harus naik Bus ke Sragen untuk ambil di ATM BCA, jaraknya sekitar 30 km naik bus 1 jam puarah, di gontor tidak ada ATM, di mantingan yang dekatnya Gontor hanya ada ATM BPD Jatim dan BRI, waktu mau narik ATM BCA ATM BPD dan BRI lagi ngadat kemarin, susah amat saya sampai ngos ngosan naik Bus gak sesuai dengan banyangan saya, saya bayar bisa pakai Debit atau tarik ATM, ternyata dari rumah hanya bawa uang Cash 2 Juta, saya harus naik Bus sekitar 1 jam cari ATM BCA, Ya pengalaman yang luar bisa dan sedikit menyebalkan..wkk.. Pastikan bagi orang Tua BAWA UANG CASH sekitar 4,5 – 5 Juta …semoga membantu

    • Kristina,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Terima kasih telah berbagi pengalaman dengan kami di blog ini. Informasi anda merupakan info terakhir yang kami dapatkan tentang pendaftaran calon santri. Semoga para calon walisantri juga memperhatikan informasi yang anda tuliskan tersebut.
      Biaya ujian yang CUMA 3 ribu rupiah tersebut menunjukkan bahwa Gontor sangat transparan dengan penggunaan semua uang dari walisantri. Tidak ada yang disembunyikan atau dikaburkan. Setiap rupiah yang dimintakan dari walisantri selalu dapat dipertanggungjawabkan. Ustadz/ustadzah sama sekali tidak berkaitan dengan penentuan maupun penggunaan uang pendaftaran. Tidak ada honor bagi mereka yang menjadi panitia pendaaftaran. Semua anggaran direncanakan dan ditetapkan oleh pengasuh ponok dengan berbagai pertimbangan.
      Saya sangat setuju bahwa IT Gontor memang tidak membantu dalam mempersiapkan informasi yang sangat dibutuhkan oleh para calon walisantri. Banyak informasi yang penting tetapi tidak tersedia di sana. Semoga Gontor dapat segera memperbaiki dirinya.
      Salam,
      Imam

  164. Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Sebe;umnya saya perkenalkan diri, nama saya Muhammad Agung Wibisana dari Palembang.
    saya seorang salah satu siswa SMA swasta di kota saya. dan sekarang baru naik kelas dua. Tapi tiba-tiba saya ingiiin sekali bergabung di pondok pesantren GONTOR ini. Bagaimana menurut bapak solusi terbaik untuk saya mengingat pedaftaran dan tesnya sudah dimulai. Masih adakah saya kesempatan?????.

    Wassalamualikum Warahmatullahiwabarakatuh

    • Agung,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya khawatir kemauanmu yang ‘mendadak’ tersebut tidak akan cukup kuat untuk bertahan di dalam pondok Gontor selama 4 tahun (untuk lulusan SMP). Sebelum masuk ke Gontor sebaiknya anda dapat menjawab pertanyaan ini: Apa yang kau cari di Gontor?
      Jika anda mendaftarkan diri ke Gontor sekarang, anda diperlakukan persis sama dengan calon santri dari lulusan SMP. Jika anda mendaftar ke Gontor setelah lulus SMA, anda juga akan diperlakukan sama dengan lulusan SMP (sama). Sebaiknya selesaikan dulu SMA-mu dan masuk ke Gontor jika keinginan itu masih ada.
      Salam,
      Imam

  165. Alhamdulillah Pak Imam, pada waktu akan mendaftarkan anak saya, saya menemukan blog ini dan saya print trus saya pelajari…sangat membantu. hari ini tanggal 11-Juli-2012 sudah pengumuman dan anak saya telp. kalau diterima di GP1 Mantingan, namun temen seangkatan anak saya tidak diterima…Pak Imam, apa punya pengalaman atau pernah ada yang curhat bagaimana menghandle anak2 yang tidak diterima karena dianya shock, menangis..then mau sekolah dimana juga..? bagaimanapun orang tua akan bingung mencarikan sekolah seandainya di gel. 2 setelah lebaran dia tidak lolos tes lagi..

    • Pak Prayitno,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Tangisan di pondok GP terjadi setiap semester, sehingga bukan hal yang luar biasa bagi para ustadzah. Jika ingin mendaftar di sekolah luar juga masih terbuka. Jika ingin mencoba lagi di Gontor juga sangat memungkinkan.
      Tidak ada yang dapat saya sarankan kecuali bahwa penolakan Gontor memang sesuai dengan kemampuan si anak (saat ini). Jika dipaksakan dia akan terlunta-lunta selama bertahun-tahun. Jika ingin sekali sekolah di Gontor masih ada kesempatan lagi. Mohon maaf hanya ini yang dapat saya sampaikan.
      Salam,
      Imam

  166. Assalamuailkum pak agung..
    untuk gelombang pertama ini anak saya tidak lulus ujian,insya Allah akan mengikuti ujian gelombang ke 2,nanti dibulan syawal,yang ingin saya tanyakan?apakah nanti mengikiuti gelombang ke 2 anak saya bayar lagi?seperti gelombang pertama ?
    sebelumnya terima kasih pak..

    • Ibu Tania,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Mohon maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaan ibu. Sebaiknya Ibu Tania menanyakan langsung ke pondok, karena saya tidak punya informasi tentang masalah ini. Sekali lagi mohon maaf. Jika ada pembaca yang dapat berbagi informasi yang sedang dibutuhkan oleh Bu Tania, silahkan menjawabnya.
      Salam,
      Imam

  167. Assalamuailkum..Ust saya mau tanya..anak saya lulusan SMA, rencana masuk kuliah bulan maret 2013, sambil menunggu waktu kuliah Agustus 2012 hingga pebruari 2013, rencana akan saya masukan ke pesantren gontor ( kurang lebih 7 bulan ), gimana caranya ya ust ?, Adakah program pesantren dengan masa waktu 7 bulan. terimaksaih sebelumnya, wassalam Dadang Rosyid Ridlo

    • Pak Dadang,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Di Gontor tidak ada paket pendidikan 7 bulan, 3 tahun, atau yang lainnya. Yang ada di sini adalah paket belajar 6 tahun (lulusan SD) atau 4 tahun (bagi lulusan SMP). Banyak pondok lain yang dapat menyediakan pakrt yang Bapak inginkan. Untuk membentuk karakte santri yang kuat dibutuhkan waktu yang lama, bukan hitungan bulanan.
      Salam,
      Imam

    • Bu Parni,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Biaya oer bulan silahkan dibaca di dalam blog ini dan komentar dari pembaca. Seingat saya sekitar 480 ribu per bulan.
      Salam,
      Imam

  168. Assalamu alaikum Pak Imambachtiar.salam kenal saya Dasiran, wali santri dari kabupaten Blora jateng. Kebetulan tahun ini anak saya masuk GP 5 Kediri, boleg dong pak bagi info ttg GP 5 kediri

    • Pak Dasiran,
      Waa alaikum salam wr wb.
      GP5 lebih unggul di dalam menu makanan dan kebersihan air. Santrinya juga lebih sedikit ehingga hampir semua santri dapat saling mengenal. GP5terletak jauh dari kota, transportasi umunya lebih sulit. Bagi walisantri yang dar luar Jawa terasa lebih repot jika harus ke GP5.
      Salam,
      Imam

  169. assalamualaikum maaf pak saya punya adik calon santri yang sekarang berada di pondok putri 2..dari Tg.Balai karimun kepulauan riau..saya ada kirim paket sudah 3 minggu kok belum sampai juga.itu gimna ya pak???alamatnya yang bener itu dimna?

    • Ibu Fatwa,
      wa alaikum salam wr wb.
      Saya tiak dàpàt mmenjawab pertanyaan Ibu. Alamat GP2, Pondok Gontor Putri 2, Desa Sambirejo, Kec. Mantingan, Kab. Ngawi. Di dalam pengiriman paket perlu ditulis secara jelas nama santri, kelas, dan rayonnya. Sebaiknya santri yang bersangkutan menanyakan kirimannya kepada pengasuh atau admin. Setiap pengiriman paket akan melalui admin. Pengalaman saya pengiriman paket biasa (bukan ekspress) dari Mataram ke GP2 hanya perlu waktu seminggu.
      Salam,
      Imam

  170. Assalamu’alaikum Ustadz, Untuk Tes Biar bisa langsung masuk kelas 3 Intensif prosedurnya bagaimana ? Adik saya baru lulus dari Pondok Alumni Gontor. Kurikulum dan materinya sama persis seperti apa yang di ajarkan di Gontor. Mohon Infonya Ustadz.
    Jazakumullah Khoir.

    • Pak Fadly,
      Wa alaiukm salam wr wb.
      Saya bukan ustadz di Gontor sehingga tidak layak menjawab pertanyaan Bapak. Yang saya dengar dari para walisantri, bahwa HANYA pindahan dari pondok Gontor (lain) yang dapat perlakuan sama etika pindah sekolah ke suatu pondok Gontor. Pindahan dari pondok alumni diperlakukan sama dengan pindahan dari pondok atau sekolah lainnya, artiunya harus mulai dari kelas 1 intensif. Jika dalam pengajaran dia dapat menunjukkan kompetemsi akademik setara kelas 2 atau kelas 3 Gontor, maka boleh jadi dia diberi kesempatan utuk lompat k kelas di atasnya. Dasar lompat kelas bukan asal pondok melainkan kompetensi akademis.
      Salam,
      Imam

  171. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Semoga Ustadz selalu dalam lindungan Allah swt.
    Ustadz, anak saya gagal pada ujian gelombang pertama, dan langsung shock (pingsan). Tapi dia masih punya semangat untuk mengikuti ujian gelombang kedua. Menurut ustadzah pembimbingnya, anak saya lemah pada ujian imla.
    Pada liburan pertengahan Ramadhan nanti, saya berencana untuk memasukkan anak saya ke bimbel, di internet ada yang menawarkan bimbingan belajar untuk menghadapi ujian masuk Gontor, yang katanya semua pendidiknya adalah alumni Gontor. dan selama ini tingkat kelulusan peserta didiknya adalah 100%.
    Menurut Ustadz, seberapa efektifkah bila mengikuti bimbel tersebut, mengingat waktu yang tersisa hanya tinggal beberapa minggu saja (tgl 11 Syawal santri harus sudah berada di Gontor).
    Apakah ada kiat khusus dari Ustadz untuk mengisi masa liburan tersebut?

    mohon pencerahannya.
    Terima Kasih

    • Pak Prayitno,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Saya terharu dengan kegigihan putra Bapak. Dengan kegigihan itu, saya yakin, dia dapat lulus di ujian kedua dengan bimbingan yang baik. Saya tidak mengenal bimbingan tersebut, tetapi sayayakin akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam imla. Jika hanya imla yang lemah, insya allah dapat diperbaiki dalam srminggu, yang penting si putra belajar keras melayih ketrampilan imlanya. Pembimbing hanya menunjukkan jalannya, dia yang hatus betjalan melewati jalur tersebut. Srmoga berhasil. Amiin.
      Salam,
      Imam

  172. assalammualaikum wr,wb.
    pak ustadz, saya mau bertanya apakah gelombang ke 2 masih menerima pendaftaran santri untuk keluaran mts. kalau masih buka saya mau kesana tgl 24 agustus 2012.
    wassalam,mohon untuk jawabannya.

    • Bayu,
      Masuk ke Gontor lebih sulit daripada masuk SMP Negeri. Pondok Gontor adalah sekolah internasional yang tanpa embel-embel nama internasional. Bagaimana mungkin siswa tidak lulus SD akan diterima di Pondok Gontor???? Tidak mungkin lah.
      Salam,
      Imam

  173. Assalamu alaikum Pak Imam, menurut Bapak GP 5 unggul air dan makan, serta sesama santri bs lbh saling mengenal. Bagaimana keunggulan masalah pelajaran, dan bagi kami yg kurang paham ttg GP 5, bhwa santri yg msk GP5 dianggap berkemampuan rata2 kebawah. Tks, slamat ibadah ramadlan. Wassalam………..

  174. Pak Dasiran,
    Wa alaikum salam wr wb.
    Anak kedua saya diterima di GP2 selama 6 bulan sebelum dipindahkan ke GP5. Nilai rata-rata raportnya 7.9, dan ditempatkan di Kelas B. Tidak benar santri di GP5 kualitasnya lebih rendah. Mungkin santri di kelas B di GP1 tidak ada di GP5, tetapi jika di kelas C GP1, setara dengan kelas B di GP5.
    Salam,
    Imam

  175. pak tapi boleh masuk kalo di bayar langsung tanpa jaminan tapi kan pa adikkku ga lulus sd masa ga bisa masuk pondok pesantren gi mana pak ustad………………………………………….????????????????????????????//*888888888888888888

  176. Bagi pndaftar brijazah sd dg masa belajar 6 th bila tlh lulus bisa mndapatkan ijazah setara dg sltp apa slta? Biaya bulanan yg 420 rb apa sudah trmasuk uang saku atau gimana?…..apa boleh santri mmbwa uang saku brlebih?…wassalam……

    • Yusuf.
      Setelah belajar 6 tahun di pondk Gontor, mereka mendapat ijasah setara SLTA. Biaya 440 ribu tersebut belum termasuk uang saku. Uang saku boleh lebih tetapi dititipkan ppada tabungan santri yang pengambilannya perlu tanda-tangan ustadz wali kelas.
      Salam,
      Imam

  177. Assalamu’alaikum Pak ..
    Saya murid SMA kelas 3. rencananya saya ingin mondok di gontor setelah lulus SMA. di wilayah mana saya harus daftar dan apakah terdapat universitas negeri di sekitar pondok? terimakasih.

  178. ghe mana kalo nerusin sekolah di gontor ajha boleh ga pak sama mondok di sama taphe msih SD ghi mana pak boleh gapak di sana apa masih keberatan apa gak pak…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………./////////////////////////////

  179. assalamualaikum…wrwb
    saya mau bertanya..saya orang tua calon santriwati yang tidak lulus ujian gelombang pertama dan insya Allah akan mengikuti test tahap kedua.
    kalau misalnya anak saya tidak lulus ujian yang kedua,bagaimana langkah selanjutnya?
    tks

    • Pak Zaeni,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Calon santri yang tidak lulus pada ujian gelombang II punya 2 pilihan: mencari sekolah lain di luar Gontor atau tetap tinggal di pondok Gontor (Putri) 2 sebagai santri tahmidi. Santri tahmidi mendapat pelajaran yang sama sibuknya dengan santri di pondok Gontor lain. Dia akan diberi pelajaran bahan-bahan persiapan ujian seleksi dan materi pelajaran lanjutan. Tahun depan dia dapat ikut ujian seleksi lagi. Jika dia dapat menunjukkan kemauan belajar yang keras dan prestasi yang gemilang dia dapat mengejar santri yang sekarang lulus ujian.
      Jika memang dia HANYA ingin sekolah di pondok Gontor sebaiknya menjadi santri tahmidi. Jika dia sudah lelah dan kehilangan motivasi untuk menjadi santri Gontor sebaiknya dia segera mencari sekolah lain.
      Salam,
      Imam

  180. Salam Pak Imam, maaf kalo boleh tahu, dimana sih alamat tinggal pak Imam? bagi santri yg penempatan awal di GP2, 6 bln kemudian sangat mungkin dipindah ke GP 3 atau GP 5, sebenarnya status selama 6 bulan di GP2 itu gimana kok mesti harus dipindahkan lagi dari GP2?

  181. Assalaamualaikum wr wb
    Terimakasih sebelumnya atas adanya blog ini karena berkali-kali membaca informasi resmi dari pondok kami kurang mengerti, tetapi setelah membaca blog ini kami sedikit paham.
    Mohon maaf sekedar menanyakan :
    1. Apakah KMI (setingkat SMP dan SMA) ada ijazah yang resmi (dep pendidikan nasional) karena kami sebagai orangtua berencana Insya Allah ingin menyekolahkan anak ke gontor tetapi bermaksud melanjutkan pendidikan ke Universitas umum tidak ke ISID.
    2. Bolehkan mengambil program KMI tetapi hanya tingkat SMP saja (sekitar 3 tahun saja), kemudian SMA melanjutkan ke SMA umum?
    3. Ratio antara yang diterima dan tidak kira-kira berapa banding berapa pak imam?
    Nuwun
    Wassalaamualaikum wr wb

    • Ibu Masfiyah,
      Wa alaikum salam wr wb.
      KMI ada ijasahnya tersendiri, yang diakui pemerintah setara dengan ijasah SMA. Pengakuan tersebut berdasarkan SK Menteri.
      Lulusan KMI sebagian memang tidak melanjutkan studi ke IAIAN atau sejenisnya, melainkan ke PTN. Ada alumni KMI yang kuliah di UGM, IPB, Unpad, Akmil, Akpol, dan sebagainya. Ada yang bilang mereka masuk PTN tanpa nilai ujian nasional, ada yang bilang mereka ikut UN penyetaraan atau paket C. Saya sarankan ibu membaca novel Negeri 5 Menara.
      Dari epngalaman mendampingi anak saya, sekitar 1500 santri lulus dalam ujian seleksi masuk Gontor dari sekitar 1700 calon santri. Kaaena itu asalkan anak suka belajar kita tidakmperlu terlalunihawatir dengan ujian seleksi.
      Di Gontor tidak ada SMP sehingga tidak tersedia ijasah SMP. Jika santri mau pindah sekolah ketika naik ke Kelas 3, untuk sekolah di luar, hanya butuh waktu 2 jam mengurus surat pindah tersebut.
      Salam,
      Imam

  182. Assalammualaikum pak..
    saya indah dari batam….asal saya dari jawa timur….saya ingin memasukkan anak saya perempuan kelas 3 SMP. setelah kelulusan saya ingin menyekolahkan anak saya di gontor karena anak saya kurang pemahaman agama…dan kurang lancar membaca Alquran..mohon bantuannya…apakah anak saya bisa bersekolah disana.

    • Ibu Indah,
      wa alaikum salam wr wb.
      Semua orang dapat bersekolah di pondok Gontor, baik usia SMP maupun lulusan S1, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Pondok Gontor mempunyai standar calon sanri yang relatif tinghi. Sebelum diterima menjadi santri, maka si calon harus mampu menunjukkan kompetensi di dalam membaca alQuran, menulis Arab didikte (imla), berhitung, dan pelajaran lnnya. Kemampuan membaca alQuran dan menulis Arab biasanya merupakan batu sandungan kegagalan alumni sekolah negeri. Calon santri yang demikian harus mempersiapkan diri ekstra sebelum ujian,baik dengan belajar di rumah, maupun belajar di pondok Gontor. Keduanya sebaiknya dilakukan. Setelah ujian nasional sebaiknya anak didaftarkan ke pondok sehingga punya waktu lebih banyak mempersiapkan diri untuk ujian seleksi.
      Salam,
      Imam

  183. ASSALAMMUALAIKUM WR.WB
    pak kalau mendaftarnya tgl 4/5syawwal ujian tes masuk nya kapan,dan gmna kalau yang tidak lulus ujian masuk gelombang kedua apakah bisa menetap di gontor untuk mendapatkan bimbel ujian masuk gontor di tahun berikutnya(untuk putra)mohon untuk jawabannya.
    wassalammualaikum wr.wb

    • Ayubi,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pertanyaan anda sudah sering dijawab di blog ini. Jika tidak lulus boleh menetap belajar di pondok Gontor, sebagai santri tahmidi. Saya tidak tahu jadwal ujiannya, karena saya hanya mantan walisantri bukan ustadz Gontor.
      salam,
      Imam

  184. aslamualaiku

    sy ricky febriansyah sy dari bali sy ingin menjadi siswa baru thn 2013-2014 untuuk tingkat MAN BOLEH APA GAK PAK ?

    • Ricky,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Tidak ada yang dilarang mendaftar ke Pondok Gontor. Sebaiknya cari informasi yang lebih lengkap tentang pendidikan di Pondok Gontor dan mempersiapkan diri untuk ikut ujian seleksi. bacalah semua tulisan tentang Gontor.
      Salam,
      Imam

  185. assalamualaikum….
    pa ustadz, sekarang anak saya baru naik ke klas 6 SD Al Amin, dan saya ingin anak saya sekolah di gontor. apakah ada sekolah lanjutan untuk anak saya ini. maaf sebelumnya, saya tidak mengenal lebih dalam tentang Gontor, saya hanya mendengar tentang kelebihan Gontor. terimakasih. wassalam.

    • Ibu Farida,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sebaiknya ibu tidak hanya membaca tentang kelebihan Gontor melainkan juga kekurangannya, agar ketika Ibu mendaftarkan anaknya sudah merasa yakin bahwa ini sekolah terbaik yang dapat diberikan kepada ananda tercinta. Informasi di dalam blog ini juga menceritakan kekurangan Gontor, demikian juga sebagian komentar pembaca blog.
      Pondok Gontor menerima calon santri dari SD dan SMP, sehingga putra Ibu dapat mendaftarkan diri ke Gontor setelah ujian nasional.
      Salam,
      Imam

  186. Assalamualaikum….
    Ustazd,Saya ingin info lebih jelas mengenai biaya perbulan di pondok pesantren guntor?untuk tahun ajaran 2013,pendaftarannya di mulai bulan apa ustazd?insya Allah,sy ada niat untuk masukin ke dua anak sy sma dan smp.terima kasih

    Wassalamualaikum

  187. assalamualaikum…..
    ustazd,apabila ada yg tidak bisa ngaji tapi ingin masuk ke pondokan gontor masih bisa di terima ustadz

    wassalamualaikum wr. wb

    • Alfina,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Lulusan SD dan SMP yang belum dapat membaca al Quran dapat diterima sebagai CALON santri Gontor. Sebelum ujian seleksi, para calon santri menerima gimbingan persiapan ujian. Bagi yang belajar keras dan mampu membaca al Quran sesuai standar penetimasn Pondok Gontor dapat diterima maduk srbagai SANTRI Gontor. Karena itu, bagi yang bekal agamanya kurang sebaiknya segera mendaftarkan diri sebagai calon santri Gontor agar mendapat bimbingan lebih banysk dan lebih lama. Dalam hal penilsian akademis, pondok Gontor sangat obyrktif dan punya standar yang tidak dapat ditawar.
      Salam,
      Imam

  188. Assalamu’alaikum ! Pak ustadz,sy bermksd untk menitip kan anak sy d ponpes gontor,tp sy berniat dr usia 5 thn,kira” boleh ga pak ya ?
    Mhn d bls ya pak ustdz.
    Terima ksh.

    • Pak Achmad,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pondok Gontor hanya menerima lulusan SD dan SMP. Tidak menerima santri titipan atau percobaan. Jika mai mondok di Gontor paketnya 6 tahun untuk lulusan SD dan 4 tahun untuk lulusan SMP. Tidak ada tawar menawar dalam hal ini.
      Salam,
      Imam

  189. assalamu’alaikum wr wb !
    pak ustadz,sblm nya sy mhn maaf pak ustadz.
    sebenar nya sy bermaksud mendaftar kan anak sy untk mondok di ponpes gontor dr usia dini ( 5 thn ),agar kelak dia sdh terbiasa,dan dpt banyak ilmu agama selàma belajar d ponpes gontor,krn sy yakin dengan kwalitas pendidikan di ponpes gontor.
    sy kira td nya bs,krn sy liat d internet yg gontor 8 itu khusus untk anak usia 5/6 thn.
    niat sy sangat bulat untk mendidik anak d jalan allah.
    menurut pak ustadz solusi sy gmn ya pak ustadz ?

    • Pak Ahmad Zakaria,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Solusnya mudah sekali, Bapak sekolahkan ananda di pondok yang lain yang menetima santri usia 5 tahun. Setelah lulus pondok setara SD, masukkan ke pondok Gontor untuk srkolah di KMI. Kebaikan bukan monopoli seseorang atau srbuah lembaga, melainkan hak yang harus diperjuangkan semua orang atau lembaga.
      Salam,
      Imam

  190. mhn penjelasan nya ya pak ustadz !
    sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terima ksh banyak ya pak ustadz.
    assalamu’alaikum wr wb

  191. ass
    ustd sya mau tnya klw dr SMP daftar di pondok pesantren Gontor ulang dr kelas 1 smp lgi pa langsung lnjut ke SMA?

    • Iyta,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Lulusan SMP daftar sebagai santri KMI intensif (4 tahun). Lulusan SD atau pindahan/drop-out SMP daftar sebagai santri KMI biasa (pendidikan 6 tahun).
      Salam,
      Imam

  192. Assalamu’alaikum Pak Imam:
    Saya hanya ingin menambahkan sedikit info mengenai daftar ulang yang mungkin diatas belum ada, karena awal ajaran baru kemarin saya daftar ulang anak saya yang baru masuk ke GP-1, dan juga sharing sama walisantri kelas 5 dari Surabaya.
    Adapun biaya daftar ulang untuk yang belum lulus tes gelombang pertama sebesar Rp 1.200.000,-
    kelas-1 tertulis : Rp 1.250.000, buku dan seragam harus beli sendiri di mini market dengan total sekitar Rp 750.000 jadi total biaya daftar ulang secara keseluruhan Rp 2.000.000, jadi untuk walisantri yang mendaftarkan ulang putrinya paling tidak membawa Rp 3.000.000-an.
    Info dari walisantri kelas 5, daftar ulangnya memang lebih banyak dan jika di total sekitar Rp 5.000.000,. Mohon maaf kalau saya sengaja menyebutkan nominal, karena saya hanya bermaksud agar walisantri yang berasal dari social ekonomi yang berbeda bisa mendapatkan info yang lebih lengkap sehubungan dengan biaya pendidikan putra-putrinya sehingga bisa mempersiapkan lebih matang, dan mudah-mudahan bermanfaat untuk walisantri di tahun depan atau calon walisantri yang sekarang sedang mengikuti tes masuk gelombang dua.

    • Pak Prayitno,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Terima kasih banyak atas informasinya yang sangat penting bagi calon walisantri. Di web resminya Gontor hal ini tidak jelas, saya sendiri juga sudah bukan lagi walisantri; sehingga informasi Pak Prayitno sangat membantu pembaca blog ini. Semoga informasi Bapak tercatat sebagai ibadah dan mendapat imbalan yang berlipatganda. Amiin.
      Salam,
      Imam

  193. assalamualaikum wr.wb
    pak saya ayu sekarang saya kelas 3 smp,
    saya mau msuk gontor,
    tp saya bingung untuk daftar,
    karena saya berada di jawa barat,

    dan kalau boleh tau tesnya tanggal berapa,,?????

    • Ayu,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Pendaftaran ke Gontor silahkan baca dulu tulisan di blog ini dan komentar para pembacanya. Tanggal ujian masuknya tidak ada yang tahu, hingga beberapa bulan menjelang Ramadhan.
      Salam,
      Imam

  194. assalamuaalaikum wr wb,
    pak,saya mau nanya..setelah tamat dari pesantren gontor apa anak nantinya bisa masuk kepolisian..karna saya pernah dengar tidak semua lulusan pesantren yg bisa masuk kepolisian .. cuma 6 pesantren yang terdaftar untuk bisa masuk kepolisian..apa benar begitu..tlg banget infonya….

  195. asslmualkum,,,,,pa ustad,,,sy sitinurlaila,,,sy sgt minat untk menitipkan anak sy msh usia krang lbh 5 thn,,,,n dia prmuan,,,dan abng y nanti stlah lulus sd pun mau sy titip ilmu disana jg,,, krn sy ingn anak2 sy berguna untk masa depan y sy yakin di pondok pesantrn gontor yg sgt cocok,,,krn sy punya keponakan berhasil stlh pondok disna,,,,bgmn cara y n sy hrs melalui apa,,,sy bener blum ngrti…

    • Ibu Siti Nurlaila,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Anak ibu dapat sekolah di SDN, SDIT, ataupun MI untuk mempersiapkan mereka ke pondok Gontor. Dimanapun dia sekolah di pendidikan dasar tidak jadi masalah sama sekali. Yang perlu diperhatikan, jika ingin lebih mudah belajar di Gontor anak sebaiknya sudah dapat membaca al Qur’an, sudah shalat dengan rajin, dan dapat menulis Arab. Tentang kemampuan menulis Arab, anak dapat dipersiapkan dalam 3 bulan menjelang pendaftaran ke Gontor, jika dia sudah mampu membaca al Quran.
      Salam,
      Imam

  196. Assalamu’alaikum wr.wbr,

    Pak Imam,saya bermaksud datang ke gontor 1,ingin survey,kalau naik kereta dari Jakarta naik apa turun dimana dan selanjutnya sampai gontor 1,naik mobil apa..terimakasih sebelumnya.Saya akan memasukan anak saya setelah lulus SD,sekarang masih kelas 5,apakah boleh saya dan suami hanya melihat-lihat?Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum wr.wbr.

    Muldiyati

    • Ibu Muldiyati,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Banyak pertanyaan yang seperti pertanyaan Bapak, dan sudah terjawab oleh pembaca blog lain di dalam komentar di blog ini. Silahkan Ibu baca kembali tulisan di blog ini dan komentar yang ada di sana.
      Dari Jakarta naik kereta atau bis turun di Madiun. Dari Madiun naik bis jurusan Ponorogo. Dari terminal Ponorogo naik angkutan kota/pedesaan ke Gontor 1 atau Gontor 2. Sebagian bis malam, misal Kramatjati, ada trayek khusus Jakarta-Ponorogo.
      Salam,
      Imam

  197. assalamualaikum wr wb..
    pak..tlg informasinya..kalau saya pakai kawat gigi (behel) boleh ngk masuk pesantren gontor..trims…

  198. assalamualaikum
    pak Imam,kami dari riau,bisa ngk pak imam bantu tanyain ke pimpinan pesantren gontor…( karena rasanya akses pak iman ke pimpinan lebih dekat dibanding kami)..pertanyaannya: ponpes gontor yang ada di riau selesainya kapan kira2,,,masih lama ngk ya..kalau ngak lama kali kan kami bisa daftar di sini tanpa harus ke jawa..trimakasih pak imam..wassalam

    • Bu Asih,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Di pondok Gontor, walisantri “hampir” tidak pernah bertemu dengan kiyai. Paling banter kami dapat bertemu dengan Direktur Sekolah, jika memang diperlukan. Biasanya kami hanya bertemu dengan ustadzah pengasuhan jika permasalahan anak kami masih dalam batas yang wajar.
      Mohon maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaan Ibu. Mudah-mudahan ada pengasuh pondok Gontor yang membaca pertanyaan Ibu dan dapat memberikan jawaban yang diinginkan. Amiin.
      Salam,
      Imam

  199. assalamualaikum wr.wb… pak
    makasih atas info lengkapnya… saya jadi bisa share ke tmen2 yg minat masuk gontor… pak, saya mau nanya, tesnya kebanyakan agama y?? T.T
    terima kasih

    • Erika,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Tes masuk Gontor memang demikian (baca al-Quran, menulis Arab, berhitung, bahasa Inggris, bahasa Arab?), karena tujuan pondok pesantren ini memang berbeda dengan sekolah biasa.
      Salam,
      Imam

  200. maaf pak,sy mau tnya…anak sy skrg br kls 6 SD rencananya sy mau masukin anak sy ke pondok pesantren gontor…pertanyaan sy adalah,kls itensif 4th itu apa ? apa setara smp ?rencananya sy mau mskin anak sy hanya smp?mts nya saja kl SMA nya di jakarta…apakah bs kl anak sy hanya sklh sampai smp atau MTS nya sj…?terimakasih…

    • Ibu Mellawati,
      Wa alaikum slam wr wb.
      Di Gontor tidak disediakan ijasah SMP atau MTs. Lulusan SD/MI akan belajar 6 tahun (kelas reguler), sedangkan lulusan SMP/MTs akan belajar 4 tahun (kelas intensif).
      Salam,
      Imam

    • Ibu Melawati,
      Wassalamu alaikum wr wb.
      Di pondok Gontor tidak disediakan ijasah SMP atau MTs, sehingga tidak dapat melayani keinginan Ibu.
      Santri KMI biasa (reguler) adalah lulusan SD yang akan belajar selama 6 tahun. Santri KMI intensif adalah lulusan SMP/MTs yang akan belajar selama 4 tahun.
      Salam,
      Imam

  201. asalamu’alaikum wr.wb
    saya hassan,saya berminat untuk masuk ke pondok pesantren modern gontor .
    Saya murid kelas 6 SD islam al-azhar 16 cilacap
    saya ingin bertanya cara menghafal dengan cepat bagaimana caranya?

    • Hassan,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Setiap orang punya kemampuan menghafal yang berbeda-beda. Tetapi cara meningkatkan hafalannya sama, semakin sering dibaca dengan suara keras semakin hafal.
      Salam,
      Imam

  202. Assalamu’alaikum, pak Imam saya siswi kelas 2 SMP, apakah saya bisa mendaftar ke Gontor sebagai santri pada bulan ini.
    Terimakasih, Wassalamu’alaikum wr.wb

    • Yustira,
      Wa alaikum salam wr wb.
      Sebaiknya kamu telpon dulu pondok Gontor. Jika kamu daftar srkarang, pada hari itu juga kamu harus tinggal di pondok. Kamu juga akan diperlakukan sama dengan lulusan SD karena belum berijasah SMP. Saya khawatir mereka sulit menempatkanmu di kelas yang sesuai karena kami masuk pondok di bulan yang tidak lazim.
      Salam,
      Imam

  203. Assalamualaikum Wr.Wb. Pak, saya berencana memasukan anak saya lulusan MTsn ke Gontor,cuma yg menjadi pikiran saya kan waktu yg dibutuhkan adalah 5 th (termasuk pengabdian 1 th) ,Mohon saran,bagaimana caranya jika ingin masuk PTN setelah lulus,apakah masih bisa daftar/ikutan tes SNPTN,mengingat terlambat 2 tahun dari sekolah biasanya.Mohon sarannya..,terimakasih atas jawabannya.
    Wassalam,